Game Honor of Kings (Sumber gambar: Situs Honor of Kings)

4 Perbedaan Mencolok Game MOBA Honor of Kings dan Mobile Legends

02 July 2024   |   06:13 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Honor of Kings (HOK) resmi diluncurkan di Indonesia pada akhir Juni 2024. Game yang dikembangkan oleh Timi Group dan Tencent Game ini mengusung genre multiplayer online battle arena (MOBA) yang punya banyak pemain di Indonesia, berkat gim-gim populer pendahulunya. 

Lantaran mengusung genre yang sama, dari segi gameplay, HOK memiliki banyak kemiripan dengan Mobile Legends. Permainan ini menawarkan pertarungan 5vs5, di mana pemain dapat memilih hero sesuai dengan strategi yang ingin mereka terapkan. 

Baca juga: Rekomendasi Spek HP & PC untuk Main Game Honor of Kings 

Untuk memenangkan permainan, gamer harus menghancurkan pertahanan lawan. Tim yang berhasil menerobos pertahanan musuh dan menghancurkan inti pertahanan mereka akan keluar sebagai pemenang. 

Kendati begitu, ada sejumlah keunikan yang membedakan kedua gim tersebut. Berikut ini perbedaan mencolok antara Honor of Kings dan Mobile Legends. 
 

1. Referensi hero

Meskipun Honor of Kings versi global baru saja dirilis, Tencent telah membawa hampir semua karakter dari server aslinya. Terdapat lebih dari 80 karakter yang dapat digunakan pemain, meskipun game ini baru diperkenalkan secara internasional. Pemain baru mungkin akan merasa sedikit kewalahan karena harus mengenal banyak hero sekaligus. 

Perbedaan lainnya terletak pada latar belakang tiap hero dalam game. Di Mobile Legends, pemain tahu beberapa hero terinspirasi dari legenda dunia, sementara yang lain adalah hero fiksi. Sebaliknya, di Honor of Kings, hampir semua karakternya berasal dari mitos dan legenda Tiongkok yang mungkin belum banyak dikenal oleh orang di luar China. 
 

2. Equipment 

Peralatan atau equipment hero di Honor of Kings memiliki perbedaan yang cukup mencolok dibandingkan dengan kompetitornya, Mobile Legends. Jumlah item di HOK lebih banyak. Keberagaman item di gim ini memberikan pemain lebih banyak opsi dalam mengembangkan strategi dan taktik selama permainan.

Setiap item memiliki efek dan kegunaan yang berbeda, memungkinkan pemain untuk menyesuaikan build hero mereka sesuai dengan situasi dan kebutuhan tim. 
 

3. Monster dan buff

Di Honor of Kings, terdapat dua buff utama yang memberikan pemain tambahan gold dan EXP, yang sangat berguna untuk memperkuat hero. Selain itu, game ini memiliki fitur unik yaitu The Overlords dan Tempest Dragon. Kedua entitas ini dapat dipanggil untuk membantu tim melakukan push lane, memberikan keuntungan strategis yang signifikan dalam permainan.

Perbedaan lainnya termasuk variasi jenis monster hutan dan efek buff yang diberikan. Misalnya, ada monster yang memberikan regenerasi HP atau peningkatan kecepatan serangan. Dengan lebih banyak pilihan dan variasi, pemain Honor of Kings harus lebih strategis dalam mengelola sumber daya hutan mereka dan memanfaatkan buff yang ada. 
 

4. Esports

Perbedaan berikutnya terletak pada ranah esports. Mobile Legends telah hadir lebih lama di Indonesia, sehingga telah membangun basis pemain yang sangat luas di negara ini. Hal ini terbukti dari turnamen-turnamen Esports Mobile Legends yang diadakan secara daring maupun luring, yang berhasil memikat jutaan penonton.

Sementara itu, karena Honor of Kings baru saja dirilis di Indonesia, basis pemainnya masih relatif kecil. Namun, dengan popularitas yang terus meningkat, tidak menutup kemungkinan HOK juga akan segera membangun komunitas esports yang kuat di Indonesia.

Nah, itu dia perbedaan mencolok anatara Honor of Kings dan Mobile Legends. Genhype sudah beralih ke Honor of Kings atau masih tetap bermain Mobile Legends nih? 

Baca juga: Rekomendasi Game Rilis Juli 2024 yang Wajib Masuk Wishlist 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Wisata Kuliner Solo yang Wajib Dikunjungi, Genhype Udah Pernah Coba?

BERIKUTNYA

PBSI & CBA Rilis Penyebab Meninggalnya Atlet Bulu Tangkis Muda Zhang Zhi Jie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: