(Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI)

Begini Alur Kualifikasi Zona Asia Agar Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

12 June 2024   |   14:11 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Indonesia akhirnya lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kepastian itu didapat Indonesia setelah mendapat tambahan tiga poin saat mengalahkan timnas Filipina dalam matchday keenam Grup F yang digelar di Gelora Bung Karno, Selasa malam (11/6/2024).

Dua gol dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho pada menit ke-56. Hasil ini cukup untuk membuat Indonesia lolos dari Grup F dengan status runner up menemani Irak yang berada di puncak klasemen.

Baca juga: 6 Pemain Termahal Asia Tenggara yang Berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Memasuki round 3 atau putaran ketiga, timnas Indonesia mesti lebih banyak berbenah. Sebab, lawan-lawan yang akan dihadapi tentunya bakal lebih berat. Namun, peluang untuk mencuri poin masih sangat besar.

Dengan lolos ke putaran ketiga, harapan Indonesia menuju Piala Dunia 2026 kian besar. Indonesia harus bersiap penuh untuk menjalani laga berikutnya agar peluang lolos ke ajang paling bergengsi di dunia sepak bola tersebut makin terbuka lebar.


Alur Kualifikasi

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menyetujui format kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ke dalam lima putaran. Sekarang ini, Indonesia telah berada di putaran ketiga. Ini adalah tahapan yang mulai menentukan lolos tidaknya sebuah negara ke Piala Dunia.

Putaran ketiga akan diikuti oleh 18 negara berbeda. Sebanyak 18 tim akan dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masingnya berisi 6 tim. Babak ini akan memakai sistem round robin. Artinya, setiap tim dalam satu grup akan bertemu secara kandang tandang.

Dengan demikian, setiap peserta akan bermain 10 kali. Nantinya, dua tim teratas masing-masing grup ini akan otomatis lolos ke panggung Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Sebagai informasi, undian grup putaran ketiga akan dilakukan pada 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia. Adapun jadwal pertandingannya akan berlangsung 5 September 2024 sampai 10 Juni 2025.
 

Jika Indonesia bisa bersaing di putaran ketiga dan berhasil finis di posisi dua besar, skuad Garuda akan otomatis lolos. Namun, jika gagal berada di dua besar, masih ada kesempatan lain yang bisa diperjuangkan.

Jika gagal berada di dua besar, setidaknya Indonesia harus finis di posisi ketiga atau keempat. Sebab, tim papan tengah ini masih akan berlanjut ke putaran keempat. Sementara itu, peringkat kelima dan keenam akan otomatis gugur.


Putaran Penentu

Nantinya, putaran keempat akan diikuti oleh enam tim. Mereka akan dibagi ke dalam dua grup dengan masing-masing tiga tim. Tim yang menjadi juara grup berhak langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Tim yang menjadi runner up akan diadu kembali dalam putaran kelima. Nantinya, siapa yang memenangkan pertandingan, berhak mewakili Asia untuk berebut tiket playoff antarkonfederasi.

Pada edisi Piala Dunia 2026, kesempatan sebuah negara untuk lolos memang lebih besar. Sebab, Piala Dunia kali ini memakai format baru, dari tadinya 32 tim menjadi 48 tim. Asia mendapat jatah resmi 8 tim.

Baca juga: 6 Jersey Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Terjual Rp120,8 miliar

Namun, Asia bisa menambah satu jatah tiketnya jika tim tersebut bisa melalui babak play-off kontinental dengan baik.

Berikut daftar 18 negara yang lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia
1. Australia
2. Bahrain
3. Iran
4. Irak
5. Jepang
6. Yordania
7. Oman
8. Palestina
9. Qatar
10. Arab Saudi
11. Korea Selatan
12. Uni Emirat Arab
13. Uzbekistan
14. Indonesia
15. China
16. Kuwait
17. Kirgizstan
18. Korea Utara

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pameran Provoke Siap Digelar di Pos Bloc Jakarta, Hadirkan 19 Karya Seniman & Kurator

BERIKUTNYA

Teaser Arcane Season 2 Meluncur, Mulai Tayang November 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: