Solo atau Kota Surakarta (Sumber gambar: Surakarta.go.id)

Wisata Kuliner Solo yang Wajib Dikunjungi, Genhype Udah Pernah Coba?

01 July 2024   |   16:09 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Dari banyaknya kota atau daerah di Indonesia yang kerap dijadikan destinasi berlibur, Solo kerap menjadi pilihan teratas sebagai wilayah yang akan dikunjungi. Solo punya daya tarik dari sisi budaya yang masih terpampang nyata di banyak sudut wilayahnya. 

Tak ayal jika Solo mendapat julukan sebagai Kota Budaya. Hal ini salah satunya juga disebabkan keberadaan Keraton dan Pura Mangkunegaran. Oleh karena itu, Solo sering dianggap sebagai pusat kebudayaan di Indonesia.

Selain itu, Solo juga dijuluki Kota Liwet. Dijuluki demikian karena wilayah ini memiliki nasi liwet sebagai makanan khasnya. Hal ini membuktikan bahwa Solo adalah kota yang kaya akan kulinernya.

Bagi Genhype yang berencana untuk traveling ke wilayah tersebut, berikut adalah rekomendasi wisata kuliner di Solo yang wajib dikunjungi. 

Baca juga: Ini 6 Makanan Tradisional Khas Yogyakarta yang Patut Dicoba Saat Liburan


1. Serabi Notosuman

Serabi ini memiliki banyak cabang yang tersebar di Indonesia. Namun, sesuai namanya, Notosuman yang diambil dari nama jalan, Jl. Notosuman (sekarang menjadi Jl. Moh Yamin), serabi ini berpusat di Kota Solo. Berdiri sejak 1923, Serabi Notosuman menjadi pencetus resep serabi pertama di Indonesia. 

Dibandrol dengan harga Rp20.000-Rp 25.000, serabi ini memiliki berbagai varian rasa. Meskipun serabi ini memiliki banyak cabang tersebar, tapi rasanya tetap kurang afdol jika Genhype berkunjung ke Solo tanpa mencoba serabi ini di toko pertamanya.  


2. Tengkleng Klewer Bu Edi

Meskipun berada di tengah pasar dan memiliki tempat yang cukup sederhana, Tengkleng Klewer Bu Edi selalu dikunjungi oleh turis dari luar Kota Solo. Berawal dari 1940, tengkleng ini dijajakan dengan cara berjualan keliling dan dihargai Rp50. Seiring bertambahnya tahun dan kepopulerannya yang kian tinggi, kini tengkleng klewer Bu Edi dijual seharga Rp50.000. 
 

3. Timlo Sastro

Berbicara tentang kuliner Solo, kurang lengkap jika belum membahas timlo. Kepopuleran hidangan ini dapat dilihat dari banyaknya warung timlo yang tersebar di penjuru Kota Solo. Namun, terdapat warung timlo yang sangat terkenal, yaitu Timlo Sastro.

Dilansir dari situs resmi Kota Solo, Timlo Sastro berisi daging ayam kampung, ati ampela ayam, sosis goreng khas Solo, dan telur bebek pindang. Meskipun memiliki isian yang banyak, harga seporsi timlo ini hanya dibandrol dengan harga Rp18.000. 
 

4. Galabo Solo

Galabo atau singkatan dari Gladak Langen Bogan ini merupakan kawasan wisata kuliner di Solo yang dibuka dari pukul 17.00-24.00 WIB. Terletak di Jl. Mayor Sunaryo, kawasan ini menjadi surganya pencinta kuliner. Berbagai makanan terkenal seperti Gudeg Ceker Bu Kasno, Sate Kere Yu Rebi, Nasi Liwet Bu Sarmi, dan masih banyak lainnya tersedia di Galabo. 
 

5. Selat Solo Mbak Lies

Dibuka sejak pukul 09.00-17.00 WIB, restoran ini memiliki beragam menu lezat yang wajib dicoba, seperti selat galantine dengan kuah saus yang terdiri dari sayuran, bunci, wortel, kentang, telur, rolade daging, dan kacang polong. Restoran ini memiliki desain interior yang unik, dengan banyak pernak-pernik Eropa dan para karyawan yang mengenakan pakaian ala Eropa tapi tetap memiliki sentuhan Jawa. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Semarang yang Wajib Dicoba

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Waspada, Mayoritas Penjahat Siber Beraksi lewat Telegram

BERIKUTNYA

4 Perbedaan Mencolok Game MOBA Honor of Kings dan Mobile Legends

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: