Merlion Singapore. (Sumber foto: Unsplash/shawnanggg)

QRIS Berlaku di Singapura, Cek Cara Belanja Antarnegara

20 November 2023   |   17:03 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi Genhype yang kerap pergi ke Singapura untuk belanja atau jalan-jalan. Per 17 November 2023, metode pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sudah bisa kalian gunakan di Negeri Singa.

Ini merupakan langkah ekspansi lanjutan Bank Indonesia setelah sebelumnya membuka akses pembayaran menggunakan QRIS di Malaysia dan Thailand. Dikutip dari laman Bank Indonesia, sebelum resmi bisa digunakan, pihak otoritas telah melakukan uji coba terlebih dahulu sejak Agustus 2023.

Baca juga: 3 Fitur Baru QRIS Mulai Agustus 2023 Bisa Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai

Pada saat itu, Bank Indonesia menyebutkan bahwa uji coba itu merupakan bentuk tindak lanjut kerja sama dengan Monetary Authority of Singapore yang diinisiasi pada tahun lalu.

“Konektivitas pembayaran dengan QR Code antara Indonesia dan Singapura akan dapat memfasilitasi perdagangan antarnegara secara lebih efisien, khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta mendorong pertumbuhan sektor pariwisata,” demikian tertulis.
 
Sejak awal tahun ini, Bank Sentral dari empat negara ASEAN, yaitu Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT), sudah sepakat bekerjasama dalam mewujudkan dan mendukung pembayaran yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif. 

Salah satu perwujudannya adalah dengan mengimplementasikan QRIS antarnegara. QRIS antarnegara adalah sistem pembayaran lintas negara (cross-border payment) berbasis kode QR yang dapat digunakan untuk transaksi lintas negara. 

Dengan QRIS antarnegara, transaksi antarnegara tidak perlu lagi mengkonversi atau menukarkan mata uang lagi saat berbelanja di negara yang dikunjunginya, cukup dengan memindai kode QR. 

Jadi, pembayaran atas transaksi yang dilakukan wisatawan asing di Indonesia dapat dilakukan dengan memindai QRIS merchant Indonesia dengan menggunakan aplikasi pembayaran negaranya. 

Sebaliknya, pembayaran atas transaksi wisatawan Indonesia dapat dilakukan dengan memindai QR standard negara yang dikunjunginya dengan menggunakan aplikasi pembayaran Indonesia. 

Mengutip Bank Indonesia, begini cara berbelanja menggunakan QRIS di Singapura, Thailand, dan Malaysia:
  1. Buka aplikasi pembayaran dan klik menu “Scan QRIS".
  2. Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar atau ditransfer, dalam mata uang negara asal. Misal 10 dolar Singapura (SGD).
  3. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah (otomatis terkonversi)
  4. Masukkan PIN. Genhype akan menerima notifikasi bahwa transaksi berhasil dilakukan.
  5. Pembayaran dengan QRIS antarnegara selesai dilakukan.  
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Menilik Pemanfaatan & Efektivitas Wolbachia untuk Penanggulangan DBD di Indonesia 

BERIKUTNYA

Art Jakarta 2023 Resmi Dibuka, Ekosistem Seni Makin Bergairah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: