Ilustrasi kamar kos (The Creative Exchange - Unsplash)

Perhatikan 6 Hal Ini agar Kamar Kos Terasa Nyaman

01 October 2021   |   07:32 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Di kota besar seperti Jakarta, tinggal di kamar kos adalah sebuah pilihan logis. Harga sewanya relatif terjangkau dan posisinya strategis. Hanya saja, kekurangan dari kamar kos ini adalah luasnya seringkali terbatas, sehingga para pemiliknya harus memutar otak jika hendak menatanya.

Bagaimana pun, kamar kos adalah rumah kedua kita di perantauan, sehingga perlu dibuat nyaman. Perlu diingat pula keterbatasan yang ada bukanlah penghalang bagi kita untuk menghadirkan kamar kos nyaman. Kita masih bisa menghadirkan kenyamanan di kamar kos, asalkan tahu cara penataannya.  

Berikut Hypeabis.id rangkum bagi kalian tentang kiat menata kamar kos yang nyaman. 
 

Elemen Kamar

Hal pertama yang harus dicermati dalam mengatur kamar kos agar terkesan rapih dan luas, yaitu letak jendela, pintu, dan sirkulasi gerak dalam ruangan. Rencanakan tata letak furnitur terhadap kondisi terakhir kamar tersebut. Adapun, elemen prioritas adalah warna dan kebutuhan furnitur pokok penghuni kamar.

Furnitur

Kalian disarankan agar memilih perabotan multifungsi. Sebab perabotan ini memiliki tidak banyak memakan tepat, mengingat luas kamar kos terbatas. Umpamanya, bangku sebagai tempat duduk tetapi juga sebagai penyimpanan di bagian bawahnya. Untuk gaya furniturnya sebaiknya style bergaya modern, sederhana, dan langsing.

Kalian juga mesti jauhi peletakan furnitur yang menghalangi pandangan dan pencahayaan di dalam ruang kos, karena akan memunculkan kesan sempit.

Partisi

Jika kalian membutuhkan sekat atau partisi untuk menata kamar kos maka baiknya gunakan yang transparan. Hal ini supaya kamar kalian tidak terasa sempit.

Warna Terang

Warna-warna cerah diyakini dapat memunculkan efek luas pada sebuah ruangan. Mengingat kamar kos sebagai tempat beristirahat, kalian bisa memilih warna-warna teduh seperti ivory, light gray, dan putih. Selain warna panel cermin atau cermin gantung pada dinding juga bisa menambah kesan luas pada kamar.

Penataan Dinding

Untuk bagian ini, ada baiknya dimunculkan aksen pada satu bidang. Kalian bisa mencobanya dengan membedakan warna atau material pada area ini. Selain itu kalian juga bisa mengatur penempatan rak dinding untuk buku atau pernak-pernik, dikombinasikan dengan kabinet tertutup.

Penempatan Pakaian

Nah soal pakaian ini juga tak boleh kalian abaikan. Seringkali sesudah beraktivitas, kita menggantung begitu saja pakaian di dinding. Tak jarang pakaian tersebut menumpuk. Jika kalian menginginkan kenyamanan, baiknya dikurangi kebiasaan tersebut deh. Sebab hal itu bisa bikin kamar sumpek dan sempit, serta tidak sehat. Kalian bisa langsung menaruh pakaian kotor pada kotak laundry.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Kasus & Misteri Menegangkan dalam Teaser Drama Korea Chimera

BERIKUTNYA

Raisa Jadi Partner Resmi Brand Lancôme di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: