Yogurt dan buah-buahan (Sumber foto: unsplash.com/@vickyng)

4 Camilan Pre-workout yang Dapat Menambah Energi Ngegym

26 June 2024   |   20:30 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sebelum latihan di gym, sebaiknya Genhype mengisi perut terlebih dahulu, agar tubuh bisa mencapai performa terbaiknya. Untuk itu, penting untuk memilih dan mengonsumsi camilan pre-workout yang bernutrisi dapat membantu mengisi 'bahan bakar' untuk tubuh secara efektif. 

Tak hanya itu, menurut Healthline, camilan ini bisa juga membantu proses pemulihan tubuh untuk otot dan juga hidrasi. Jadi memilih camilan pre-workout yang tepat adalah bagian penting dari persiapan sebelum pergi ke gym.

Baca juga: 5 Makanan High Volume yang Tinggi Serat & Nutrisi, Bantu Penurunan Berat Badan

Karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat adalah beberapa kandungan bernutrisi yang harus ada dalam sebuah camilan pre-workout. Namun, mengingat banyaknya sekali sumber makanan dan minuman yang mengandung ketiganya, Genhype mungkin merasa bingung saat memilih camilan yang pas.

Agar Genhype tidak bingung dan makin bersemangat latihan di gym, simak rekomendasi empat camilan pre-workout beserta manfaat kesehatannya yang dirangkum dari berbagai sumber:


1. Pisang

Pisang adalah camilan pra-latihan yang sangat baik karena profil nutrisinya yang sangat kaya. Buah ini juga menjadi salah satu sumber karbohidrat terbaik, karena sifatnya yang mudah dicerna dan dapat membantu meningkatkan simpanan glikogen, sumber energi utama tubuh selama berolahraga. 

Selain itu, pisang merupakan sumber potasium yang baik, mengandung elektrolit penting yang mengatur tekanan darah, menjaga fungsi saraf, dan mendukung kontraksi otot saat latihan. Didukung dengan kandungan serat dalam pisang memperlambat penyerapan gula. Mengalirkan glukosa secara stabil untuk bahan bakar tubuh.

Adapun, kombinasi magnesium dan vitamin B6 dalam pisang dapat mengurangi stres dan kelelahan, mengatur keseimbangan saraf dan bertindak sebagai pelemas otot. 


2. Roti gandum utuh

Berkat kandungan karbohidrat kompleksnya, roti gandum utuh bisa memberikan pelepasan energi yang berkelanjutan yang berguna untuk latihan berdurasi lama. Belum lagi ditambah kandungan seratnya yang tinggi. 

Jika ingin meningkatkan manfaat kesehataan roti gandum utuh saat latihan, Genhype bisa menambahkan daging dan buah-buahan lainnya. Jadi selain karbohidrat dan serat, asupan vitamin dan protein juga bisa tercukupi. 


3. Blueberry

Blueberry adalah buah yang memiliki kandungan polifenol yang tinggi, sehingga memiliki properti antioksidan dan bisa mengurangi inflamasi otot pascalatihan. Selain itu, blueberry adalah sumber vitamin C yang kaya, yang mendukung kesehatan kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. 

Sama seperti pisang, buah ini menyediakan energi alami melalui kandungan gulanya, yang bisa diubah menjadi glikogen saat latihan. Selain itu, blueberry juga mengandung serat untuk mengatur kadar gula darah dan kandungan air yang tinggi untuk rehidrasi. 


4. Yogurt

Sebagai salah satu sumber protein terbaik, Yogurt bisa membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot, sehingga Genhype dapat mendorong diri lebih keras selama latihan angkat beban. 

Baca juga: Genhype, Begini Cara Mengatur Isi Piring Agar Nutrisi Seimbang

Tak hanya bisa membantu sebelum latihan, probiotik dalam Yogurt juga bisa membantu Genhype saat sedang dalam proses pemulihan pascaberolahraga. Mendukung kesehatan pencernaan, yang bisa mengurangi risiko ketidaknyamanan pada perut saat berolahraga.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hypereport: Wisata Edutainment Jadi Destinasi Favorit untuk Liburan Keluarga di Indonesia

BERIKUTNYA

Garin Nugroho Kasih 3 Kunci Film Indonesia Bangun Pasar Global Berkualitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: