Timnas Indonesia (Sumber gambar: Instagram.com/PSSI)

Tidak Diperkuat Jordi Amat, Timnas Indonesia Siapkan Kejutan

02 January 2023   |   17:48 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim Nasional Indonesia harus menerima kabar buruk jelang menghadapi Filipina pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022.  Sebab, Timnas Indonesia tidak bisa memainkan salah satu pemain kuncinya pada laga pamungkas tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memastikan Jordi Amat absen pada laga melawan Filipina. Padahal, keberadaan tulang punggung lini belakang Indonesia itu begitu penting. Timnas Indonesia pun harus berputar otak agar lini belakangnya tetap kokoh saat melawan Filipina di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/1/2023).

Baca juga: Melihat Skenario Indonesia Lolos Semifinal atau Gugur dari Piala AFF 2022

Jordi Amat tidak bisa tampil bersama Asnawi dan kawan-kawan karena terkena akumulasi kartu kuning. Pemain asal Johor Darul Ta’zim itu telah menerima dua kartu kuning sehingga tak bisa main pada saat laga melawan Filipina.

Kartu kuning pertama Jordi diterimanya saat laga melawan Kamboja. Kemudian, dirinya kembali mendapatkan kartu kuning saat laga melawan Thailand.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)



Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan, dalam akun Youtube-nya, mengatakan mungkin saja Shin Tae Yong akan mengubah permainan lini belakang Indonesia. Perubahan itu bisa hanya memainkan 3 pemain belakang saja.

Meski tanpa Jordi, Indonesia sebenarnya masih punya beberapa pemain belakang yang andal. Misalnya, Hansamu Yama, Fachrudin, dan Rizky Ridho. Menurut Bung Ropan, skenario yang akan dipakai ialah 3-4-4.

Dengan tiga pemain belakang, Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan akan sedikit didorong ke depan. Mereka akan membantu menghidupkan permainan di area tengah. Adapun 3 pemain depannya, ialah Ilija Spasojevic, Egi Maulana, dan Witan Sulaeman.

“Namun, tentu STY lebih tahu komposisi pemain mana yang lebih pas untuk dimainkan. Pasti akan ada kejutan-kejutan karena selalu strateginya sulit ditebak,” ujar Bung Ropan.

Bung Ropan mengatakan secara kualitas Indonesia unggul dari Filipina. Namun, Timnas Indonesia tidak boleh menganggap remeh Filipina, terlebih mereka bermain di kandang sendiri.

Di sisi lain, Filipina termasuk tim yang sudah dipastikan tidak lolos ke babak semifinal. Oleh karena itu, mereka akan menghadapi Timnas Indonesia tanpa beban apa pun.

Dengan bermain lepas, bukan tidak mungkin Filipina akan membahayakan pertahanan Indonesia. Terlebih, mereka juga punya lini serang yang cukup baik. Saat bermain di kandang, Filipina mampu menjebol gawang Brunei Darussalam sebanyak 5 kali.

Namun, kekuatan tim Filipina ternyata tidak berlanjut ke tim lain di Grup A Piala AFF 2022. Mereka justru harus mengakui kekalahannya saat melawan Kamboja dengan skor 2-3.

Filipina juga harus kalah dengan skor telak 4-0 saat melawan Thailand. Kini, mereka harus menghadapi Indonesia kemarin mampu menahan imbang Thailand.

Menurut Bung Ropan, kemenangan tipis 2-0 atas Filipina sudah cukup baik bagi Indonesia. Meski menang tipis, Indonesia bisa langsung mengunci tiket ke semi final Piala AFF 2022.

Namun, jika ada kesempatan mencetak gol lebih banyak, Timnas Indonesia harus benar-benar memanfaatkan peluang tersebut. Dengan mencetak gol lebih banyak, peluang skuat Garuda menjadi juara grup jauh lebih besar.

Baca juga: Begini Strategi Shin Tae-yong di Piala AFF 2022, Indonesia vs Filipina

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Melihat Skenario Indonesia Lolos Semifinal atau Gugur dari Piala AFF 2022

BERIKUTNYA

10 Tim Esports Terpopuler di Dunia 2022: Ada EVOS, ONIC & RRQ dari Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: