Pemain Timnas Indonesia (Sumber gambar: Instagram.com/PSSI)

Hitung-Hitungan Peluang Indonesia Jadi Juara Grup A Piala AFF 2022

29 December 2022   |   15:26 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, Timnas Indonesia berpeluang besar menjadi juara Grup A Piala AFF 2022. Sebab, Indonesia selalu berhasil meraih poin penuh dalam 2 laga yang sudah dilaluinya. Penampilan impresif Indonesia membuat tim asuhan Shin Tae Yong tersebut kini telah mengumpulkan 6 poin.

Jumlah poin tersebut sama dengan yang diraih Thailand. Jumlah gol antara Indonesia dan Thailand juga kembar, yakni sama-sama telah mengoleksi 9 gol.

Namun, Thailand lebih berhak berada di peringkat 1 sementara waktu karena unggul selisih gol. Dalam 2 pertandingan yang sudah dilakoni, Thailand belum pernah kebobolan, sedangkan Indonesia kebobolan sekali.

Indonesia dan Thailand pun saat ini bersaing ketat untuk menentukan siapa yang layak menjadi juara grup. Dibandingkan dengan tim lain dari Grup A, Indonesia dan Thailand punya peluang lebih besar menjadi juara grup.

Tim-tim lain dari grup A, seperti Kamboja baru mengoleksi 3 poin dari 2 laga yang sudah dimainkan. Filipina juga baru mengoleksi 3 poin dari 3 laga yang sudah dilaluinya. Sementara itu, Brunei Darussalam menjadi tim yang belum mendapatkan poin karena selalu mengalami kekalahan dalam 3 pertandingan yang sudah dilewatinya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)



Praktis, Indonesia dan Thailand kini jadi kandidat kuat juara Grup A. Penentuan siapa yang berhak menjadi juara Grup A tersebut tampaknya akan berakhir sebentar lagi.

Sebab, Indonesia dan Thailand akan bertanding pada sore ini, Kamis 29 Desember 2022, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Laga ini sangat penting karena siapa pun yang menang berpeluang besar menjadi juara Grup A.

Meski setelah ini Thailand dan Indonesia masih menyisakan 1 laga lagi, tampaknya jumlah poin yang akan diraih tidak akan jauh berbeda.

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengatakan, pertandingan Indonesia vs Thailand akan berjalan sengit. Menurut dia, melawan Thailand adalah ujian sesungguhnya bagi Indonesia.

Baca juga: Harga & Cara Beli Tiket Indonesia vs Thailand di Piala AFF Pada 29 Desember 2022

Indonesia boleh menang saat melawan Kamboja dan Brunei Darussalam. Namun, Thailand adalah tim berbeda. Tim Gajah Perang tersebut pernah mengalahkan Indonesia dengan skor 4-0 pada laga leg pertama final Piala AFF 2022. Adapun pada leg kedua, Indonesia hanya mampu menahan imbang 2-2.

Meskipun demikian, pria yang akrab disapa Bung Ropan itu optimistis Indonesia akan menampilkan penampilan apik di hadapan pendukungnya sendiri. Dia meminta para pemain Timnas Indonesia untuk tidak gerogi dan menjauhi mindset inferior.

“Tak perlu lagi menganggap Thailand adalah tim yang selalu berhasil mengalahkan Indonesia. Fokus saja ke pertandingan dan tidak boleh kalah mental,” ujar Bung Ropan.

Dengan motivasi yang baik, performa Timnas Indonesia akan terangkat. Bung Ropan mengatakan bahwa ini adalah saatnya seluruh pemain untuk bersatu di dalam suatu tim.

Para pemain mesti bermain kolektif dan merendahkan ego. Pada pertandingan penting seperti saat ini, para pemain tidak perlu bermain sendiri hanya untuk memperlihatkan kehebatan pribadi.

Menurut Bung Ropan, kerja sama adalah kunci untuk membobol gawang Thailand. Dengan passing yang efektif, pemain depan Indonesia akan lebih mudah untuk mencetak gol.

Secara materi pemain, Bung Ropan cukup optimistis dengan Indonesia. Sebab, Indonesia kini kedatangan pemain naturalisasi Jordi Amat. Kemudian, Spaso juga telah kembali bermain di Timnas Indonesia.

Baca juga: Babak kualifikasi grup Piala AFF, Thailand Akan Menjadi Lawan Berat Bagi Indonesia


Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

“Pak Ogah” Meninggal Dunia, Intip Sejarah Boneka Si Unyil

BERIKUTNYA

Asyik, Film Dokumenter Legenda Marvel Stan Lee Siap Dirilis Tahun Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: