Ilustrasi berbisnis (Sumber gambar: Microsoft 365/Unsplash)

4 Ide Bisnis Modal Mini dan Untung Besar yang Cocok Buat Mahasiswa

17 February 2024   |   18:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Semangat entrepreneurship makin meluas di kalangan anak muda. Tak sedikit mahasiswa yang memanfaatkan waktu luangnya untuk berbisnis, sembari menjalani studinya di perkuliahan. Bagi mahasiswa, diperlukan langkah tepat untuk mencari jenis bisnis dengan modal yang ramah di kantong dan waktu yang fleksibel.

Ide berbisnis bagi kalangan mahasiswa bisa dimulai dari penjualan produk hingga jasa kekinian yang lagi banyak diburu. 

Baca juga: Resep Siomay Ayam Udang ala Chef Devina Hermawan, Bisa Jadi Ide Bisnis Kuliner

Agar tak bingung, kali ini Hypeabis.id merangkum beberapa ide bisnis menguntungkan pada 2024 untuk kalangan mahasiswa. Yuk simak!


1. Jualan Produk Merchandise

Merebaknya budaya populer Korea Selatan dan Jepang saat ini bisa menjadi celah baru untuk berbisnis di kalangan mahasiswa. Penjualan produk-produk merchanide buatan tangan (handmade) dengan konsep K-Pop, K-Drama, hingga anime pun kian ramai mewarnai event-event konsep budaya populer di Indonesia.

Genhype bisa memanfaatkan ide bisnis ini untuk mendulang cuan dengan modal awal di bawa Rp500.000. Genhype bisa menjual ragam merchandise sederhana seperti kipas, bando, pengikat kepala, poster, dan lainnya yang kemudian dijual sesuai dengan target kebutuhan pasar.
 

2. Jualan Makanan Ringan

Sudah lama menjadi tren bisnis, ide berjualan makanan ringan atau camilan boleh dibilang belum kunjung mati. Selain membutuhkan modal yang sedikit, ide menjual makanan ini juga mampu mengeruk pasar yang besar. Boleh dibilang, peminat makanan ringan ini akan terus ada loh! Genhype bisa memanfaatkannya dengan mejual makanan yang sedang ramai atau viral.

Beberapa ide bisnis makanan ringan yang bisa dicoba antara lain keripik, kerupuk, kue-kue, hingga cokelat. Genhype bisa memulai bisnis makanan ringan dengan modal mulai dari Rp200.000 saja. Untuk mendapatkan cuan yang maksimal, kamu bisa memasarkannya di lingkungan kampus di samping menjualnya secara online.
 

3. Jasa Fotografi & Videografi

Jasa fotografi dan videografi makin diperlukan di era serba digital. Kebutuhan mengabadikan momen ini cukup diburu oleh berbagai segmentasi peminat, misalnya untuk kebutuhan pre-wedding, wedding, hingga newborn. Menariknya, ide bisnis ini bisa dimulai dari hobi loh Genhype! Sembari menjalankan hobi, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari pundi uang.

Kalian bisa menjemput bola dengan menawarkan jasamu kepada mereka yang hendak mengadakan acara, atau para pebisnis makanan yang sedang mencari jasa fotografi untuk katalog produk. Tips bagi yang baru memulai, Genhype bisa mematok harga miring untuk permulaan sembari mengumpulkan portofolio.
 

4. Jasa Desain Grafis

Tren bisnis digital juga beriringan dengan jasa desain grafis yang kian diburu. Tentu saja, celah ini bsia dimanfaatkan untuk berbasis terutamanya bagi mahasiswa dari jurusan desain grafis. Namun, kamu yang tidka berada di jurusan serupa bisa belajar secara otodidak untuk mempertajam skill desain grafis ini. Biasanya, desain grafis berkenaan dengan pembuatan logo, poster, hingga brosur. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Ide Bisnis Minuman, Bahan-bahannya Mudah Didapatkan

Tak perlu modal banyak, Genhype hanya memerlukan modal skill dan kemampuan negosisasi dengan klien untuk terjun di bisnis ini. Kamu bisa mendapat bayaran mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk karya-karya desain grafis ini loh!

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Film Women from Rote Island Tayang di Bioskop 6 Negara

BERIKUTNYA

Moms, Yuk Kenali Manfaat Menstimulasi Bayi Melalui Pijatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: