Rawon Iga menu Flavors of Indonesia (sumber : Excelso)

Mencicipi Kekayaan Kuliner Nusantara di Flavors of Indonesia dari Iga Sapi hingga Selat Solo

26 September 2024   |   21:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia dikenal dengan kekayaan kulinernya, di mana setiap daerah menyimpan cita rasa khas yang unik dan tak tertandingi. Dari rempah-rempah yang kuat hingga sajian yang sarat akan budaya, kuliner Indonesia menawarkan eksplorasi rasa yang tak ada habisnya.

Salah satu kuliner khas dari Indonesia adalah Rawon. Menu makanan tradisional asal Jawa Timur ini berbentuk sup daging berkuah hitam. Berbeda dengan sup lainnya, Rawon memiliki warna kuah hitam pekat yang dihasilkan dari penggunaan kluwek sebagai rempah utamanya.

Baca juga: Makanan Sehat Tak Harus Hambar, Ahli Kuliner Dorong Inovasi Penyelarasan Rasa dan Nutrisi

Untuk menambah cita rasa, rawon juga dilengkapi dengan bumbu rempah lainnya seperti lengkuas, hingga serai, memberi aroma rasa kompleks yang menggugah selera.

Umumnya rawon dibuat dengan daging sapi yang dipotong dadu. Namun kali ini, Excelso menawarkan rawon yang istimewa dalam menu special Flavors of Indonesia yaitu dengan menggunakan iga sapi. Menu ini disajikan dengan nasi putih, dilengkapi dengan tauge, sambal, dan telur asin.

“Kami menghadirkan Rawon Iga Sapi yang dibuat dengan menggunakan iga sapi dengan proses memasak yang membuat dagingnya empuk, berbeda dengan rawon yang biasanya disajikan dengan daging yang sudah dipotong dadu,” ujar Eva Silpiana, Product Development Supervisor Excelso.

 

Ayam Pedas Banyuwangi (sumber : Excelso)

Ayam Pedas Banyuwangi (sumber : Excelso)

Selain Rawon Iga Sapi, menu nusantara lainnya yang dihadirkan oleh Excelso dalam Menu of The Month kali ini adalah Ayam Pedas Banyuwangi. Hidangan yang menggunakan ayam sebagai bahan utama, dimasak dengan bumbu khas Banyuwangi, memiliki cita rasa pedas yang kuat, gurih, dan kaya akan rempah. Sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Menu nusantara lainnya adalah Selat Solo, hidangan khas kota Solo yang mendapatkan pengaruh masakan Eropa. Nama "Selat" dipercaya berasal dari kata "Salad," karena hidangan ini mirip dengan salad daging versi Eropa, tetapi telah diadaptasi dengan bahan-bahan dan cita rasa khas lokal. Tak heran bila hidangan ini sering dianggap sebagai contoh akulturasi kuliner yang terjadi pada masa penjajahan Belanda, ketika pengaruh kuliner Eropa mulai masuk ke Indonesia.

 

Selat Solo (sumber : Excelso)

Selat Solo (sumber : Excelso)

Selat Solo yang diolah di Excelso  menggunakan brisket sapi yang empuk dengan bumbu khas Jawa dilengkapi dengan, kentang, wortel, telur rebus, serta tempe goreng renyah.

Tak hanya makanan utama saja, Menu of the Month dari Excelso ini juga menghadirkan hidangan penutup seperti Ubi Brulee berupa perpaduan unik antara ubi tradisional yang disajikan dengan lapisan vanilla custard yang creamy, dilengkapi dengan lapisan gula yang dibakar hingga renyah. Hidangan ini menggabungkan unsur lokal dengan gaya penyajian ala Eropa. Serta tempe goreng crispy dan ragout ayam.

Selain makanan, terdapat juga beberapa menu minuman kreatif dalam seri Fusion Bliss, yang memadukan cita rasa klasik dengan kreasi modern. Diantaranya yakni Ochio Frappio  perpaduan es, pistachio, susu segar, dan biskuit choco hazelnut, serta tambahan whipped cream, menjadikan Ochio Frappio sebagai pilihan minuman gurih yang menyegarkan.

Ada pula Chai Latte, minuman teh chai aromatik yang diseduh dengan kayu manis dan jahe, dipadukan dengan susu segar untuk menciptakan sensasi creamy dan hangat. Banana Coffee menjadi salah satu inovasi unik yang memadukan kopi dengan pisang, pandan, dan kayu manis, dilengkapi es krim vanilla dan parutan cokelat, menciptakan minuman yang unik dan menyegarkan.

 

Banana Coffee (sumber : Excelso)

Banana Coffee (sumber : Excelso)

Kemudian, terdapat Smoky Cream Tea berupa Teh Earl Grey yang dicampur dengan susu segar dan gula aren, dilengkapi dengan cheese cream dan taburan kayu manis di atasnya, menciptakan rasa smoky yang khas dan berbeda.

Untuk memeriahkan perayaan ulang tahun ke-33, Excelso menawarkan promo spesial selama 3 hari pada 28 September hingga 30 September 2024.

“Selama tiga hari nanti, semua menu yang ada di Excelso baik makanan maupun minuman bisa dinikmati dengan harga hanya Rp33.000, anggap saja kami mentraktir customer di momen ulang tahun. Promo ini berlaku di lebih dari 100 outlet Excelso di seluruh Indonesia,” ujar Ria Meivina Marketing Relation Excelso.

Melalui menu Flavors of Indonesia, Ria mengatakan bahwa Excelso berkomitmen untuk mengeksplorasi dan menghadirkan tradisi kuliner Indonesia kepada masyarakat luas, dengan menggunakan bahan-bahan lokal berkualitas dan menggabungkannya dengan inovasi kreatif.


 Baca juga: Santap Kuliner Glamor Tengah Kota di The Coach Restaurant

 

SEBELUMNYA

Kenali Penyebab Penderita Kanker Rawan Alami Nyeri

BERIKUTNYA

Museum Nasional Indonesia Bakal Pamerkan Koleksi Repatriasi Puputan Badung & Era Singhasari 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: