Timnas Indonesia (Sumber gambar: Instagram.com/PSSI)

Melihat Skenario Indonesia Lolos Semifinal atau Gugur dari Piala AFF 2022

02 January 2023   |   17:18 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Persaingan Grup A Piala AFF 2022 berjalan sangat ketat. Hingga saat ini, belum ada 1 tim pun yang dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Penentuan siapa tim yang berhak lolos ke semifinal akan ditentukan setelah pertandingan pamungkas di Grup A selesai digelar.

Pada hari ini, Senin (02/01/2023), dua pertandingan krusial akan digelar. Timnas Indonesia akan melawan Filipina di Rizal Memoriam Stadium, Manila. Sementara itu, Thailand juga akan berjumpa Kamboja di Stadion Thammasat.

Baca juga: Begini Strategi Shin Tae-yong di Piala AFF 2022, Indonesia vs Filipina

Dua pertandingan tersebut akan digelar pada waktu yang sama untuk menghindari main mata di antara tim-tim tersebut. Harapannya, pertandingan akan berjalan dengan seru sekaligus menjunjung tinggi fair play.
Klasemen Sementara Grup A

Saat ini Indonesia, Thailand, dan Kamboja sama-sama berpeluang untuk menjadi juara Grup A dan lolos ke babak semifinal. Tiga tim tersebut saling berebut kursi jawara dan runner up agar bisa lolos ke babak selanjutnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)



Timnas Thailand sejauh ini memimpin Grup A dengan perolehan 7 poin. Dari tiga pertandingan yang sudah digelar, Thailand berhasil meraih 2 kemenangan dan 1 kali hasil imbang. Mereka bisa mengumpulkan 10 gol dengan hanya kebobolan satu kali.

Timnas Indonesia menempel ketat Thailand dengan duduk di peringkat kedua Grup A Piala AFF 2022. Indonesia sebenarnya memiliki poin yang sama dengan Thailand, yakni 7 poin. Namun, Indonesia kalah jumlah gol dari Thailand sehingga harus rela duduk di peringkat kedua.

Sementara itu, Timnas Kamboja secara mengejutkan ikut menempel ketat Thailand dan Indonesia. Kamboja saat ini duduk di peringkat ketiga dengan jumlah 6 poin. Praktis, hanya selisih 1 poin dari Thailand dan Indonesia.
 

Skenario Tim yang Lolos ke Semifinal

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi Indonesia jika ingin lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022. Timnas Indonesia wajib menang dan meraih tiga angka pada laga pamungkas. Dengan mengalahkan Filipina, Indonesia tidak perlu terlalu memikirkan hasil pertandingan lain.

Sebab, apa pun hasil pertandingan antara Thailand vs Kamboja, Indonesia akan tetap lolos ke semifinal. Indonesia hanya tinggal berhitung jumlah poin dan jumlah gol untuk memperebutkan status juara grup.

Jika Indonesia mengincar juara grup, tim asuhan Shin Tae Yong harus mampu mencetak 2 gol lebih banyak dibanding Thailand. Jadi, ketika Timnas Thailand mampu menang 2-0 atas Kamboja, Indonesia harus mampu 4-0 atau lebih dari Filipina. Dengan demikian, Indonesia akan unggul selisih gol.

Namun, Indonesia akan menjadi juara grup dengan mudah jika Thailand ditahan imbang atau bahkan kalah dari Kamboja. Dengan skenario ini, Indonesia bisa jadi juara grup hanya dengan syarat menang dengan Filipina.

Petaka datang jika Indonesia dikalahkan Filipina. Timnas Indonesia akan sangat bergantung dari pertandingan Thailand vs Kamboja. Jika Kamboja mengalahkan Thailand, Indonesia sangat mungkin gagal lolos ke semifinal. Terlebih, Thailand sampai saat ini masih unggul dalam selisih gol atas Indonesia.

Baca juga: Rekor Head to Head Indonesia vs Filipina di Piala AFF, Skuad Garuda Dominasi Kemenangan

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Banjir Mulai Surut, Perjalanan Kereta Api Semarang Berangsur Normal

BERIKUTNYA

Tidak Diperkuat Jordi Amat, Timnas Indonesia Siapkan Kejutan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: