Ilustrasi dapur. (Sumber gambar: Sosey Interior/Pexels)

6 Inspirasi Desain Dapur Mungil untuk Rumah Subsidi

12 June 2024   |   18:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rumah subsidi menjadi incaran lantaran menawarkan harga yang cukup terjangkau. Namun, ini biasanya dikompensasi dengan luas tanah dan bangunan yang lebih terbatas dibandingkan hunian komersial. Sebab, ada aturan dari pemerintah soal luas tanah dan bangunannya. 

Selain itu, rumah subsidi juga biasanya memiliki desain yang standar dan cenderung monoton. Berbeda dengan rumah komersial yang kini banyak dibangun mengikuti perkembangan tren desain arsitektur. Kendati begitu, bukan berarti rumah subsidi tidak bisa didesain menjadi hunian yang nyaman dan estetis. 

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Ruang Tamu untuk Rumah Subsidi, Rapi & Estetis

Saat ini, banyak rumah subsidi yang berhasil disulap oleh para pemiliknya menjadi hunian yang nyaman, tampak luas, dan estetis. Desain-desain yang ada tentunya mengikuti kebutuhan dan karakter dari pemilik rumah. Dengan konsep interior yang tepat, rumah subsidi yang semula dibangun dengan desain standar, mewujud menjadi hunian yang indah. 

Pada rumah subsidi, biasanya terdapat lahan kosong pada bagian belakang yang kerap dimanfaatkan untuk pembuatan dapur. Namun, biasanya lahan itu memiliki luas yang minim, sehingga perlu rencana desain yang matang, agar dapur tetap terasa nyaman, rapi, dan bisa memenuhi kebutuhan kegiatan di rumah. 

Terdapat beberapa contoh desain dapur pada rumah subsidi yang bisa menjadi inspirasi. Desain-desain yang ada bisa menjadi pilihan untuk membuat dapur yang rapi, efisien sekaligus estetis. Berikut adalah beberapa diantaranya seperti yang telah dihimpun oleh Hypeabis.id
 

1. Desain dapur plus ruang makan


Desain satu ini bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin menghadirkan dapur sekaligus tempat makan pada ruang yang sama. Desain ini menjadi contoh pemanfaatan sisa lahan belakang yang maksimal pada rumah subsidi.

Kalian bisa menempatkan meja dan kursi makan minimalis pada bagian sudut ruangan yang kosong. Selain itu, hadirkan juga kitchen set sederhana sebagai tempat memasak sekaligus ruang penyimpanan pada dapur. Namun, pastikan untuk mengatur perabotan dengan apik dan rapi, agar dapur dan ruang makan tidak tampak berantakan. 
 

2. Desain dapur tanpa dinding


Pada rumah subsidi, seringkali ruang tamu didesain searah dengan lahan belakang, sehingga banyak pemilik rumah yang menyatukan kedua lahan itu menjadi satu ruangan yang besar. Begitupun yang diaplikasikan pada desain dapur ini, yang membuat dapur sederhana tanpa dinding sebagai sekat dengan ruang tamu. 

Desain ini bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin membuat dapur tampak luas, karena tidak adanya dinding yang memisahkan antara dapur dan ruang tamu. Sebagai gantinya, dibuat meja mini bar kecil sebagai batas ruang, sekaligus bisa berfungsi sebagai ruang makan minimalis. 
 

3. Desain dapur minimalis


Desain dapur satu ini bisa menjadi pilihan agar dapur mungil yang minimalis tetap terlihat rapi dan estetis. Penempatan furnitur dan perabotan minimalis ditambah penggunaan warna yang netral seperti putih dan cokelat, membuat tampilan dapur menjadi lebih hangat. Selain itu, lantaran perabotannya tidak banyak, dapur juga tampak luas meski dibangun di lahan yang minim. 
 

4. Desain dapur klasik putih


Desain dapur ini bisa menjadi pilihan bagi kalian yang menyukai desain klasik putih. Penggunaan warna putih tampak pada pemilihan furnitur dan perabotan di dapur ini, mulai dari kitchen set, piring, hingga rak gantung. 

Selain tampak bersih, penggunaan warna putih pada desain ini membuat dapur tampak luas meski dibangun di lahan yang minim. Meski demikian, lantaran warna putih, kalian harus rajin membersihkannya, agar dapur senantiasa tetap tampak rapi dan bersih.


5. Desain dapur Japandi


Japandi menjadi salah satu gaya desain interior yang belakangan digandrungi, lantaran memberikan kesan hangat, bersih, lapang, minimalis sekaligus estetis. Seperti namanya, Japandi merupakan gabungan gaya desain interior Jepang yang natural dan minimalis, dengan Skandinavia yang rustic, bersih, dan sederhana. 

Konsep itu pun tampak pada desain dapur satu ini. Gaya desain Skandinavia terlihat pada penggunaan meja dapur dan kabinet yang berbahan kayu atau rustic tapi tetap tampak bersih dan sederhana. Sedangkan gaya desain Jepang yang natural dan minimalis tampak pada pemilihan warna seperti putih, dengan furnitur dan perabotan yang minim. 
 

6. Desain dapur monokrom


Dapur dengan tema warna monokrom bisa menjadi pilihan untuk menciptakan dapur yang simpel dan rapi. Tema monokrom pun mewujud dengan penggunaan perabotan dan kitchen set warna hitam dengan latar dinding warna putih. Penggunaan warna hitam pada dapur juga bisa meminimalisir dapur tampak kotor, dan tetap terlihat rapi. 

Baca juga: 4 Ide Desain Rumah Tanpa Pagar yang Estetis, Dihiasi Tanaman dan Kolam Ikan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Perhatikan Cara Daftar & Aktivasi Akun PPDB 2024 Agar Lolos Seleksi

BERIKUTNYA

4 Game Arcade yang Bikin Gen Z Bernostalgia Masa Kecil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: