Keluarga sehat dan aman berinternet (Unsplash/Alexander Dummer)

Coba Tips Ini Untuk Menciptakan Keluarga Sehat & Aman Berinternet

30 June 2021   |   15:42 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Tak bisa dipungkiri kini dunia makin digital. Internet telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Namun, tak bisa ditampik juga bahwa internet ibarat pisau bermata dua. Pada satu sisi bisa menjadi sarana pembelajaran dan inspirasi dan di sisi lain bisa menjadi pemapar bahaya digital yang juga kian meningkat dan beragam jenisnya.

Isu tentang bagaimana menjaga diri sendiri, keluarga, dan orang di sekitar tetap aman berinternet telah menjadi topik yang hangat, terlebih di tengah situasi pandemi yang menuntut lebih banyak aktivitas digital.

Kita tentunya ingin agar semua orang bisa dengan aman dan nyaman berselancar di dunia maya. Oleh sebab itu, penting bagi keluarga untuk menciptakan kebiasaan digital yang sehat dan mempraktikkan keamanan berinternet.

Nah dalam upaya ini nih, Google memberikan beberapa tips khususnya kepada orang tua untuk menciptakan keluarga yang sehat dan aman secara digital :

1. Berikan contoh dan pastikan diri tetap aman

Keamanan keluarga harus dimulai dari keamanan diri sendiri. Orang tua harus memahami perihal internet dan bagaimana cara kerjanya. Dengan demikian, mereka bisa mengajarkan pada anak untuk berlaku hal serupa.

Adapun, beberapa fitur Google yang bisa dimanfaatkan untuk lebih menjaga keamanan akun antara lain verifikasi dua langkah yang telah diterapkan secara otomatis dan password manager untuk mengingat, menyimpan, dan mengisi sandi otomatis di seluruh web.
 
Ilustrasi berinternet/Biznet
2. Bimbing keluarga menemukan konten yang sesuai

Tidak bisa disangkal bahwa internet menjadi sumber segala macam informasi yang dapat diakses oleh semua orang, termasuk anak-anak. Padahal, seringkali konten tertentu tidak cocok dengan usia anak. Untuk itu, menemukan konten yang sesuai sangat diperlukan agar anak tetap aman.

Di Google, saat ini tersedia beberapa platform dan fitur yang dirancang khusus untuk keamanan dan kenyamanan anak. Misalnya SafeSearch, YouTube Kids, dan tab khusus 'Anak-Anak' di toko aplikasi Google Play Store.

Ada juga Family Link yang memungkinkan orang tua untuk mengawasi waktu penggunaan perangkat dan membatasi akses harian, mengelola akun Google anak, dan memahami perilaku mereka saat menjelajahi internet.

3. Tidak terjebak perangkap misinformasi

Dalam kondisi normal, ada banyak sekali berita palsu dan misinformasi yang bertebaran di internet. Begitu juga dengan kondisi pandemi, yang makin memunculkan banyak hoaks khususnya terkait pemberitaan kesehatan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengecek fakta terhadap pemberitaan kurang meyakinkan bisa dilakukan dengan mencari informasi gambar dan penelusuran lebih banyak sumber, misalnya pemberitaan dari media tepercaya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Webtoon DEEP Akan Diadaptasi Jadi Proyek Drama Kolaborasi Korea-Amerika

BERIKUTNYA

Fitur Baru Whatsapp, Chatbot yang Mudahkan Belanja di Pedagang Tradisional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: