Video call WhatsApp (Sumber gambar: WhatsApp)

Video Call WhatsApp Bisa Tampung Sampai 32 Orang di Semua Platform 

14 June 2024   |   18:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia. Untuk terus memanjakan penggunanya, perusahaan rutin menghadirkan pembaruan (update) dengan berbagai fitur. Terbaru, mereka menyuguhkan update terkait pengalaman panggilan video (video call) kepada seluruh pengguna. 

Aplikasi di bawah naungan Meta itu memperkenalkan fitur video call yang memungkinkan penggunanya berbagi layar dengan dukungan audio, serta fitur sorotan speaker terbaru. Selain itu, batasan peserta yang mengikuti video call dalam satu waktu juga ditingkatkan lebih banyak orang untuk seluruh platform.  

Baca juga: Fitur-fitur Baru WhatsApp yang Sedang Dikembangkan, Voice Status Bisa Jadi 1 Menit

Pembaruan yang dirilis pertengahan Juni 2024 ini mencakup perluasan batas orang yang bisa terlibat untuk panggilan video. Sebelumnya, batasan orang di video call WhatsApp adalah 32 peserta untuk perangkat seluler, 16 peserta untuk perangkat Windows, dan 8 pengguna di device macOS. 

Namun, saat ini, batasan untuk para pengguna komputer ditingkatkan menjadi 32 orang dalam satu panggilan video. Artinya, seluruh gawai memungkinkan keterlibatan lebih banyak orang untuk melakukan video call, baik dari smartphone maupun laptop atau komputer. 

Hal ini tampaknya sejalan dengan perkembangan FaceTime milik Apple, yang memungkinkan Apple fanboy dan fangirl melakukan panggilan video dengan jumlah peserta sama menggunakan iPhone dan iPad. Kendati begitu, jumlahnya tidak sebanyak platform lain seperti Google Meet dan Zoom, yang bisa menampung hingga 100 orang. 
 

Update fitur video call WhatsApp (Sumber gambar: WhatsApp)

Update fitur video call WhatsApp (Sumber gambar: WhatsApp)

Selain soal batasan orang dalam satu panggilan video, update pertengahan tahun itu juga mencakup fitur berbagi layar dengan audio. Fitur ini sejatinya telah diperkenalkan sejak Agustus tahun lalu, tapi terus diperbarui untuk meningkatkan pengalaman yang lebih baik. 

Kini, perusahaan mengaktifkan dukungan untuk berbagi audio di samping layar. Ini memungkinkan kalian untuk menonton video dengan teman-teman melalui panggilan WhatsApp. 

“[Fitur] Berbagi layar dengan audio: ideal untuk menonton video bersama, kini saat Anda berbagi layar, Anda juga dapat berbagi audio,” demikian pernyataan tertulis WhatsApp di laman resminya

Fitur lainnya yang juga dihadirkan adalah sorotan pembicara (speaker spotlight). Ini akan secara otomatis meng-highlight peserta yang sedang berbicara di panggilan video, dan menjadikannya muncul pertama di seluruh layar peserta video call

Selain itu, induk perusahaannya, Meta, juga memperkenalkan kodek (codec) Meta Low Bitrate (MLow) di WhatsApp. Teknologi ini diklaim bisa meningkatkan keandalan panggilan, kendati pengguna memiliki konektivitas jaringan yang buruk atau memakai perangkat jadul. 

Penggunaan codec baru juga meningkatkan peredam bising dan gema, sehingga lebih mudah melakukan panggilan di lingkungan yang ramai. Selain itu, video call-nya juga punya resolusi lebih tinggi untuk panggilan dengan koneksi panggilan yang lebih cepat.

Dilansir dari Techcrunch, ini merupakan peningkatan signifikan pada codec open source Opus, yang sebelumnya digunakan Meta di seluruh produk komunikasi real-time mereka. Codec ini dinilai memberikan kualitas audio dua kali lipat dari Opus, bahkan dengan kompleksitas komputasi lebih rendah.  

MLow sebelumnya sudah tersedia di panggilan Instagram dan Messenger, dan kini diluncurkan di WhatsApp untuk meningkatkan pengalaman panggilan di seluruh platform Meta. 

Baca juga: Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus dengan Mudah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Minat Bekerja di Jepang atau Jerman? Cek Program Tokutei Ginou & Ausbildung

BERIKUTNYA

5 Hal Menarik di Pameran Bumi, Masa Depan Kita dari Sejauh Mata Memandang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: