Kiat memilih kos bagi para mahasiswa rantau. (Sumber: Pexels)

4 Hal yang Harus Mahasiswa Perhatikan Sebelum Memilih Kos

21 June 2024   |   18:00 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Memulai perkuliahan adalah babak baru yang menyenangkan bagi para mahasiswa. Namun di balik semangat dan antusiasme tersebut, banyak yang harus diperhitungkan oleh mahasiswa baru, apalagi untuk kalian yang merupakan perantau dari luar kota atau bahkan luar pulau.

Menjadi mahasiswa rantau artinya kalian harus memulai hidup jauh dari rumah dan melakukan apa pun secara mandiri. Mungkin, kalian berpikir hidup jauh dari rumah akan menyenangkan karena merasa lebih bebas. Namun, terdapat banyak tantangan yang akan menunggu kalian lo! 

Selain memperhitungkan barang apa saja yang harus dibawa atau uang saku bulanan, hal paling penting yang harus kalian perhatikan adalah kamar indekos atau kos. Aspek keterjangkauan pasti lah menjadi hal yang utama bagi mahasiswa rantau. Selama berkuliah, kalian juga pasti akan lebih banyak menghabiskan waktu di kos, daripada di rumah karena jarak yang jauh.

Oleh karena itu, jangan sampai kalian memilih hunian ya, Genhype! Berikut adalah 4 aspek yang harus kalian perhatikan dalam memilih kos. 

Baca juga: 4 Rekomendasi Side Job untuk Mahasiswa, Dapat Cuan Sari Mana Saja


1. Biaya kos

Sebelum memilih kos, sebaiknya kalian harus memiliki perencanaan biaya seperti rata-rata biaya hidup di tanah rantau. Jika sudah mengetahui rata-rata biaya hidup di tempat tersebut, maka kalian akan dapat memperhitungkan biaya yang cocok untuk pengeluaran rutin kos.

Pastikan apa yang kalian bayar sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya perabotannya juga ya, Genhype!


2. Privasi

Alasan lainnya kenapa kalian tidak boleh asal memilih kos adalah karena kamar kos merupakan tempat untuk beristirahat. Artinya, kalian pasti membutuhkan privasi dan ketenangan.

Oleh karena itu, sebelum memilih tempat kos, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu. Kalian harus mengetahui apakah di daerah tersebut cukup aman untuk ditinggali atau apakah ada tempat yang berpotensi berisik sehingga mengganggu privasi dan kenyamanan. 
 

3. Fasilitas dan akses 

Meskipun membutuhkan privasi dan ketenangan, bukan berarti kalian harus tinggal jauh dari penduduk lainnya. Ketika menjadi mahasiswa rantau, kalian pasti akan membutuhkan bantuan masyarakat sekitar apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, kalian juga harus memperhatikan kedekatan jarak antara kos kalian ke fasilitas di kota tersebut seperti puskesmas atau klinik, warung atau minimarket, dan tempat-tempat publik lainnya. 
 

4. Jam malam dan penjaga kos

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah jam malam. Sebagai mahasiswa, tidak jarang akan ada waktunya kalian harus pulang malam karena banyaknya kegiatan organisasi, kepanitiaan, atau sekadar kerja kelompok. Beberapa kos menerapkan jam malam bagi para penghuninya, di mana ketika melewati batas yang ditentukan, maka penghuni tidak dapat memasuki area kos karena gerbang kos telah dikunci.

Selain itu, penjaga kos juga perlu jadi pertimbangan memilih kos, karena beberapa di antaranya kerap menerapkan aturan yang membatasi ruang gerak penghuninya.

Oleh karena itu, sebelum memilih tempat kos alangkah baiknya jika kalian melakukan survei terlebih dahulu. Survei ini dapat kalian lakukan dengan datang langsung ke tempat kos tersebut, mencari daerah tempat kos di internet atau sosial media, dan bertanya pada orang di sekitar mengenai tempat kos yang dituju. 

Baca juga: 4 Ide Bisnis Modal Mini dan Untung Besar yang Cocok Buat Mahasiswa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mewah & Menguras Dompet, Ini 7 Kota Termahal di Dunia

BERIKUTNYA

Deretan Spot Instalasi & Pameran di Jakarta Sepanjang Juni 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: