Ilustrasi menggunakan QR code untuk transaksi di kafe. (Sumber gambar : Freepik)

Trip ke Thailand Enggak Perlu Bawa Bath, Transaksi Bisa Langsung QRIS Loh!

29 August 2022   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, kamu ada rencana wisata atau bertugas ke Thailand? Sekarang kamu tidak perlu repot menukarkan rupiah ke bath dalam jumlah banyak untuk ditaruh di dompet. Kini, kamu bisa menggunakan layanan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk bertransaksi di Negeri Gajah Putih itu. 

Kemudahan ini tidak lepas dari kerja sama pembayaran berbasis QR Code lintas negara (cross-border QR payment linkage) antara Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT), Senin (29/8/2022).

Kerja sama ini diawali dengan fase uji coba pada 17 Agustus 2021. Mendapat hasil yang cukup baik, akhirnya Indonesia dan Thailand sepakat mengimplementasi kode QR yang melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara.

Baca juga: Resep Kai Yang, Ayam Panggang khas Thailand untuk Sajian Spesial

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, mengatakan inisiatif untuk mendorong digitalisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code nasional.

Bagi Indonesia, inisiatif ini juga merupakan milestone Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025 yang akan diintegrasikan dengan kerangka kerja sama dalam mendorong penggunaan mata uang lokal. 

Perry menyebut inisiatif ini dapat meningkatkan efisiensi transaksi, mempromosikan ekonomi digital dan inklusi keuangan, serta memperkuat stabilitas makroekonomi melalui penggunaan mata uang lokal yang lebih luas.

Sementara Gubernur Bank Sentral Thailand, Sethaput Suthiwartnarueput, menuturkan QR cross border memungkinkan konsumen dan pedagang di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui QR Code secara instan, aman, dan efisien. 

Ke depan, kerja sama pembayaran lintas negara akan diintegrasikan dengan fast payment systems yang terdapat pada kedua negara, Indonesia's BI-FAST dan Thailand's PromptPay, yang telah memiliki lebih dari 70 juta pengguna. 

Konektivitas pembayaran antara Indonesia dan Thailand akan menyediakan real-time cross border fund transfer untuk pekerja migran, ekspatriat, dan usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) dalam melakukan transfer lintas negara secara efisien. Melalui inisiatif tersebut, menurutnya konektivitas pembayaran di ASEAN akan semakin inklusif ke depannya.

Transaksi menggunakan QR Code ini menerapkan prinsip CeMuMuAH. Jika dijabarkan Ce berarti cepat alias transaksi real time. Mu adalah mudah, cukup menggunakan aplikasi pembayaran Indonesia. 

Mu berikutnya yakni murah alias biaya lebih efisien. A adalah aman karena pembayaran nirsentuh tanpa media fisik. Sementara H artinya handal karena transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.  

Adapun aplikasi Thailand yang bisa scan QRIS merchan Indonesia antara lain Bangkok Bank, Krungsri, dan CIMB Thai. Untuk merchant Thailand yang menerima aplikasi pembayaran QRIS yakni Bangkok Bank dan Krungsri. Namun mulai September 2022 akan bertambah 5 bank yang bisa menerima QRIS.

Baca juga: Thailand Ganti Nama Ibu Kota Bangkok Jadi Krung Thep Maha Nakhon

Sementara aplikasi pembayaran Indonesia yang bisa scan QR Thailand antara lain BCA, BSI, DANA, CIMB Niaga, Bank Sinarmas, Bank Mega, Bank Permata, dan Bank BPD Bali. Untuk merchant Indonesia yang menerima aplikasi pembayaran Thailand seluruhnya bisa menggunakan QRIS.

Untuk bertransaksi menggunakan QR Code di Thailand, berikut langkah-langkahnya :

1. Buka aplikasi pembayaran
2. Scan QR Thailand
3. Masukkan nominal Thai Bath
4. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah
5. Masukkan PIN
6. Transaksi berhasil 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Taylor Swifts Umumkan Album Baru Midnights, Rilis Oktober 2022

BERIKUTNYA

Profil Go Yoon Jung, Pengganti Jung So Min di Alchemy of Souls Season 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: