Threads (Sumber Foto: Freepik)

Threads Kini Punya Fitur Trending Topic Mirip X

21 March 2024   |   11:34 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Threads terus berinovasi dengan menambahkan beragam fitur baru ke dalam layanannya. Aplikasi besutan Meta itu bakal memperkenalkan fitur Trending Now yang selama bertahun-tahun telah menjadi fitur andalan pesaingnya, yakni X atau Twitter. Trending Now akan menampilkan topik dan obrolan yang sedang hangat di Threads.

Mengutip Engadget,Kehadiran fitur ini diungkap langsung oleh Mark Zuckerberg lewat unggahannya di Threads. Aplikasi tersebut akan merilis fitur Trending Now untuk semua penggunanya di Amerika Serikat. 

Baca juga: Threads Uji Fitur Simpan Draft dan Ambil Foto di Aplikasi
 

Adapun fitur Trending Now sebetulnya sudah mulai diuji coba pada Februari 2024 menggunakan AI atau kecerdasan buatan untuk memunculkan beberapa topik berdasarkan apa yang dilakukan orang-orang di seluruh dunia saat ini. Topik-topik itu ditampilkan di kolom pencarian sekaligus di antara postingan pengguna pada Feeds For You. 

Meski sudah diperkenalkan ke publik, fungsi Trending Now masih dibatasi. Threads hanya menampilkan lima trending topic pada satu waktu. Batasan tersebut untuk menjaga daftar trending agar tetap terkurasi, sekaligus menghindari masalah yang seringkali ditemukan pada Trending Topic di Twitter/X.

Meta mengatakan, pihaknya sedang mempekerjakan ahli di bidang spesialis konten untuk meninjau topik yang sedang trending, serta memastikan tren itu mematuhi standar komunitas perusahaan. Trends Now memang merupakan fitur yang banyak diminta oleh pengguna agar mereka bisa dengan mudah mendapatkan informasi dan peristiwa terkini. 

Trends juga menawarkan pengguna cara mengikuti beberapa berita dan peristiwa terkini di platform, meskipun Meta enggan mendorong konten berita di Threads.

Pada awalnya Adam Mosseri, Head of Instagram mengatakan tidak ingin memperkuat konten berita di platform tersebut. Namun dengan 130 juta pengguna Threads saat ini, dia mulai melihatnya sebagai aplikasi alternatif yang layak untuk X. 
 

Platform Threads 

Threads adalah layanan jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan oleh Meta. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur untuk memposting dan berbagi teks, gambar, video, serta menjadi wadah untuk berinteraksi dengan postingan pengguna lainnya melalui balasan, poslang (repost), dan tombol suka.

Aplikasi ini mengharuskan penggunanya untuk memiliki akun Instagram agar bisa mengoperasikannya. Secara umum, tampilan dan fungsi Threads mirip dengan X. Aplikasi ini tersedia di perangkat iOS dan Android, sementara versi web menawarkan fungsionalitas terbatas dan memerlukan instalasi aplikasi seluler terlebih dahulu.

Sebagai layanan media sosial, Threads terus menunjukkan perkembangannya yang makin canggih dan inovatif. Satu hari setelah peluncurannya, yakni pada Juli 2023, Threads mengumpulkan 30 juta pengguna, melampaui rekor sebelumnya yang pegang oleh ChatGPT sebagai platform dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah. 

Sampai saat ini Threads berhasil menjangkau 130 juta pengguna bulanan yang mengesankan. Mosseri dan timnya terus mendorong pengembangan fitur-fitur baru yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna, dengan demikian Threads dapat bersaing di tengah gempuran media sosial lainnya pada era modern. 

Baca juga: Cek Harga Meta Verified & Cara Berlangganan Akun Centang Biru di Facebook, Instagram & Threads

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Film Poor Things yang Dibintangi Emma Stone & Mark Ruffalo

BERIKUTNYA

Ini Dia Menu Minuman Takjil yang Paling Laris saat Ramadan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: