Ilustrasi perkuliahan. (Sumber gambar: Unsplash)

7 Jurusan Kuliah Paling Diminati Tahun Ini

25 June 2022   |   17:31 WIB

Setiap pertengahan tahun, seluruh perguruan tinggi di Indonesia akan menggelar pembukaan pendaftaran calon mahasiswa baru yang bervariasi dari berbagai jalur. Biasanya, bersamaan dengan ini para siswa yang telah menginjak pendidikan SMA atau sederajat akan mulai mempersiapkan rencana perkuliahannya.

Salah satu persiapan yang penting adalah pemilihan jurusan, di mana hal ini merupakan hal yang dipertimbangkan secara matang oleh diri sendiri. Kadang, dalam beberapa kasus pilihan jurusan memiliki campur tangan orang tua, pengaruh dari sahabat atau teman, hingga keinginan diri sendiri.

Baca juga: Ini 4 Hal Penting biar Enggak Galau setelah Lulus Kuliah

Riset dari Aku Pintar dan Katadata Insight Center pada Maret 2021 mengumpulkan jawaban dari 1.153 siswa berusia 15-18 tahun dari 32 provinsi. Hasilnya, setidaknya ada 17 jawaban tentang jurusan kuliah yang hadir dengan tujuh di antaranya dirincikan di bawah ini.
 

1. Teknik

Riset ini menunjukkan bahwa pada 2021, setidaknya 16,2 persen siswa berminat untuk mengambil jurusan Teknik. Jurusan atau program studi ini sendiri memiliki beberapa cabang, di mana jurusan yang cukup umum dikenal masyarakat adalah teknik sipil, arsitektur, teknik kimia, teknik mesin, hingga yang jarang muncul dalam daftar program studi ini adalah teknik nuklir dan teknik perkapalan.
 

2. Pendidikan/Keguruan

Jurusan pendidikan menjadi jurusan kedua yang diminati siswa dengan 7,4 persen peminat. Biasanya, jurusan ini mencakup pendidikan berdasarkan usia atau berdasarkan mata pelajaran seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Luar Biasa, dan lain-lain.
 

3. Kedokteran

Kedokteran merupakan jurusan kuliah yang cukup populer sejak lama dan merupakan incaran sebagian siswa, terutama mereka yang mengambil jurusan Ilmu Pendidikan Alam saat SMA dengan 7,3 persen peminat. Umumnya, jurusan ini mencakup beberapa program studi seperti Pendidikan Dokter (umum), Pendidikan Dokter Hewan, dan Pendidikan Dokter Gigi.

Baca juga: Dicari! Industri Game Butuh Lulusan dari Jurusan Ini


4. Manajemen

Berfokus pada pembelajaran tentang kegiatan perusahaan dan korporasi, jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang masih terkait dengan ilmu teknologi dan bisnis. Diminati oleh 6,3 persen siswa, jurusan ini akan mendalami tentang kebijakan manajemen perusahaan, strategi bisnis, manajemen produksi, hingga administrasi dan organisasi nirlaba.


5. Akuntansi

Masih dalam lanskap ilmu ekonomi dan bisnis, akuntansi merupakan jurusan perkuliahan yang diminati oleh 5,9 persen siswa. Biasanya, jurusan yang identik dengan angka ini memiliki kedekatan pada keuangan melalui pencatatan dan penyusunan laporan untuk manajemen, perpajakan, hingga pengauditan.
 

6. Psikologi

Diminati oleh 5,9 persen siswa, jurusan ini biasanya akan mempelajari manusia dalam aspek jiwa dan perilaku yang mempengaruhi tindakannya. Beberapa aspek yang dilihat adalah konteks sosial dan konteks industri dengan melihat manusia dengan lingkungan sosial dan posisi di perusahaan. Biasanya, beberapa konsentrasi atau peminatan yang sering dijumpai adalah Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, serta Psikologi Industri dan Organisasi.

Baca juga: 3 Negara Destinasi Kuliah Favorit Pelajar Indonesia
 

7. Ilmu Komputer

Dengan peminat dari kalangan siswa sebesar 5,1 persen, jurusan Ilmu Komputer identik dengan pemrograman komputer seperti mulai dari sistem perangkat lunak, server, hingga aplikasi. Beberapa bidang yang sering ditemui adalah Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi yang biasanya akan melibatkan sistem komputasi dan perangkat komputer.

Selain tujuh jurusan di atas, jurusan lain yang juga diincar adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) (4,1 persen), Bahasa & Sastra (3,5 persen), Ekonomi (3,4 persen), Hukum (3,4 persen), Farmasi (2,2 persen), Komunikasi (2,2 persen), Administrasi (2,1 persen), dan Pertanian (2,1 persen).

Responden lain sebanyak 14,3 persen hanya menjawab pilihan lain dan 8,4 persen mengatakan tidak atau belum mengetahui jurusan yang akan diambilnya saat kuliah.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

SUV Baru Hasil Perkawinan Toyota & Suzuki Segera Diproduksi

BERIKUTNYA

Overwatch 2 Bakal Gantikan Game Sebelumnya, Begini Penjelasannya 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: