Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mencari kos (Sumber gambar: Unsplah/Mateusz suski)

5 Kiat Cari Kamar Kos Nyaman Supaya Tidak Sering Pindah, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

03 September 2022   |   18:30 WIB

Memilih dan mencari tempat indekos/kos/kosan memang gampang-gampang susah. Tidak terkecuali bagi para calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di luar kota, atau bagi seseorang yang memutuskan untuk merantau ke luar daerah.

Ibarat rumah kedua, kos akan menjadi tempat tinggal dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, memilih kamar kos memang perlu dilakuan dengan selektif dan tidak asal-asalan, agar mendapatkan tepat hunian yang meskipun terbatas tapi tetapi nyaman untuk ditinggali sehari-hari.

Sebab, jika kamu memilih tempat indekos secara serampangan, ujung-ujungnya tidak akan betah. Lalu dengan berbagai alasan akhirnya kita cenderung ingin segera pindah kos. Tentu saja selain membuang waktu hal itu juga merepotkan.

Nah, agar tidak salah dalam menentukan tempat kos mana yang dipilih, Genhype bisa mengikuti langkah-langkah berikut agar tidak terlalu sering pindah indekos dan tetap fokus untuk mengejar cita-cita atau target yang dituju: 

Baca juga: 5 Ide Desain Interior Low Bujet Buat Mahasiswa, Anak Kos Wajib Simak 


1. Sesuaikan dengan Bujet 

Hal yang pertama harus dilakukan sebelum mencari tempat indekos adalah menyesuaikan bujet sewa kos dengan uang yang dimiliki. Jangan sampai uang bulananmu habis hanya untuk membayar sewa kos, karena masih ada keperluan lain yang juga harus diperhatikan.  Termasuk biaya hidup sehari-hari atau pembayaran uang semester.

Secara umum tersedia berbagai rentang waktu sewa kos dari mulai bulanan hingga tahunan. Jika belum yakin dengan kos tersebut kamu bisa menyewanya dalam bentuk bulanan. Namun kamu juga bisa menyewa kos secara tahunan jika takut uangnya justru habis digunakan untuk kebutuhan lain.
 

2. Pertimbangkan Jarak Kos 

Faktor ini menjadi pertimbangan krusial saat kamu mencari tempat indekos. Jarak tempat kos dengan tempat yang dituju baik itu kampus atau tempat kerja  juga harus dilihat, apakah membutuhkan alat transportasi atau cukup dengan berjalan kaki. 

Kos yang dekat dari lokasi kerja atau kampus akan memudahkan aktifitas kalian. Namun bila mendapatkan tempat kos yang agak jauh, perhatikan juga akses transportasi yang paling efektif. Misal dengan memilih tempat kos yang dekat dengan terminal, halte atau stasiun.
 

3. Lihat Kondisi Kamar Kos

Lantaran sebagian besar waktu akan dihabiskan di kamar kos, ada baiknya juga  Genhype melihat kondisinya terlebih dulu. Periksa apakah pencahayaan di kamar kos sudah cukup baik atau belum. Perhatikan juga tingkat kebersihan baik itu toilet, saluran pembuangan, dan ruangan lain di dalamnya.

Selain itu, ventilasi di kamar kos juga perlu menjadi pertimbangan. Apakah terdapat jendela dan jalusi di kamar kos yang akan disewa atau tidak. Karena selain dapat menjadi jalur sirkulasi udara dan penerangan alami, lubang ventilasi dapat membuat kamar kos tidak pengap dan panas. 

Baca juga: 5 Stok Makanan Anak Kos yang Wajib Kalian Simpan di Kamar 
 

4. Tentukan Fasilitas dan Kebutuhan

Menentukan fasilitas dan kebutuhan kos juga perlu menjadi bahan pertimbangan kamu. Secara umum ada indekos yang menyewakan tempat kosongan atau hanya dengan tempat tidur dan almari pakaian saja. Ada pula yang menyediakan fasilitas kamar mandi di dalam untuk kamu yang tidak ingin berebut dengan penghuni lain.

Tentunya semakin lengkap fasilitas baik itu AC, kipas angin, televisi hingga internet yang diberikan biaya sewanya pun akan semakin tinggi. Namun untuk menyiasati ini Genhype bisa mencari kamar kos yang bisa disewa 2-3 orang dalam satu kamar.
 

5. Lihat Keamanan Lingkungan

Keamanan lingkungan tempat kamu menyewa kos juga patut diperhatikan loh Genhype. Kos yang aman selain membuat penghuni tenang saat tidak di lokasi, juga dapat menghindarkan kita dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya barang yang hilang atau ketakutan-ketakutan lain.

Untuk menyiasati ini pilihlah tempat sewa kos yang sudah dilengkapi kamera CCTV atau satpam yang berjaga 24 jam nonstop. Selain dapat memberikan rasa aman, kamu tentunya juga akan betah karena lingkungan indekos kalian didukung dengan sekuritas yang memadahi.

Itulah dia Genhype 5 tip mencari tempat indekos agar kalian tidak terlalu sering pindah sehingga dapat fokus mencapai target yang dituju. Jadi sudah siap mencari tempat kos?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Intip 6 Rekomendasi Tas Kuliah atau Kerja, Muat Banyak Barang & Tetap Simpel

BERIKUTNYA

4 Resep Lezat Andalan Anak Kos, Cukup Masak Pakai Rice Cooker

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: