Salah satu cara untuk membentuk otot dada adalah dengan melakukan olahraga secara intens. Sumber gambar (Unsplash/Omid Armin)

7 Kiat Membentuk Otot Dada di Rumah, Tidak Harus ke Tempat Fitness

06 November 2022   |   07:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki tubuh atletis memjadi impian banyak pria. Bagi sebagian besar pria, punya tubuh yang berotot merupakan kebanggan tersendiri. Sebab punya otot dada yang kencang, dipercaya mampu menunjang penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri di tempat umum.

Salah satu cara untuk membentuk otot dada adalah dengan melakukan olahraga secara intens. Selain memperbaiki postur,  melatih otot-otot tubuh juga mampu meningkatkan daya tahan atau metabolisme tubuh. Jadi, punya otot tubuh yang terjaga bisa membuat Genhype tetap bugar di berbagai kondisi. 

Selain pergi ke tempat fitness, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa Genhype lakukan untuk membentuk otot dada di rumah. Jadi, tak perlu membayar mahal, kalian tetap bisa memiliki tubuh atletis bak binaragawan yang tentu saja kakar dan berotot, yang juga akan menunjang penampilan. 

Nah, biar enggak penasaran yuk simak 7 cara membentuk otot dada di rumah dengan cepat sebagaimana dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber dalam ulasan berikut: 

Baca jugaTips Diet ala Nick Jonas untuk Bangun Massa Otot Ideal
 

1. Plank

Plank merupakan salah satu gerakan work out paling sederhana yang bisa dilakukan untuk mulai membentuk otot dada. Bagi pemula gerakan ini bisa dimulai dari forearm plank atau full plank. Gerakan tersebut akan melatih otot lengan, dada, dan punggung Genhype.

Untuk memulainya, kalian bisa melakukan gerakan plank selama 30 detik hingga 1 menit selama 10 set dalam sehari. Perlu diketahui, gerakan plank juga dapat meningkatkan fleksibilitas tunuh karena otot yang terlibat termasuk bahu, tulang selangka, dan tulang belikat. 
 

2. Push-Up

Gerakan push-up berfungsi untuk melatih bagian atas otot badan yang meliputi otot lengan, dada, punggung, dan perut. Jika plank punya fungsi lebih kepada menguatkan tubuh, maka push-up akan membuat Genhype marasakan kontraksi otot dalam prosesnya. 
 

Ilustrasi sumber gambar  (Unsplash/Fortune Vieyra)

Ilustrasi sumber gambar (Unsplash/Fortune Vieyra)

Jika belum terbiasa, kalian bisa memulai gerakan dengan push-up di tembok, kursi, lalu lantai. Lakukan gerakan ini sebanyak 5, 10, hingga 15 kali repetisi dalam sehari secara progresif. Usahakan terus meningkat durasi setiap waktunya agar otot dada cepat terbentuk.
 

3. Rotation Push-Up

Hampir mirip dengan gerakan pada poin sebelum ini, rotation push-up adalah gerkan tangan saat naik turun yang dilakukan secara bergantian. Kalian bisa melakukannya sambil dikombinasikan dengan push-up. Setelahnya kalian bisa mengangkat satu tangan ke atas. Lakukan gerakan ini secara bergantian dengan tangan lain.
 

4. Weighted Push-Up

Cara membentuk otot dada berikutnya yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan gerakan weighted push-up. Gerakan ini juga sama dengan push-up, tapi kalian harus menambahkan beban di punggung. Fungsi penambahan beban adalah untuk mempercepat pembentukan otot.

Iustrasi sumber gambar (Unsplash/Sam Owoyemi)

Iustrasi sumber gambar (Unsplash/Sam Owoyemi)

Untuk menyiasatinya Genhype bisa memasukkan buku tebal seperti kamus, botol berisi air minum atau beban berat lainnya dalan ransel lalu digunakan saat push-up. Akan tetapi, jika memiliki dana lebih kalian bisa membeli weighted jacket yang memang dirancang untuk membantu aktivitas olahraga. 
 

5. Comando Push-Up

Gerakan ini dilakukan dalam posisi forearm plank. Langkah-langkahnya adalah dengan mengangkat satu tangan dan meletakkan telapak tangan sejajar dengan siku. Lakukan gerakan ini bergantian dengan tangan sisi lainnya. Agar lebih maksimal Genhype harus menahan masing-masing gerakan selama 30-60 detik. 


6. Chest Press

Untuk latihan membentuk otot dada dengan gerakan ini Genhype memerlukan dumbell. Langkah yang dilakukan adalah merebahkan badan di lantai, lalu buka tangan selebar siku sambil memegang dumbell. Perlahan angkat kedua tangan ke arah depan dada dengan gerakan mendorong. Lakukan gerakan ini sebanyak 10-15 kali dalam sehari.


7. Chest Fly

Gerakan ini adalah kebalikan dari chest press. kalian bisa memulainya dengan menyejajarkan kedua lengan dengan dengan bahu sambil memegang dumbells. Lalu, perlahan rentangkan tangan seperti gerakan terbang. Gerakan ini juga dapat dilakukan sambil rebahan di matras, atau berdiri sambil menundukkan badan. Posisi badan saat menudukkan badan adalah leher yang netral dan lengan seperti mengepakkan sayap.

Baca jugaCek Penyebab & Cara Mengatasi Kram Otot

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
 

SEBELUMNYA

Pecah! Penggemar Danilla Nyanyi & Lompat Bareng di Soundsfest 2022

BERIKUTNYA

Fiersa Besari Tampil Memukau dengan 10 Lagu Hits di Soundsfest 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: