Ilustrasi pembayaran dengan QRIS. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti

Penggunaan QRIS di Toko Offline Makin Masif, Ini Alasan Utamanya

28 June 2024   |   06:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Sejak diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia pada Agustus 2019, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kini telah menjadi salah satu inovasi metode pembayaran yang masif digunakan oleh masyarakat Indonesia.

QRIS tak hanya membawa dampak signifikan pada transaksi harian masyarakat, tetapi juga inovasi dalam dunia bisnis. Hal tersebut terungkap dalam laporan riset terbaru Populix berjudul Understanding QRIS Usage and Its Impact on Daily Transaction yang memperlihatkan bahwa sebanyak 94 persen responden pernah menggunakan QRIS untuk transaksi pembayaran dalam satu bulan terakhir, terutama untuk pembelian makanan dan minuman.

Baca juga: QRIS Berlaku di Singapura, Cek Cara Belanja Antarnegara

Dr. Timothy Astandu, Co-Founder & CEO, Populix mengatakan, dari hasil riset ditemukan bahwa setengah dari responden menggunakan QRIS setidaknya sekali dalam seminggu dengan nilai transaksi tertinggi mencapai hingga lebih dari Rp3 juta.

“Ini menunjukkan tingginya frekuensi dan kenyamanan bertransaksi digital melalui QRIS, serta kemampuannya dalam mengakomodasi berbagai jenis kebutuhan pembayaran,” ungkapnya.

Riset menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia (7 dari 10) masih lebih memilih berbelanja di toko fisik (offline). Meskipun uang tunai masih menjadi metode pembayaran paling umum untuk transaksi offline, QRIS dengan cepat mendapatkan daya tarik, terutama di kalangan pekerja kantoran dan Gen Z.

Setengah dari responden (50 persen) menggunakan QRIS setidaknya sekali dalam seminggu di toko offline, dengan pekerja kantoran menggunakannya beberapa kali dalam seminggu (36 persen) dan Gen Z menggunakannya setiap hari.

Penetrasi tinggi ini cenderung didorong oleh kemudahan dalam penggunaan (49 persen), kecepatan transaksi (42 persen), serta adanya program promosi atau diskon untuk transaksi menggunakan QRIS (33 persen).

E-wallet dan bank digital menjadi dua platform utama untuk penggunaan QRIS. Selain populer untuk transaksi kecil dengan nominal kurang dari Rp500.000, QRIS juga dapat menangani pembayaran yang lebih besar. Responden menyatakan pernah melakukan transaksi tertinggi mencapai hingga lebih dari Rp3 juta, terutama untuk tagihan restoran dan belanja kebutuhan sehari-hari.

Laporan juga mengidentifikasi peluang untuk adopsi QRIS yang lebih luas di masa depan dengan 56 persen responden menyatakan pasti akan menggunakan metode pembayaran QRIS jika disediakan oleh penjual. Bahkan, 73 persen menyatakan akan lebih sering menggunakannya, dan 65 persen menyatakan akan mengeluarkan nilai transaksi yang lebih besar di masa depan.

Menurut Timothy, QRIS memainkan peran kunci dalam memperkuat fondasi ekonomi digital Indonesia, meningkatkan inklusi keuangan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

“Peningkatan infrastruktur sangat penting untuk memastikan transaksi yang lancar, cepat, dan aman,” jelasnya.

Baca juga: Trip ke Thailand Enggak Perlu Bawa Bath, Transaksi Bisa Langsung QRIS Loh!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Disney Cruise Line Siap Berlayar di Singapura 2025, Cek Fasilitas & Keunikannya

BERIKUTNYA

Konser Super Diva Bakal Hadirkan Talenta Musik Lintas Generasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: