Perhiasan Emas (Sumber Foto: Freepik)

Kiat Memoles Perhiasan Emas Supaya Kinclong Lagi, Cukup Pakai Sabun Cuci Piring

26 June 2024   |   13:54 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Selain sebagai aksesori, emas sering dianggap sebagai simbol kekayaan dan status sosial karena harganya yang mahal dan tampilannya yang mewah. Biasanya emas terdiri dari kalung, gelang, cincin, anting, sampai liontin, serta dibuat dengan desain cantik dan dihiasi batu permata.

Logam emas memang sering digunakan dalam pembuatan perhiasan karena sifatnya yang mudah dibentuk, tahan korosi, dan memiliki kilau yang menarik. Namun, emas perlu dirawat supaya tetap berkilau dan terjaga keindahannya.

Baca juga: Kiat Membedakan Emas Asli dan Palsu, Salah Satunya Digigit

Mengutip laman Martha Stewart, emas memang perlu perawatan khusus. Namun, sebaiknya jangan menggunakan terlalu banyak larutan pembersih saat memoles permukaannya. Terkadang, air saja sudah cukup, lalu dilap dengan kain lembut. 
 
Cairan pemutih pakaian yang sangat kuat tidak disarankan untuk membersihkan perhiasan emas. Sebaiknya gunakan sabun cuci piring yang formulanya lembut dan non-abrasif.

Berikut langkah-langkah membersihkan perhiasan emas yang aman.
  1. Siapkan wadah atau baskom dengan air hangat, jangan gunakan air mendidih.
  2. Masukan sabun cuci piring yang lembut.
  3. Rendam perhiasan emas dalam larutan tersebut selama sekitar 10-15 menit.
  4. Bersihkan permukaannya dengan sikat berbulu halus, lalu bilas.
  5. Rendam kembali emas perhiasan di air hangat, lalu angkat dan keringkan.
  6. Gunakan kain lembut untuk mengeringkan emas supaya kilaunya kembali terlihat.

Setelah dibersihkan simpan perhiasan emas dengan benar. Emas bisa ditempatkannya di dalam kantung kain atau kotak perhiasan. Emas sebaiknya dilapisi kain lembut lagi untuk mencegah goresan. Pisahkan perhiasan emas dari perhiasan lain untuk menghindari gesekan yang bisa menyebabkan permukaannya tergores.

Saat dikenakan, pastikan perhiasan emas tidak terpapar produk kecantikan seperti parfum, lotion, hairspray, atau makeup. Sebaiknya lepaskan perhiasan emas saat melakukan aktivitas fisik berat seperti olahraga atau pekerjaan rumah tangga yang membuuat banyak berkeringat.

Selain itu, hindari memakai perhiasan emas saat mandi, berenang, atau sedang di sauna, karena paparan air dan bahan kimia bisa merusak logam dan batu permatanya.

Untuk menjaga perhiasan emas tetap awet dalam jangka panjang, pastikan untuk memeriksa kondisinya secara berkala. Periksa apakah ada goresan, penyok, atau bagian yang hilang. Pastikan kait untuk merapatkan rantai kalung atau kait untuk menahan permata masih berfungsi dengan baik. 

Baca juga: 5 Tip Menabung Emas untuk Anak Muda, Jangan Asal Beli

Apabila ditemukan ada kerusakan atau perlu perawatan khusus, bawa perhiasan ke tukang emas profesional untuk diperbaiki. Jangan biarkan perhiasan emas kusam dan rusak, karena bisa memengaruhi nilai jualnya dipasaran apabila kamu berniat menjualnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kecanduan Bermain Media Sosial? Berikut 6 Kiat Efetktif Mengatasinya

BERIKUTNYA

Butuh Adaptasi dan Modifikasi Teknologi Untuk Penerapan AI di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: