Deretan buku terlaris di dunia. (Sumber: Pexels/Dzenina Lukac)

Buku-Buku Terlaris Sepanjang Masa: Dari Mao Zedong hingga Harry Potter

06 July 2024   |   07:00 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Membaca buku tidak hanya dapat menambah pengetahuan, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk melepaskan stress di waktu santai. Sangat menyenangkan apabila ternyata buku yang Genhype baca juga dibaca oleh banyak orang, Genhype dapat bertukar pikiran bersama orang lain mengenai buku itu.

Untuk melacak penjualan buku di dunia sebenarnya adalah hal yang sulit. Namun, baru-baru ini ditemukan alat untuk pelacak buku seperti Nielsen Bookscan, meskipun hanya dapat melacak sekitar 75 persen dari pendistribusian buku-buku di dunia. Deseret News merangkum beberapa buku yang mencetak angka penjualan tertinggi. Berikut adalah list-nya.

Baca juga: Royalti Atas Penggunaan Sekunder Buku & Karya Tulis Diatur Dalam Permenkumham


1. Quotation from Chairman Mao Tse Tung

Buku yang ditulis oleh Tentara Pembebasan Rakyat ini berisi 267 kata mutiara dari Mao Zedong. Sejak ditulis pada 1946 hingga saat ini, buku ini tercatat telah terjual sebanyak 900 juta eksemplar.  Dilansir dari Deseret News yang mengutip BBC dalam wawancaranya bersama Profesor Sejarah Tiongkok Daniel Leese, mengatakan pada zaman dahulu, pemerintah China kerap menguji masyarakatnya untuk menghafal kata-kata mutiara Mao Zedong. Oleh karena itu, terdapat satu partai di Tiongkok yang membangun ratusan percetakan untuk menghasilkan banyak buku tersebut.


2. Xinhua Zidian 

Meskipun diterbitkan pada 1953, buku yang berupa kamus bahasa Mandarin ini dicetak ulang pada tahun 2015. Total dari penjualan dari awal buku ini dicetak adalah sebanyak 567 eksemplar. Kamus ini adalah kamus yang menjadi rujukan utama untuk penutur asli bahasa Mandarin maupun penutur asing yang sedang belajar bahasa Mandarin.


3. Don Quixote

Buku yang ditulis oleh Miguel de Cervantes pada 1605 ini adalah novel modern pertama. Novel bergenre fantasi ini menceritakan seorang pria tua dari Spanyol yang menjadi gila karena terlalu banyak membaca cerita romatis dan dari situlah petualangannya dimulai. Dari 2019 buku ini telah menjual sekitar 500 juta eksemplarnya.


4. A Tale of Two Cities

Pada 1859, Charles Dickens berhasil menerbitkan buku ini. Buku bergenre romantis ini telah dijual sebanyak 200 juta eksemplar. Adapun buku ini berkisah tentang seorang bangsawan Prancis, Charles Darnay, yang tinggal di Inggris selama Revolusi Prancis. Dia kemudian jatuh cinta dengan anak pembuat sepatu yang dipenjara, Lucie Manette. 

Namun, seorang pengacara Inggris, Sydney Carton, juga menyukai gadis yang sama. Sehingga, buku ini akhirnya bercerita tentang cinta segi tiga dari ketiga tokoh tersebut.


5. The Little Prince

Lerner Books mencatat buku ini sudah memiliki 253 terjemahan bahasa yang telah terjual sebanyak 145 juta eksemplar. Buku ini menceritakan tentang seorang pangeran dari sebuah planet kecil yang menjelajahi alam semesta untuk mencari kebijaksanaan.


6. Harry Potter and Sorcerer’s Stone

Buku pertama dari serial Harry Potter oleh JK Rowling ini sudah terjual sebanyak 120 juta eksemplar. Seiring berjalannya waktu, kisah buku ini semakin terkenal hingga memiliki serial filmnya sendiri dengan segudang rekor prestasi yang akhirnya berhasil cerita ini raih.


7. The Hobbit

Pada 2021, Words Rated, mengatakan bahwa buku ini sudah terjual lebih dari 100 juta eksemplar. Buku karya oleh JRR Tolkien ini menceritakan tentang cerita fantasi dimana tokoh utamanya, Bilbo Baggins, yang terpaksa menjalani misi untuk menyelamatkan kehidupan para kurcaci setelah penyihir tiba di daerah tempat tinggalnya. 

Baca juga: Proses Kreatif A Bucket of Beetles, dari Panggung Teater Boneka ke Buku Cerita Bergambar

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Pemprov DKI Jakarta Luncurkan Platform Pemantau Kualitas Udara, Begini Cara Ceknya

BERIKUTNYA

Tengok Jersey Timnas Indonesia Rancangan Didit Hediprasetyo untuk Olimpiade Paris 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: