Museum Konferensi Asia Afrika (Sumber gambar: Situs MKAA)

Daftar Destinasi Wisata di Bandung untuk Mengisi Libur Sekolah

25 June 2024   |   12:34 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Libur sekolah telah tiba. Salah satu daerah yang bisa menjadi destinasi wisata bagi Genhype untuk menghabiskan waktu liburan adalah Bandung. Daerah yang terkenal dengan sebutan Paris van Java itu memiliki beragam destinasi yang bisa menjadi pilihan bersama keluarga. 

Bandung yang terletak di Jawa Barat adalah daerah yang sudah menjadi langganan banyak wisatawan Nusantara berlibur. Selain mudah diakses lantaran banyak moda transportasi umum yang tersedia, daerah ini juga dekat bagi kalian yang tinggal di wilayah Jabodetabek. 

Baca juga: 5 Destinasi Glamping di Pangalengan Bandung yang Lagi Viral

Tidak hanya itu, kota ini juga memiliki beragam wisata, dari kuliner, budaya, belanja, sampai alam. Kalian dapat menikmati semuanya dengan biaya yang tidak terlalu besar lantaran biaya perjalanan yang cenderung lebih murah jika dibandingkan daerah lain yang harus menggunakan pesawat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa destinasi wisata di Bandung yang dapat dinikmati bersama dengan keluarga.


1. Saung Angklung Udjo 

Tempat wisata pertama yang tidak boleh dilewatkan oleh kalian ketika berkunjung ke Bandung adalah Saung Angklung Udjo yang terletak di jalan Padasuka Nomor 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul.

Saung ini telah ada sejak 1966 dan merupakan bukti dedikasi dari pendirinya untuk melestarikan seni dan budaya tradisional Sunda. Di tempat ini, kalian dapat menikmati pertunjukan musik dari alat musik angklung. Selain itu, kalian bersama keluarga juga dapat belajar tentang cara memainkan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu tersebut. 
 

2. Museum Konferensi Asia Afrika 


Selain Saung Angklung Udjo, Museum Konferensi Asia Afrika juga bisa menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga di kota Bandung. Di tempat ini, kalian bisa belajar tentang bersejarah dalam politik luar negeri Indonesia dan peristiwa besar bagi bangsa Indonesia. 

Genhype dapat menikmati beragam koleksi yang berada di ruang pameran tetap. Koleksi itu berupa benda-benda tiga dimensi dan foto-foto dokumenter peristiwa Pertemuan Tugu, Konferensi Kolombo, Konferensi Bogor, dan Konferensi Asia Afrika pada 1955.

Selain itu, di museum ini terdapat foto-foto mengenai peristiwa yang melatarbelakangi lahirnya Konferensi Asia Afrika; dampak Konferensi Asia Afrika bagi dunia internasional; gedung Merdeka dari masa ke masa; dan profil negara-negara peserta Konferensi Asia Afrika yang dimuat dalam multimedia. 
 

3. The Chinatown Bandung 

The Chinatown yang berada di Jl. Klenteng, Ciroyom, adalah destinasi wisata lain yang dapat menjadi pilihan Genhype untuk menghabiskan waktu libur sekolah di Bandung. Destinasi wisata yang satu ini akan membawa kalian merasakan suasana seperti di kota-kota China.

Kalian dapat menemukan ornamen khas China seperti lentera, kaligrafi, dan juga musik khas negara yang kerap dikenal sebagai Negeri Panda. Tidak hanya itu, beragam barang antik yang pernah digunakan oleh kakek dan nenek masyarakat di tempat ini juga dapat ditemukan di Museum Pecinan Bandung. 
 

4. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda 


Destinasi wisata lain yang tersedia di Bandung adalah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Genhype yang ingin merasakan suasana rindang taman dan pepohonan dapat mengunjungi tempat yang merupakan kawasan konservasi alam itu.

Di tempat ini, kalian dapat menemukan flora dan fauna seperti ayam hutan, burung kepodang, dan sebagainya. Tidak hanya itu, destinasi ini juga memiliki bangunan-bangunan bersejarah pada masa perjuangan. 
 

5. Museum Geologi

Jika kalian tertarik dengan bebatuan bumi yang pernah ada puluhan tahun silam, Museum Geologi rasanya cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di tempat ini juga, anak-anak dapat belajar banyak hal.

Dengan koleksi lebih dari 400.000 yang terdiri dari fosil, batuan, mineral, dan artefak, museum ini akan menjadi tempat menambah ilmu pengetahuan. Salah satu contoh koleksi yang ada di museum adalah batu dari ruang angkasa, yakni meteorit Jati-Pengilon.

Baca juga: 5 Desa Wisata di Bandung Cocok Buat Healing, Ada Alamendah dan Sugihmukti

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Penukaran Tiket Konser Treasure Relay Tour Reboot di Jakarta

BERIKUTNYA

Fakta Menarik Serial Sehati Semati, Menguak Misteri Surra

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: