dok. Mathieu Stern on Unsplash

Pas Nih Buat Milenial & GenZ, Uang Jajan Rp100.000 Bisa Investasi Saham & P2P Lending Loh!

29 November 2021   |   14:48 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Memulai untuk berinvestasi saat ini enggak harus dengan modal besar loh Genhype. Bahkan hanya dengan bermodalkan Rp100.000 saja kalian sudah bisa mencoba mengalokasikan dana tersebut ke sejumlah instrumen investasi seperti saham dan reksa dana.

Apalagi saat ini ada banyak cara dan media yang bisa digunakan untuk berinvestasi, termasuk dengan memanfaatkan platform-platform investasi atau e-commerce. Penasaran kemana saja dana Rp100.000 ini bisa diinvestasikan? Berikut telah Hypeabis rangkum, silakan dipilih ya.
 

1. Investasi Emas

Emas memang telah dikenal sebagai salah satu instrumen investasi yang paling banyak digunakan oleh orang tua kita dulu ya. Memang emas ini sering dijadikan sebagai safe haven yang layak dimiliki karena risikonya yang rendah tetapi jika disimpan dalam jangka waktu lama harganya bisa melonjak berkali lipat loh Genhype.

Nah, jika ingin investasi emas kalian ngga perlu beli emas  1 gram karena saat ini harganya sudah cukup tinggi. Tapi kalian bisa kok memulai dengan modal Rp100.000 melalui tabungan emas atau plaform aplikasi emas online seperti e-mas, Tamasia, IndoGold, dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula loh produk emas dengan ukuran 0,1 gram yang harga belinya Cuma Rp100ribuan.


2.  Reksa dana

Bagi kalian yang baru ingin mencoba investasi, boleh mencoba untuk inves ke reksa dana. Memang sih jenis investasi reksa dana ini ada banyak tetapi yang cukup familiar dan cocok bagi pemula adalah reksa dana pasar uang karena risikonya lebih kecil dengan imbal hasil yang juga lebih kecil, tetapi jika ingin mencoba yang imbal hasilnya cukup besar boleh coba ke reksa dana campuran atau reksa dana saham.

Menariknya, kalian bisa loh berinvestasi mulai dengan modal awal Rp100.000. Prosesnya pun kini cukup  mudah karena sudah ada beberapa ecommerce atau marketplace yang menawarkan investasi reksa dana mulai dari Bibit, Bareksa, Tokopedia, bahkan juga bisa coba di platform OVO Invest mulai dari Rp10.000. Menarik ya!
 

3. Investasi Saham

Buat kalian yang sudah mulai familiar dengan berbagai jenis investasi dan ingin mencoba sesuatu yang lebih menarik, bisa segera coba untuk masuk ke instrumen saham. Saat ini, kalian sudah bisa memiliki saham perusahaan dengan modal mulai Rp100.000 loh.

Namun, untuk berinvestasi di saham ini harus ada pemahaman yang lebih dalam ya Genhype karena kita sendiri yang harus mengatur kemana dana investasi akan dialokasikan. Neda dnegan Reksa dana yang penempatan dananya sudah ada yang atur sehingga kita sebagai investor tinggal masukin uang dan menunggu hasilnya saja.

Jika kalian mau coba investasi di saham, maka harus benar-benar memahami profil risiko dan profil perusahaan atau emiten yang akan diinvestasikan. Pelajari juga analisis fundamental dan analisis teknikalnya supaya ngga boncos.
 

4. Investasi P2P Lending

Nah ini alternatif investasi yang saat ini cukup diminati kalangan milenial. Dalam Peer to Peer Lending ini, kita memberikan investasi sekaligus pemberi modal pinjaman bagi individu, umkm, maupun koperasi yang membutuhkan dana pinjaman dari perusahaan P2P Lending.

Sebagai investor, kalian akan mendapatkan imbal hasil dari bunga pinjaman. Sebetulnya konsep P2P Lending ini sudah cukup dikenal di masyarakat seperti pinjam meminjam uang, hanya saja ada imbal hasil yang diterima oleh pemberi pinjaman.

Untuk memulainya bisa dengan modal Rp100.000 saja dan kalian bisa memulainya kapan pun dan dimanapun. Namun jangan asal pilih ya, pastikan platform yang kalian pilih itu benar-benar terdaftar dan diawasi OJK.

Nah, itu dia tadi empat jenis investasi yang bisa kalian pilih dengan bermodalkan Rp100.000. Selamat mencoba yaa, tetapi jangan lupa untuk tetap mempelajari profil risiko dari masing-masing instrumen investasi yang akan dipilih.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

BLACKPINK Jadi Artis Pertama Raih 70 Juta Subscriber Youtube

BERIKUTNYA

Begini Cara Mengatasi Sakit Berkepanjangan Penyintas Covid-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: