Emas (Sumber gambar: Unsplash/Zlataky)

5 Tip Menabung Emas untuk Anak Muda, Jangan Asal beli

17 May 2024   |   08:23 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sebagai salah satu instrumen investasi yang dapat diandalkan selama beberapa dekade, emas kian digandrungi oleh anak muda yang ingin menabung jangka panjang. Namun, informasi seputar emas sangat luas, sehingga cukup menakutkan untuk sebagian pemula yang baru saja mau belajar. 

Lantas mengapa Genhype harus memilih emas sebagai opsi investasi yang terpercaya? Melansir Forbes, emas memiliki kemampuan untuk menjadi sebuah Inflation hedge, atau investasi perlindungan terhadap kondisi perekonomian yang sedang tidak stabil, khusunya inflasi dan resesi. 

Baca juga: Berinvestasi Emas Kini Makin Mudah dan Murah, Begini Caranya

Jadi saat kedua kondisi tersebut datang, para investor akan membeli emas dan logam mulia lainnya untuk mendiversifikasi portofolio investasi. Selain itu, lantaran mudah dilikuidasi, emas juga bisa ditabung karena nilainya perlahan tapi pasti akan meningkat seiring berjalannya waktu. 

Setelah memahami mengapa Genhype harus mulai nabung emas, yuk simak 5 tip berguna dan mudah untuk menabung emas bagi para anak muda. Berikut ini. 
 

1. Pelajari jenis-jenis emas

Langkah awal yang harus Genhype lakukan adalah mengetahui apa saja jenis-jenis emas beserta kekurangan dan kelebihannya. Sebagai contoh, emas batangan sangat populer karena memiliki kandungan emas murni yang tinggi. Sehingga cocok untuk investasi jangka panjang, tapi kurang cocok untuk dijadikan perhiasaan, karena bentuk fisiknya tidak bisa diubah. 

Kemudian ada emas online, atau emas yang tidak memiliki bentuk fisik melainkan hanya ada di ruang virtual. Emas ini dapat dibeli di mana dan kapan saja, dan biasanya memiliki minimal pembelian yang terjangkau. Namun kelemahannya ada pada keamanan, karena sudah banyak modus kejahatan oleh penipu dan hacker jika tidak berhati-hati.
 

2. Tentukan tujuan investasi

Setelah mengetahui jenis-jenis emas, sekarang Genhype harus mengetahui tujuan investasi yang ingin dicapai. Misalnya seorang anak muda ingin menabung untuk mobil baru, sehingga mulailah kalkulasi dana dan durasi yang dibutuhkan untuk membelinya. Serta kalkulasi berapa persen yang akan dialokasikan ke dalam portofolio investasi. 

Dengan melakukan hal ini, kalian dapat mengurangi risiko resiko yang tidak diinginkan, seperti kekurangan dana yang akan berpengaruh pada dana untuk kebutuhan sehari-hari. 

Selain membeli kebutuhan sekunder, Genhype juga bisa menabung emas untuk keperluan yang bisa berguna pada masa depan. Seperti dana darurat dan pensiun, yang mungkin sekarang dampaknya belum terlihat, tapi akan sangat berguna jika mulai menabung saat masih muda.
 

3. Pantau kondisi dan tren pasar

Sebelum membeli, Genhype perlu memantau kondisi dan tren pasar yang dapat berdampak pada risiko investasi emas. Misalnya jika inflasi pada uang fiat sudah dimulai, harga emas akan juga ikut naik, mengikuti tingginya permintaan pasar. Selalu ingat untuk menunggu momen yang tepat saat harga emas mulai turun, beli, dan tunggu sampai tinggi kembali baru dijual.
 

4. Beli & simpan di tempat yang aman

Terdapat banyak tempat untuk membeli emas tergantung kebutuhan Genhype. Untuk emas fisik, selalu pastikan ada sertifikat yang mendeskripsikan spesifikasi seperti berat dan kemurnian emas. Kemudian untuk emas online, pastikan aplikasi atau platform jual beli emas yang digunakan sudah diawasi oleh BAPPEBTI.

Jangan lupa juga untuk menyimpan emas yang telah dibeli pada tempat yang aman. Sebaiknya emas fisik disimpan pada sebuah Safe Deposit Box (SDB) di bank. Sedangkan untuk emas online, pastikan password dari akun yang terdaftar harus kuat, dan hindari modus-modus kejahatan siber seperti phishing.
 

5. Berproses & bersabar 

Tips terakhir yang mungkin terlihat sepele, tapi juga tidak kalah penting yaitu terus berproses dan sabar. Menabung dan investasi merupakan perjalanan yang panjang, dan baru akan membuahkan hasil pada masa yang akan datang. Maka dari itu, kesabaran merupakan kunci dari suksesnya investasi.

Baca juga: Instrumen Investasi yang Cocok untuk 5 Karakter Investor, Genhype yang Mana?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sukses Lewat Single Love Lee, AKMU Siap Rilis Album Baru Juni 2024

BERIKUTNYA

Sejarah Peringatan Hari Buku Nasional, Dirayakan Tiap 17 Mei

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: