Fokus pada perguruan tinggi yang dipilih saat telah memiliki gambaran perguruan tinggi yang akan dituju (sumber gambar ilustrasi: pexels/周 康)

Mau Kuliah? Yuk Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Memilih Perguruan Tinggi

03 August 2022   |   19:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah menuntaskan pendidikan di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajatnya, maka langkah selanjutnya yang harus dilalui oleh para pelajar adalah bersiap masuk ke perguruan tinggi, jika memilih untuk terus meneruskan pendidikan.

Berdasarkan rilis yang diterima Hypeabis.id dari PT PFI Mega Life Insurance, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dengan matang oleh individu, ketika mereka akan melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi seperti masuk universitas.

Pertimbangan ini menjadi penting lantaran akan menentukan profesi yang bakal dijalani oleh individu pada masa yang akan datang, dan juga tentu tujuan hidup yang sudah ditentukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat penting untuk diperhatikan saat memilih perguruan tinggi : 

Baca Juga : Daftar 10 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia 
 

Dukungan Keluarga

Para pelajar sebaiknya mendapatkan dukungan dari keluarga saat hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, lantaran langkah ini merupakan langkah yang sangat penting bagi individu.

Kalian bisa meminta saran dan rekomendasi dari keluarga tentang perguruan tinggi yang cocok, dan merupakan perguruan tinggi favorit. Tidak hanya itu, kalian juga dapat memperoleh dukungan secara finansial, mental, dan spiritual dari keluarga yang penting saat pendaftaran hingga penyelesaian kuliah. 
 

Konsultasi dengan Guru Sekolah

Saat hendak melanjutkan ke perguruan tinggi setelah selesai menempuh Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat, kalian juga dapat meminta saran atau berkonsultasi dengan guru yang ada di sekolah tentang seluk beluk kampus dan perkuliahan. 

Guru memiliki peran yang lebih dari sekedar mengajar dan memberikan nilai kepada siswa. Guru dapat menjadi sosok yang bisa dimintakan saran berkaitan dengan pendidikan tinggi sesuai dengan kemampuan siswa mengingat guru memiliki wawasan yang luas tentang dunia pendidikan.
 

Menghadiri Pameran Pendidikan

Pergi ke pameran pendidikan dapat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pe sebelum menempuh jenjang ke perguruan tinggi. Biasanya, menjelang penerimaan mahasiswa baru, terdapat banyak pameran pendidikan.

Di pameran tersebut, individu dapat bertemu dengan konselor penerimaan mahasiswa baru dan bertanya lebih detail guna mendapatkan wawasan baru terkait dengan universitas yang akan menjadi pilihan.
 

Fokus ke Perguran Tinggi yang Dituju

Setelah mendapatkan gambaran yang jelas mengenai persiapan masuk perguruan tinggi yang akan dituju, individu dapat menentukan dan mendaftar perguruan tinggi favorit yang akan menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Individu perlu fokus pada perguruan yang tinggi yang menjadi minat dan jurusan yang diinginkan. Perhatikan juga kualitas dari sisi akreditas, lokasi, dan biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk ke perguruan tinggi itu.
 

Biaya Perguruan Tinggi

Setiap tahun, biaya perguruan tinggi mengalami kenaikan berkisar 10 persen sampai 15 persen. Sejumlah komponen membuat biaya untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi dalam negeri kadang cukup fantastis. Salah satu cara menyiasati biaya perguruan tinggi yang tidak murah, adalah dengan mengikuti program beasiswa yang ditawarkan oleh kampus.

Kalian bisa mencari informasi mengenai beasiswa dari berbagai institusi bahkan sebelum periode perkuliahan di luar. Hal ini bisa dilakukan dengan mengecek mandiri di berbagai situs atau media sosial lembaga resmi, atau bertanya kepada pihak sekolah mengenai hal tersebut. 

Editor : Syaiful Millah 
 

SEBELUMNYA

Tertarik Franchise Martabak San Francisco? Simak Perhitungan Usahanya

BERIKUTNYA

Women’s Cycling Community Berdayakan Perempuan Lewat Bersepeda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: