Para pemain naturalisasi yang bakal bela Timnas Indonesia kontra Curacao di FIFA Matchday September 2022. (Foto: PSSI)

Ini Profil 5 Pemain Naturalisasi Timnas yang Bakal Berlaga di Piala AFF 2022

30 August 2022   |   22:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Komisi III DPR RI belakangan ini baru saja menyetujui naturalisasi kewarganegaraan Republik Indonesia terhadap dua pemain sepak bola Jordi Amat Maas dan Sandy Harry Walsh yang dijadwalkan ikut berlaga dan membela Timnas Indonesia dalam ajang FIFA Matchday.

Dalam rapat bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) diwakili Wamenkumham Edward O.S Hiariej, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indoesia (PSSI) Mochamad Iriawan, dua pemain itu pun mendapat persetujuan naturalisasi dari Komisi III.

Namun bukan hanya mereka berdua saja yang digadang-gadang dapat membantu memenangkan Indonesia saat berlaga menghadapi Timnas Curacao pada September 2022 mendatang.

Pelatih Timnas garuda Indonesia Shin Tae-yong juga membutuhkan pemain naturalisai lain agar dapat mendongkrak posisi ranking skuad Garuda yang saat ini masih tertahan di angka 155 dunia.  Siapa saja mereka? Berikut dirangkum Hypebis.id dari berbagai sumber.
 

1. Lee Yu Jun

Lee Yu Jun merupakan pemain sepak bola asal Seoul, Korea Selatan. Dia mengawali kariernya dengan menjadi pemain klub Gangwoon pada 2010 hingga 2014. Lelaki kelahiran 28 september 1989 ini dikatahu saat ini menjadi peemain gelandang andalan dari tim Madura United.

Saat berkarir di dunia sepak bola Indonesia, istri dari Shanaz Nadia Lee ini juga pernah memperkuat skuad Bhayangkara FC di Liga 1 Indonesia pada tahun 2016-2021 lalu. Yu Jun saat ini juga sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah ia mendapatkan paspor pada tahun 2020.
 

2. Marck Anthony Klock

Salah satu andalan penyerang tim Persib Bandung dan Timnas Indonesia ini diketahui sudah ikut berkontribusi dan mempersembahkan medali perunggu pada SEA Games 2021 dan mengantarkan skuad Garuda ke Piala Asia 2023. Lelaki kelahiran Belanda pada tanggal 20 April 1993 itu saat ini juga sudah menjadi Warga Negara Indonesia lewat naturalisasi pada 2020.

Klok diketahui memulai kariernya di dunia sepak bola di Utecht dan sempat menandatangani kontrak dengan klub Liga Utam Skotlandia Ross County. Setelah satu musim bermain di sana ia kemudian bergabung dengan klub Cherno More dan memenangkan  satu piala Bulgaria dan piala super Bulgaria.

Klok juga pernah bermain untuk Timnas senior Indonesia pada Juni 2022. Ia juga merupakan salah satu dari tiga pemain di atas 23 tahun skuad timnas Olimpiade Indonesia yang meraih medali perunggu pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2021.
 

3. Stefano Jantje Lilipaly

Stefano Lilipaly adalah pesepakbola profesional Indonesia yang bermain di klub Liga 1 Borneo FC dan Tim Nasioan Sepakboal Indonesia. Lelaki kelahiran Arhem, Belanda pada 10 Januari 1990 ini biasa bermain di posisi gelandang serang, tapi  kadang juga ditempatkan untuk bermain di posisi sayap.

Lilipaly mengawali debutnya bermain sepak bola di Timnas Indonesia pada 2013 saat melawan filipina dan membuat assist hingga mencetak skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia. Dia juga sempat ditransfer ke klub Persija Jakarta pada 2014 hingga berakhir di Borneo FC.

Gol perdana Lilipaly untuk Timnas Indonesia adalah di pertandingan melawan Timnas Singapura di Piala AFF 2016, gol tersebut merupakan gol penentu kemenangan Timnas Indonesia sekaligus mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke babak semi final Piala AFF 2016.
 

4. Jordi Amat Maas

Amat adalah prmain sepak bolaberkebangsaan Spanyol  yang juga memiliki darah Indonesia dari neneknya  yang dilahirkan di Makassar. Dia merupakan keturunan dari raja Kerajaan Siau manalang Doelag Kansil.  Amat lahir di Canet de Mar, Spanyol pada 21 Maret 1992.
 

5. Sandy Harry Walsh

Sandy Walsh merupakan pemain kelahiran 14 Maret 1995 di Brussel, Belgia dengan berkewarganegaraan Belanda. Ayah Sandy adalah keturunan Irlandia, sementara ibunya dilahirkan dari orang tua asal Indonesia.

Karier sepakbola Sandy Walsh remaja dibangun saat membela Anderlecht hingga 2021. Dia kemudian direkrut KRC Genk hingga berhasil tembus ke tim senior. Sandy yang pernah memperkuat Timnas Belanda ini sebentar lagi akan memperkuat Indonesia setelah ia mendapat izin naturalisasi baru-baru ini.

Editor: Fajar Sidik 




 

SEBELUMNYA

Intip Karya Old Master Lee Man Fong yang Jadi Koleksi Lukisan Istimewa

BERIKUTNYA

Siap-siap, Ini 7 Konser Musik pada September 2022 & Harga Tiketnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: