Kru dan pemain film Lembayung. (Sumber gambar: Arman Poplicist)

Film Lembayung Tayang 2024, Angkat Kisah Thread Twitter Horor Viral 'Jin Poli Gigi'

09 November 2023   |   16:49 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah rumah produksi di Indonesia terus menawarkan film-film horor dengan ragam tema dan cerita. Terbaru, MNC Pictures bersama Tiger Wong Entertainment mengumumkan siap menggarap film horor berjudul Lembayung yang merupakan debut bagi aktor Baim Wong menjadi sutradara, bersama Ruben Adrian.

Cerita film Lembayung diangkat dari sebuah utas (thread) viral di X (sebelumnya Twitter) berjudul Jin Poli Gigi. Utas tersebut ditulis oleh Pica dengan akun @saturnrushx, yang mengalami kejadian horor saat dia masih menjadi mahasiswa keperawatan.

Kejadian yang ditulisnya di utas tersebut dialaminya bersama sahabatnya, Arum, ketika mereka sedang praktik kerja lapangan (PKL) di unit Poli Gigi suatu Rumah Sakit di kota kecil Jawa Tengah. Utas tersebut lantas viral pada tahun 2022. Pica akhirnya berhenti menulis utas itu karena mengaku trauma atas pengalaman menyeramkan yang kerap dia alami. Adapun, skenario film Lembayung ditulis oleh Gemati Rahayu dan Baim Wong.  

Ruben Adrian selaku sutradara mengatakan judul Lembayung dalam film garapannya itu diambil dari nama sebuah rumah sakit yang menjadi latar semua kisah nyata itu terjadi. Pengambilan nama itu, katanya, sudah melalui proses riset Focus Group Discussion (FGD) dari sekelompok target penonton film horor.

"Selain unik, Lembayung memiliki arti yang terkesan penuh misteri dengan banyak cerita di dalamnya," katanya.
 


President Director MNC Pictures Titan Hermawan mengatakan film Lembayung ingin menghadirkan kisah horor yang berbeda dan memiliki kedekatan cerita dengan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengakuan dari warganet, yang mengalami kejadian serupa seperti yang dialami oleh Pica dan Arum. Utas itu pun makin viral ketika diangkat menjadi konten siniar (podcast) di YouTube oleh kreator konten.

Titan menambahkan pihaknya ingin menghadirkan kisah horor yang mampu memancing keingintahuan penonton. Menurutnya, cerita yang diangkat di film Lembayung terbilang unik, dan memiliki potensi yang sangat besar untuk menarik minat penonton, lantaran sangat jarang film horor mengambil cerita dengan latar rumah sakit.

"Terlebih ini diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh penulisnya sendiri. Ketika dituangkan menjadi film layar lebar akan memiliki story telling yang sangat kuat,” katanya.

Produser MNC Pictures Emilka Chaidir mengatakan, saat ini dengan semakin terbukanya kesempatan setiap orang untuk menyampaikan cerita, juga membuka peluang untuk mengangkat cerita-cerita baru lewat layar film. Emilka menilai suatu cerita yang berasal dari kisah nyata apalagi utas di medias sosial yang sempat viral, pasti akan menjadi kisah yang sangat menarik dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Terlebih, dia memastikan bahwa pemilihan para pemain film Lembayung dilakukan dengan proses casting yang sangat ketat, untuk menyesuaikan kebutuhan karakter cerita.

"Kini adaptasi cerita untuk film tidak saja terbatas berangkat dari buku atau novel. Ensemble cast dengan instant chemistry menjadikan film ini sangat berbeda dengan film-film horor yang pernah ada sebelumnya," ujarnya.
 


Lembayung menjadi film kedua besutan Tiger Wong Entertainment, rumah produksi milik Baim Wong. Sebelumnya, Baim bekerja sama dengan sutradara Teddy Soeriaatmadja menggarap film Berbalas Kejam. Kini, aktor berusia 42 tahun itu memberanikan diri untuk turun langsung sebagai sutradara.

Baim memaparkan, menjadi sutradara dalam film Lembayung adalah tantangan sekaligus pelajaran penting baginya sebagai kreator. Apalagi, dia juga harus bekerja sama dengan Ruben Adrian. Namun, dia men seluruh persiapan produksi film telah dilakukan dengan matang.

"Saya juga senang para cast sejauh ini bekerja sama dengan baik selama proses persiapan, hingga reading dan akhirnya kami akan melakukan syuting. Semoga semuanya dilancarkan dan akhirnya film Lembayung bisa dinikmati penonton Indonesia," kata artis pemilik nama asli Muhammad Ibrahim itu.

Film Lembayung akan dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris kenamaan Tanah Air diantaranya Oka Antara, Arya Saloka, Wulan Guritno, Tio Pakusadewo, dan Taskya Namya. Dalam film, Taskya Namya berperan sebagai karakter utama bernama Pica.

Tasnya mengatakan, memerankan tokoh yang ada di kehidupan sebenarnya dan cerita dari kisah nyata, memberikannya tantangan untuk menggali teror seperti apa yang dialami Pica dan sahabatnya.

"Namun, dengan cerita kuat yang ditulis Pica di thread dan ketika sudah menjadi skenario, itu juga banyak membantu saya untuk memahami ketakutan dan teror yang dialami Pica,” katanya.

Sementara itu, aktor Arya Saloka akan berperan sebagai Dokter Teto. Dalam memerankan karakternya, Arya mengaku harus menelusuri utas viral Jin Poli Gigi di media sosial, untuk mengetahui kisah nyata yang dialami Pica dan Arum di klinik tempat mereka melakukan PKL.

Menurutnya, utas yang ditulis Pica sudah memiliki rasa teror yang kuat dan menyeramkan. "Dengan naskah yang ditulis oleh Gemati Rahayu, tentu ada penyesuaian kreatif dari teror yang ada di kisah nyata Pica dan sahabatnya. Di film ini, akan ada kejutan-kejutan yang lebih menyeramkan dan meneror," kata aktor berusia 32 tahun itu.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar pemain film Lembayung.
  • Taskya Namya sebagai Pica
  • Yasamin Jasem sebagai Arum
  • Oka Antara sebagai Dokter Ringgo
  • Arya Saloka sebagai Dokter Teto
  • Wulan Guritno sebagai Ayu
  • Anna Jobling sebagai Tantri
  • Paula Verhoeven sebagai Ibu Dimas
  • Daffa Wardhana sebagai Dimas
  • Erick Estrada sebagai Moming
  • Ence Bagus sebagai Heru
  • Tio Pakusadewo sebagai Bapak Teto
  • Dayu Wijayanti sebagai ibu Arum
  • Mario Maulana sebagai Jeki

Adapun, film Lembayung dijadwalkan tayang di bioskop Tanah Air pada 2024 mendatang.

Baca juga: 7 Film & Serial Tayang November 2023 di Disney+ Hotstar, Ada Drakor Vigilante!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Tambah Perjalanan, Ini Jadwal Paling Anyar Kereta Cepat Whoosh yang Mulai Berlaku 9 November 2023

BERIKUTNYA

Catat, Berikut Tip Kombinasi Pakaian dan Sepatu Penunjang Penampilan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: