ilustrasi (sumber gambar: jingda chen/unsplash)

Sejumlah Lokasi Ini Siapkan Acara Spesial di Malam Tahun Baru

29 December 2022   |   22:32 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan malam tahun baru pada pergantian tahun ini tampaknya akan lebih meriah dibanding dengan pergantian tahun lalu ya Genhype, seiring dengan makin melandainya kasus Covid-19. Pemerintah pun sudah tidak lagi memberlakukan pembatasan sosial.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan Festival Malam Tahun Baru 2023 akan menjadi perayaan tahun baru pertama di ruang terbuka setelah beberapa tahun tidak terselenggara akibat pandemi Covid-19.

Meski demikian, masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga dapat menikmati seluruh rangkaian acara dengan aman dan nyaman.

Nah, bagi Genhype yang tidak melakukan perjalanan wisata ke luar kota atau luar negeri, kalian bisa menghabiskan malam tahun baru di dalam kota. Apalagi sudah ada berbagai acara khusus yang disiapkan untuk menyambut malam pergantian tahun baru.
 

Wahana Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dilihat dari atas setelah dilakukan renovasi oleh pemerintah./Bisnis-PUPR

Wahana Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dilihat dari atas setelah dilakukan renovasi oleh pemerintah./Bisnis-PUPR

 

1. Taman Mini Indonesia Indah

Perayaan Pergantian Malam Tahun Baru 2023 di DKI Jakarta pada tahun ini akan terpusat di TMII. Pemilihan Taman Mini Indonesia Indah ini sejalan dengan Uji Coba Wajah Baru TMII yang sempat ditutup untuk revitalisasi dan konsep barunya yakni ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Pada 31 Desember 2022 mendatang, Taman Mini Indonesia Indah akan beroperasi lebih lama daripada hari biasa untuk menemani pengunjung untuk menutup tahun 2022 hingga pukul 24.00 WIB.

Taman Mini Indonesia Indah menyuguhkan serangkaian acara yang sayang jika terlewat bagi masyarakat kota Jakarta dan sekitarnya antara lain seperti penampilan kesenian rakyat Indonesia, serta penampilan grup band dari musisi Tanah Air.

Selain itu juga bakal ada partisipasi dari musisi jalanan, kontemplasi dengan doa oleh pemuka agama (yang dihadiri oleh pejabat negara, tujuh pemuka agama serta anak yatim piatu), dan pada puncak acara akan dimeriahkan dengan pertunjukan kembang api serta penutupan akhir tahun 2022.

Kemeriahan rangkaian acara Pergantian Malam Tahun Baru 2023 berlokasi di Panggung Budaya Bhinneka Tunggal Ika Taman Mini Indonesia Indah, yang mendeskripsikan bahwa TMII ini menjadi simbol keutuhan dan persatuan, harmonisasi keindahan dalam ragam perbedaan yang ada.

Para pengunjung dapat membeli tiket untuk menikmati rangkaian acara akhir tahun di Taman Mini dengan harga tiket masuk sebesar Rp 50.000 secara online di tamanmini.com.

2. Ancol

Meski perayaan tahun baru kali ini dipusatkan di TMII, masyarakat juga bisa memilih Ancol sebagai salah satu pilihan bagi yang ingin merayakan malam pergantian tahun baru. Setelah 2 tahun tidak ada perayaan akibat pandemi, tahun ini Ancol kembali menyelenggarakan acara pada tanggal 31 Desember 2022.

Akan ada berbagai hiburan, live music, dan pameran di pasar seni yang bisa dinikmati serta akan diakhiri dengan Dancing Fireworks atau pesta kembang api sebagai puncak acara tepat di malam pergantian tahun baru. Jangan lupa untuk membeli tiketnya secara online ya Genhype pada saat H-1.

Nah, pada saat malam tahun baru, pihak Ancol mengadakan pembatasan kendaraan  dengan menerapkan sistem central parking. Meski demikian kalian ngga perlu khawatir karena akan ada fasilitas bus untuk berkeliling Ancol. Pihak manajemen menyediakan sekitar 63 bus yang akan wara-wiri di Ancol yang bisa dinaiki secara gratis.

 

Kawasan Monumen Nasional (Monas)/Bisnis.com

Kawasan Monumen Nasional (Monas)/Bisnis.com

3. Monas

Bagi yang ingin menyaksikan atraksi air mancur menari dan atraksi lampu warna-warni, Kawasan Monumen Nasional (Monas)  bisa menjadi pilihan. Pada saat malam tahun baru, Monas akan dibuka untuk publik dan akan beroperasi hingga pukul 01.00 WIB.

Nah, untuk atraksi air mancur menari akan dilaksanakan mulai pukul 19.30 WIB sementara itu atraksi lampu warna warni mulai pukul 18.00. Di samping itu, kalian juga bisa mencicipi aneka jajanan atau kuliner khas dari Betawai.

4. Pantjoran PIK

Bagi yang ingin mencari suasana berbeda saat malam pergantian tahun baru, kalian bisa mengunjungi Pantjoran PIK yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk 2, Golf Island, Jakarta Utara. Di sini, kalian bisa menikmati berbagai aneka kuliner sekaligus melakukan swa foto di berbagai spot foto yang instagrambale dengan nuansa pecinan.

Pasalnya, Pantjoran PIK ini menawarkan budaya dan seni baru yang holistik bagi para pengunjung. Mulai dari sisi arsitekturnya yang terinspirasi dari kota Zhangzhou, provinsi Fujian hingga mural-mural karya seniman Indonesia yang menghiasi dinding Pantjoran PIK dengan filosofi dan ceritanya masing-masing.

Nah, untuk menyambut malam pergantian tahun baru, Pantjoran PIK akan menggelar QiYi Festival 2022, yang menghadirkan beragam performa mulai dari LED Drum Duopercussion, Homme Band, Kartika Wang, hingga pesta kembang api. Acara akan berpusat di Pagoda Pantjoran PIK mulai pukul 19.00 WIB hingga 02.00 WIB.

5. Sudirman – Thamrin

Bagi kalian para muda-mudi yang ingin menikmati malam tahun baru, bisa ikut bagian dalam Malam Muda-Mudi yang digelar dengan konsep acara car free night. Acara akan dilaksanakan di sepanjang Jalan MH.Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman. Akan ada sejumlah titik hiburan kesenian dengan panggung hiburan yang  menyuguhkan berbagai genre musik yang berbeda-beda.

Adapun lokasi titik hiburan pada ‘Malam Muda-Mudi’ yang disiapkan Pemprov DKI, antara lain Area Pos Bloc, Area Sarinah, Area Stasiun MRT Bundaran HI, Area Da Vinci Penthouse, Area SCBD, Area Jalan Imam Bonjol Bundaran HI, Area FX Sudirman, Area Patung Pemuda Membangun dan Area M Bloc Space.

Baca juga: 5 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Sejumlah Negara

Editor: M R Purboyo

 

SEBELUMNYA

Goo Kyo Hwan akan Adu Akting dengan Yoo Jae-myung di Film Finding The King

BERIKUTNYA

Ingin Bisnis Jual Beli Gadget Seken? Perhatikan Dulu Hal Berikut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: