Ilustrasi ruang tamu. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

7 Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Sederhana, Tampilan Jadi Indah dan Bikin Betah

19 June 2024   |   11:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ruang tamu merupakan bagian penting dalam rumah. Lebih dari sekadar area menyambut tamu atau ruang untuk berkumpul, ruang tamu juga menjadi tempat bagi pemilik hunian untuk mengekspresikan gaya pribadi, serta menciptakan kenangan indah dan kenyamanan. Oleh karena itu, penataan ruang tamu perlu didesain dengan tepat.

Ruang tamu berperan sebagai titik untuk melakukan berbagai kegiatan sosial di rumah. Area inilah yang mempertemukan pemilik rumah dengan antar anggota keluarga yang lain, serta tamu yang datang berkunjung. Lantaran ruang tamu memiliki tugas penting dalam memperlihatkan citra yang dimiliki sebuah rumah, kenyamanan harus dimiliki area ini. 

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Ruang Tamu untuk Rumah Subsidi, Rapi & Estetis

Kenyamanan pada ruang tamu dapat dihadirkan dengan pemilihan dekorasi yang tepat. Mendekorasi ruang tamu pun tidak harus merogoh kocek mahal, untuk menciptakan suasana yang menarik dan nyaman. Dengan sentuhan kreativitas dan pilihan yang tepat, kalian bisa menciptakan ruang tamu sederhana tapi tetap estetis.

Ada banyak elemen dekoratif sederhana yang dapat membuat ruang tamu menjadi lebih rapi sekaligus tampak estetis. Beberapa dekorasi di antaranya juga merupakan elemen multifungsi yang menunjang penampilan ruang tamu.

Buat Genhype yang sedang cari ide, berikut beberapa inspirasi dekorasi ruang tamu sederhana yang bisa menjadi pilihan, seperti dirangkum IKEA, Olympic Furniture, dan sumber lainnya.


1. Lampu estetis

Seperti ruangan lainnya, ruang tamu juga memerlukan penerangan yang memadai untuk kenyamanan beraktivitas. Terlebih, jika ruang tamu pada rumah memiliki luas yang minim, sehingga diperlukan pencahayaan yang tepat agar ruangan tampak lebih luas.

Oleh karena itu, kalian bisa menghadirkan lampu estetis di ruang tamu yang bisa berfungsi sebagai tambahan penerangan sekaligus dekorasi. Penggunaan lampu bisa menjadi focal point pada ruang tamu. Lampu yang digunakan bisa disesuaikan dengan tema dan gaya ruangan serta bujet.

Namun, usahakan untuk memilih lampu dengan pencahayaan yang terang dan desain yang estetis. Misalnya menggunakan lampu gantung bermaterial kayu untuk gaya desain rumah yang tropis, atau lampu gantung dengan desain minimalis untuk membuat tampilan ruang tamu yang lebih rapi.
 

Contoh penggunaan lampu dan karpet pada ruang tamu. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

Contoh penggunaan lampu dan karpet pada ruang tamu. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

2. Karpet 

Kehadiran karpet dapat mengubah suasana pada ruang tamu menjadi tampak lebih hangat dan lembut. Selain itu, karpet juga berfungsi untuk melapisi permukaan lantai agar terlindung dari gesekan atau kerusakan ketika ada benda yang jatuh dari atas meja.

Saat ini, karpet tidak hanya digunakan karena fungsinya, tapi juga dipilih dari segi estetika yang dapat membuat ruangan terlihat lebih estetis dan bergaya. 

Pilih karpet dengan mempertimbangkan ukuran, warna, motif, hingga bahannya. Untuk ruang tamu dengan luas terbatas, karpet yang dipakai sebaiknya tidak menutupi 50 persen dari area lantai. Selain itu, perhatikan motif dan warnanya yang perlu dicocokkan dengan keseluruhan gaya desain ruang tamu. Termasuk, pilih material karpet yang nyaman dan mudah dibersihkan.


3. Pot tanaman

Pot tanaman bisa menjadi pilihan untuk menciptakan nuansa sejuk dan asri dalam ruang tamu. Pot tanaman bisa kalian letakkan di sudut-sudut ruang agar tampilannya tetap rapi. Selain membuat suasana segar, tanaman juga dapat menjadi filter udara alami, mengatur suhu udara dan memberi nuansa luar ruang ke dalam ruang tamu.

Kalian bisa menggunakan tanaman asli ataupun tiruan untuk menambah suasana hijau di ruang tamu, dengan ukuran yang disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Misalnya, bisa memilih tanaman jenis Monstera yang punya daun lebar atau tanaman karet yang punya tangkai tinggi untuk pot tanaman yang lebih besar. Jika ingin pakai pot kecil, kalian bisa pilih tanaman sukulen atau kaktus untuk dekorasi ruang tamu sederhana tapi tetap menarik. 

Baca juga: 5 Kiat Memilih Karpet Ruang Tamu untuk Acara Kumpul Lebaran
 

Contoh penggunaan pot tanaman dan kolase gambar pada ruang tamu. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

Contoh penggunaan pot tanaman dan kolase gambar pada ruang tamu. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

4. Kolase foto atau gambar

Tampilkan beberapa koleksi foto atau gambar favorit yang disusun secara kolase pada dinding ruang tamu. Pilih posisi dinding yang berukuran lebar dan terbuka, serta terkena banyak cahaya agar kolase dapat terlihat jelas dari berbagai arah. 

Untuk membuatnya terlihat lebih menarik, jangan ragu untuk mengombinasikan beberapa macam bingkai yang berbeda bentuk, tekstur, ukuran, dan warna. Buat rangkaian cerita dengan kolase foto yang dipajang agar terlihat unik dan lebih menarik. Tambahkan pula lampu dan pencahayaan yang tepat untuk menerangi kolase. 
 

5. Rak dinding

Selain kolase foto, tembok ruang tamu juga bisa didekorasi menggunakan rak dinding yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh koleksi buku, pigura, pajangan, tanaman, dan berbagai objek lainnya. Rak dinding pun hadir dengan beragam material dan warna yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing penghuni rumah. 

Namun, perlu diingat penggunaan rak dinding tidak boleh berlebihan, begitupun barang-barang yang dipajang di rak juga tidak boleh terlalu banyak, supaya ruang tamu masih terlihat rapi dan estetis. Jika diperlukan, lengkapi dengan lampu atau pencahayaan yang tepat agar ruangan tetap terlihat indah.
 

Contoh penggunaan rak dinding pada ruang tamu. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

Contoh penggunaan rak dinding pada ruang tamu. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

6. Jam dinding

Salah satu elemen dekoratif menarik untuk ruang tamu adalah jam dinding. Lantaran jam dinding hadir dengan banyak varian, desain, dan bentuk yang unik, objek ini juga menjadi dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik. Pilih desain jam dinding yang sesuai dengan gaya tema ruangan.

Namun, agar bisa cocok dengan berbagai gaya desain interior ruang tamu, pilih jam dinding dengan desain simpel atau minimalis. 
 

7. Perabotan multifungsi

Perabot multifungsi merupakan solusi praktis untuk menyiasati ruang tamu minimalis berukuran sempit karena dapat memberikan banyak ruang penyimpanan. Misalnya, penggunaan rak penyimpanan yang dapat sekaligus difungsikan sebagai penyekat ruangan. 

Pilih penyimpanan dengan desain ringan, sederhana dan minimalis agar tidak memberi kesan penuh, tapi tetap fleksibel dan fungsional. Contoh lainnya yakni bangku kecil yang bisa digunakan sekaligus sebagai kotak penyimpanan, ataupun lemari kecil dengan rak sepatu pada bagian bawahnya. 

Baca juga: 6 Inspirasi Desain Dapur Mungil untuk Rumah Subsidi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Lisa BLACKPINK Bersiap Comeback Solo, Rilis Single Rockstar

BERIKUTNYA

6 Ide Desain Teras Minimalis untuk Rumah Subsidi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: