Ilustrasi kerja tim antara mahasiswa. (Sumber gambar: Akson/Unsplash)

5 Langkah Persiapan Masuk ke Lingkungan Kerja

28 March 2022   |   19:07 WIB

Buat Genhype yang baru saja menyelesaikan skripsi dan tugas akhir, akan melakukan magang, atau baru saja wisuda, tentu tidak gampang ketika mulai berada dalam tahapan mencari pekerjaan. Berbagai persiapan bisa dicicil sejak awal pada saat masih berkuliah

Salah satunya adalah kemampuan soft skill untuk merencanakan pekerjaan. Mulai dari penyusunan kerangka hingga mengevaluasi, yuk simak lima cara untuk menyiapkan diri di dunia kerja sejak kuliah.
 

1. Buat target dan rencana

Menyusun rencana pekerjaan dan target adalah hal yang harus disusun sejak awal. Untuk melakukannya, Genhype bisa mulai mengumpulkan data-data untuk kerangka pekerjaan: riset, brainstorming, hasil diskusi grup, referensi dari proyek sejenis, dan lainnya.
 

2. Tentukan lingkup pekerjaan

Setelah mengumpulkan data, kini cara selanjutnya adalah membagi pekerjaan berdasarkan prioritas, baik saat bekerja sebagai individu atau dengan orang lain sebagai satu tim. Jangan lupa untuk mengidentifikasi pekerjaan sesuai tahapan dan skala secara proporsional agar seimbang.
 

3. Atur strategi waktu

Rencana bekerja tidak lengkap tanpa strategi pembagian waktu atau timeline, di mana jadwal menjadi salah satu bentuk perencanaan agar proyek bisa berjalan dengan sistematis. Kalau menemukan adanya pekerjaan yang lewat tenggat waktu, segera kerjakan hal tersebut agar tidak membebani pekerjaan selanjutnya dan juga anggota lain yang bekerja di dalam tim yang sama.
 

4. Buat rencana pengeluaran biaya

Rencana pengeluaran biaya atau budgeting juga tidak kalah penting untuk dibuat, karena adanya penetapan anggaran dasar bisa membantu mengatasi adanya pengeluaran tak terduga. Dalam membuatnya, tentukan biaya-biaya yang akan dikeluarkan dengan estimasi yang sesuai dengan hasil riset.
 

5. Pantau dan evaluasi jalannya pekerjaan

Setelah semua perencanaan dilakukan, kini saatnya mulai mengerjakan pekerjaan dan memantau jalannya pekerjaan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Ini bisa dilakukan dengan menunjuk individu untuk meninjau, mengevaluasi, hingga menyetujui dan menolak perubahan dalam hasil pekerjaan.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Luxcrime Buat Program Pemberdayaan Perempuan di NTT

BERIKUTNYA

5 Hal Penting sebelum Menjual Smartphone Lama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: