Kru Inspiration4 dipimpin oleh miliarder teknologi Jared Isaacman. (Dok. Twitter Inspiration4)

Kru Inspiration4 Selesaikan Misi Orbital Sipil Pertama ke Luar Angkasa

19 September 2021   |   11:38 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Setelah 3 hari mengorbit Bumi, para astronot Inspiration4 yang terbang dengan pesawat ruang angkasa SpaceX Dragon mendarat dengan selamat di Samudra Atlantik di lepas pantai Kennedy Space Center, Florida, pada pukul 19:06 pada Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Kepulangan mereka menandai selesainya penerbangan antariksa manusia sipil pertama di dunia, yang diluncurkan dengan roket SpaceX Falcon 9  yang berangkat dari Launch Complex 39A di Kennedy Space Center NASA di Florida pada Rabu (15/9).

Menurut situs web Inspiration4, misi tersebut memecahkan beberapa rekor  bersejarah, termasuk:
  • Penerbangan luar angkasa manusia sipil pertama ke orbit bumi
  • Pilot pesawat ruang angkasa wanita kulit hitam pertama
  • Orang Amerika termuda di luar angkasa
  • Orang pertama yang terbang ke luar angkasa dengan kaki palsu
  • Penerbangan terjauh untuk penerbangan luar angkasa manusia sejak misi Hubble
  • Pertama kali SpaceX mengoperasikan tiga pesawat SpaceX Dragon di luar angkasa
  • Penerbangan bebas pertama dari pesawat ruang angkasa SpaceX Dragon dalam misi penerbangan luar angkasa manusia
  • Jendela (cupola) terbesar yang pernah terbang di luar angkasa
  • Pendaratan pertama kru SpaceX Dragon di Samudra Atlantik
  • Booster Falcon 9 jadi yang pertama meluncurkan manusia ke luar angkasa sebanyak tiga kali.
Di samping itu, sesuai dengan nama dan tujuan misi, Inspriation4 telah mengumpulkan hampir US$154 juta dolar dan terus bertambah untuk donasi ke St. Jude Children’s Research Hospital.
 

Dilansir melalui Bloomberg, peluncuran dan pendaratan yang sukses adalah demonstrasi bukti konsep untuk Space Exploration Technologies Corp. milik Elon Musk, yang sangat mendukung prospek pariwisata ruang angkasa orbital, selama petualang kaya bersedia membayar tiket bernilai tinggi.

Awak Inspiration4 diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida pada Rabu (15/9). Mereka terbang di ketinggian 575 kilometer dan membuat rekor baru untuk seberapa jauh SpaceX Dragon telah menjelajah dari Bumi hingga saat ini. Stasiun Luar Angkasa Internasional mengorbit sekitar 255 mil di atas planet Bumi.

Perjalanan itu dipimpin oleh Jared Isaacman, seorang miliarder teknologi yang merupakan CEO Shift4 Payments Inc., dan tiga warga AS lainnya tanpa pelatihan khusus.

Upaya Inspiration4, kampanye media besar-besaran dengan sampul majalah Time dan serial dokumenter Netflix, juga bertujuan untuk mengumpulkan US$200 juta untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude, dengan setengah dari total yang dijanjikan oleh Isaacman.

"Itu adalah perjalanan yang luar biasa bagi kami, dan kami baru saja memulai," katanya dalam sebuah tweet.

SpaceX merencanakan penerbangan luar angkasa  pribadi tambahan, termasuk satu penerbangan awal tahun depan untuk Axiom Space Inc., yang membawa pensiunan astronot NASA dan tiga lainnya ke stasiun luar angkasa selama beberapa hari.

Perusahaan yang didirikan Elon Musk ini juga merencanakan perjalanan keliling bulan bersama pengusaha Jepang dan delapan seniman, paling cepat pada 2023.

SpaceX telah menerbangkan awak Dragon dan kapsul kargo ke luar angkasa lebih dari puluhan kali sejak debutnya pada 2010, dengan sebagian besar dikonfigurasi untuk misi pasokan ke stasiun luar angkasa. Penerbangan terakhirnya dengan personel NASA adalah pada Mei ketika empat astronot kembali dari ISS.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Loh Peran Backpacker buat Perkembangan Sektor Wisata

BERIKUTNYA

Film Yuni Raih Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: