Jersey timnas Indonesia (Sumber gambar: Instagram/erspo.official)

Logo Timnas Indonesia dari Masa ke Masa

20 June 2024   |   16:34 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Baru-baru ini jersei tim nasional (timnas) Indonesia kembali jadi sorotan publik. Bukan lagi soal desain, kali ini polemik muncul karena logo Garuda yang melekat di jersei timnas Indonesia didaftarkan sebagai Hak Paten atau Milik (HAKI) di Kementerian Hukum dan HAM.

HAKI logo Garuda jersey timnas Indonesia saat ini dimiliki oleh perorangan dan PSSI. HAKI Logo Garuda jersey produksi Mills terdaftar sebagai milik PSSI, sedangkan logo Garuda jersey produksi Erspo didaftarkan oleh CEO Erspo Muhammad Sadad dan PSSI.

Baca juga:  5 Film Tentang Perjuangan Putra Bangsa Membela Timnas Indonesia

Saat ini sejumlah stakeholder terkait tengah mencoba menyelesaikan permasalahan tersebut. Namun, di balik polemik yang terjadi, logo Garuda sejatinya adalah lambang negara yang sakral, tak terkecuali ketika menempel di jersey timnas Indonesia.

Logo Garuda telah menemani jatuh bangun perjuangan para pemain Indonesia dalam berbagai laga penting. Untuk itu, marwah logo Garuda sudah seyogyanya untuk dijaga dengan baik.

Logo Garuda telah dipakai sebagai emblem timnas Indonesia dalam kurun waktu yang sangat lama. Alih-alih memakai emblem federasi seperti timnas negara lain, timnas Indonesia memang selalu setia mempertahankan logo Garuda di jerseynya.

Seiring dengan pergantian official apparel, logo Garuda di jersey timnas Indonesia juga senantiasa mengalami perubahan. Evolusi itu terjadi secara bertahap, tetapi tanpa menghilangkan esensi utamanya.
 

Hal itu misalnya dapat dilihat pada jersey timnas Indonesia pada 1991. Saat berlaga di SEA Games di Manila, logo Garuda menempel di dada kiri dari pemain. Jersey produksi Adidas ini juga menjadi salah satu yang paling ikonik.

Selain karena Indonesia berhasil menang di SEA Games 1991, emblem Garuda yang ditampilkan dengan unik. Logo Garuda tersebut dibalut sebuah perisai dengan garis dipinggirnya berwarna putih.

Perisai tersebut memiliki dua latar warna, yakni merah di bagian atas dan putih di bagian bawah. Pemilihan warna ini tampak mencerminkan bendera Indonesia.
 

Emblem Garuda mengalami perubahan signifikan padaera 1996. Dalam ajang Piala Asia 1996, timnas Indonesia memakai official apparel Asics. Dalam jersey tersebut, logo Garuda terletak di dada sebelah kiri pemain.

Logo Garuda tersebut tampak ikonik, karena Asics menambahkan beberapa detail menarik. Emblem Garuda tersebut dibalut desain lingkaran berwarna latar putih, dengan sedikit aksen merah.

Hal ini membuat logo Garuda terlihat sedikit timbul. Penambahan warna putih di lingkaran tersebut juga membuat emblem Garuda seperti diberi spot khusus yang istimewa.

Beralih ke era 200a-an, emblem logo timnas Indonesia juga berubah. Masih memakai logo Garuda, tetapi kali ini dibalut dengan lingkaran berwarna hitam. Pada era ini, timnas Indonesia mulai bekerja sama dengan Nike.

Logo Garuda yang dibalut lingkaran berwarna hitam membuat penampilan jersey timnas Indonesia tampak lebih segar. Aksen warna hitam juga menciptakan efek kesangaran yang bisa membantu para pemain bermain lebih semangat.

Model emblem seperti ini bertahan cukup lama, setidaknya sampai era 2003-an. Setelah itu, perubahan kembali terjadi pada logo Garuda. Salah satu yang juga menarik terjadi pada era 2007-an.

Pada masa ini, logo Garuda ditempel begitu saja di jersey. Tanpa ada aksen lingkaran atau perisai lagi, logo Garuda benar-benar dibiarkan menempel sendirian. Emblem ini membuat logo Garuda jadi lebih murni.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MILLS (@millssportid)


Pada era 2022-an, logo Garuda di timnas Indonesia kembali dibungkus dengan perisai dengan aksen pendar cahaya. Kali ini, timnas Indonesia bekerja sama dengan official apparel lokal Mills. Logo Garuda yang dibalut perisai membuat jersey timnas Indonesia berhasil tampil elegan.

Menurut keterangan Mills, perisai lambang perjuangan, pertahanan, dan perlindungan untuk mencapai perlindungan. Adapun pendar cahaya melambangkan harapan supaya timnas Indonesia bersinar.
 
Sementara itu, jersey timnas Indonesia terbaru pada 2024 bekerja sama dengan official apparel lokal Erspo. Emblem Garuda kembali dibalut oleh perisai, tetapi memiliki beberapa perbedaan signifikan dibanding terdahulu.

Jersey ini diketahui terinspirasi ketika timnas Indonesia menang 2-0 melawan Jepang dalam laga persahabatan 1981. Keberadaan jersey ini diharapkan makin membawa timnas Indonesia menuju era kejayaan kembali.

Baca juga:  Begini Alur Kualifikasi Zona Asia Agar Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Editor: Puput Ady Sukarno

 

SEBELUMNYA

Review Film Inside Out 2: Saat Riley Remaja Bertemu Empat Emosi Baru

BERIKUTNYA

Mewah & Menguras Dompet, Ini 7 Kota Termahal di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: