Timnas Indonesia (Sumber gambar: Instagram.com/pssi)

Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam, Prediksi: Skuad Garuda Pesta Gol!

26 December 2022   |   14:55 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Brunei Darussalam dalam lanjutan laga Grup A Piala AFF 2022 yang berlangsung di Kuala Lumpur Stadium, Malaysia, pada Senin (26/12/2022). Sebagai tim tamu, Indonesia diprediksi tak gentar menghadapi Brunei Darussalam. Terlebih, di atas kertas, tim asuhan Shin Tae Yong lebih unggul.

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengatakan dari catatan pertandingan yang sudah berlangsung, Brunei Darussalam merupakan tim terlemah di Grup A Piala AFF 2022. Dari 2 pertandingan yang sudah dimainkannya, gawang Brunei sudah kebobolan sebanyak 10 gol.

Brunei Darussalam harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 5-0. Negara penghasil minyak itu juga harus takluk dari Filipina dengan skor 5-1. Nanti sore, Brunei akan berhadapan dengan salah satu tim kuat dari Grup A, yakni Indonesia. Skuad Garuda sebagai runner up AFF edisi sebelumnya ini diprediksi akan menang mudah melawan Brunei.

Baca juga: Rekor Pertemuan Indonesia vs Brunei, Laga Perdana di Piala AFF 2022

Namun, pria yang akrab disapa Bung Ropan itu berpendapat Timnas Indonesia tak boleh meremehkan Brunei Darussalam. Para pemain Indonesia juga harus mulai memperhatikan lini belakang mereka ketika sedang asyik menyerang. Jangan sampai, gawang Indonesia kembali kebobolan gara-gara lini belakang yang kurang solid.

Bagi Bung Ropan, laga melawan Brunei ini sangat penting. Sebab, ini adalah langkah kedua Skuad Garuda untuk memperpanjang napas agar bisa lolos ke babak semifinal. Jika bisa berhasil mengalahkan Brunei, Indonesia bisa sedikit lega saat melawan Thailand pada pertandingan berikutnya.

Terlebih, gelaran AFF 2022 ini terasa spesial. Sebab, Indonesia yang pada edisi sebelumnya hanya duduk sebagai juara kedua tentu ingin membalas kekalahannya dan menang di laga final.

“Sebelum menatap final, kita harus  memenangkan laga ini dengan gol sebanyak mungkin. Kita bisa menang mungkin di atas 3 gol. Ini kesempatan buat kita meraih kemenangan dengan skor telak,” ujar Bung Ropan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)


Bung Ropan setuju dengan Shin Tae Yong bahwa dalam laga melawan Brunei, menjaga kemenangan lebih penting dibanding berbicara jumlah gol. Namun, tetap saja, jumlah gol juga hal yang mesti dijaga oleh para pemain.

Sebab, jika Indonesia menang dengan skor tipis, tentu ada kekecewaan dari para suporter. Saat Filipina dan Thailand bisa menang dengan 5 gol dan Indonesia hanya menang tipis lawan Brunei, tentu itu hal yang akan membuat kecewa banyak orang.

Selain jumlah gol, kata Bung Ropan, Indonesia juga harus fokus agar tidak kebobolan lagi. Jika sampai terjadi gol di laga kedua, Indonesia bisa dipandang akan kesulitan saat melawan Thailand pada laga berikutnya.

Namun, Bung Ropan percaya penampilan anak asuh Shin Tae Yong akan jauh lebih baik pada laga kedua ini. Setelah melewati pertandingan yang menegangkan pada laga pertama, seharusnya kini Skuad Garuda jauh lebih siap untuk menang.

“Ada rasa optimis yang luar biasa. Saya melihat Indonesia bisa mendapatkan 3 gol pada babak pertama, terutama jika bisa memanfaatkan semua peluangnya,” imbuhnya.

Kuncinya, kata Bung Ropan, Indonesia dapat memperbaiki finishing di garis depan. Jangan sampai Indonesia punya banyak peluang, tetapi gagal dieksekusi dengan baik menjadi sebuah gol.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Kaleidoskop Fenomena Langit di Indonesia Sepanjang 2022

BERIKUTNYA

Daftar Oleh-oleh Favorit Saat Libur Nataru 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: