Ilustrasi aktivitas fitness (Unsplash/Onur Binay)

Gaya Hidup Sehat Meningkat, Aplikasi Kesehatan & Fitness Terus Tumbuh

22 September 2021   |   11:05 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Riset dari platform analitis pemasaran seluler Adjust menunjukkan bahwa aplikasi kesehatan dan fitness memiliki kinerja yang tinggi sepanjang periode pandemi. Ini berarti bahwa masyarakat masih tetap menggunakan aplikasi untuk memantau kesehatan dan aktivitas olahraga mereka.

Data teranyar dari Adjust menyatakan kategori aplikasi kesehatan dan fitness masih terus tumbuh pada tahun ini. Kendati jumlah instalasi aplikasinya menurun sebesar 24 persen secara tahunan pada semester pertama, tapi jumlah sesinya meningkat hingga 31 persen.

Lebih spesifik, jumlah instalasi aplikasi kesehatan dan fitness sempat meningkat pesat pada awal tahun dengan persentase 10 persen. Menurut data Adjust, ini menunjukkan bahwa masyarakat memilih mulai perjalanan fitness mereka dengan aplikasi seluler ketimbang membayar biaya keanggotaan gym.

Selain itu, jumlah sesi juga meningkat pesat pada periode serupa, yang menunjukkan bahwa pengguna yang telah mengunduh aplikasi kesehatan dan fitness favorit menambahkan intensitas dan durasi berolahraga mereka.

Data Adjust juga menemukan bahwa hari Minggu masih menjadi hari favorit pengguna aplikasi untuk berolahraga dengan jumlah sesi paling banyak. Sementara itu Jumat tercatat menjadi hari dengan jumlah sesi paling sedikit.

Regional VP INSEA Adjust, April Tayson, mengatakan kendati jumlah instalasi tidak setinggai tahun lalu, tapi jumlah sesi kesehatan dan fitness meningkat, yang menunjukkan pengguna tetap memakai aplikasi sejak beradaptasi untuk menjaga kesehatan fisik dan mental dari rumah.

"Pertumbuhan ini diperkirakan akan terus berlanjut, tapi tantangan utama bagi aplikasi adalah untuk meningkatkan daya saing dan mengakuisisi lebih banyak pengguna," katanya dalam keterangan resmi. 

Dengan banyaknya aplikasi kesehatan dan fitness yang tersedia di pasaran, paran pengembang perlu membuat aplikasi tidak hanya menyediakan latihan olahraga agar dapat menonjol, seperti menyediakan lebih banyak dukungan untuk meningkatkan kebugaran.

Pengembang aplikasi justru perlu menciptakan produk dan layanan baru yang berfokus pada pendekatan holistik untuk kesehatan. Misalnya dengan mengintegrasikan alat dan perangkat wearable, untuk memudahkan pelacakan yang akurat. Selain itu perlu juga dipertimbangkan fitur unggulan lain seperti pola tifur, ragam kegiatan fisik, gizi, hingga kesadaran dan meditasi.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Film Dokumenter Terbaru Netflix Angkat Kisah Konservatori Britney Spears

BERIKUTNYA

Sering Olahraga Picu Serangan Jantung? Begini Risetnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: