Ilustrasi teras rumah. (Sumber gambar: Collov Home Design/Unsplash)

6 Ide Desain Teras Minimalis untuk Rumah Subsidi

19 June 2024   |   14:20 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rumah subsidi menjadi incaran lantaran menawarkan harga yang cukup terjangkau. Namun, ini biasanya dikompensasi dengan luas tanah dan bangunan yang lebih terbatas dibandingkan hunian komersial. Pasalnya, ada aturan dari pemerintah soal luas tanah dan bangunannya. 

Selain itu, rumah subsidi biasanya memiliki desain standar dan cenderung monoton. Berbeda dengan rumah komersial yang kini banyak dibangun mengikuti perkembangan tren desain arsitektur. Kendati begitu, bukan berarti rumah subsidi tidak bisa didesain menjadi hunian yang nyaman dan estetis. 

Saat ini, banyak rumah subsidi yang berhasil disulap oleh para pemiliknya menjadi hunian yang nyaman, tampak luas, dan indah. Desain-desain yang ada mengikuti kebutuhan dan karakter dari pemilik rumah. Dengan konsep interior yang tepat, rumah subsidi yang semula dibangun dengan desain standar, mewujud menjadi hunian yang indah. 

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Ruang Tamu untuk Rumah Subsidi, Rapi & Estetis

Pada rumah subsidi, biasanya terdapat lahan kosong pada bagian depan yang kerap dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, salah satunya ialah teras. Namun, biasanya lahan depan rumah subsidi memiliki luas yang minim, sehingga perlu rencana desain teras yang matang, agar tetap terasa nyaman, rapi, dan bisa memenuhi kebutuhan kegiatan di rumah. 

Teras punya beragam fungsi untuk rumah, mulai dari tempat peralihan dari luar ke dalam rumah, tempat menerima tamu ataupun bersantai, hingga area sirkulasi udara dan cahaya matahari. Plus, teras juga berfungsi sebagai unsur eksterior yang menunjang tampilan fasad rumah. 

Terdapat beberapa contoh desain teras pada rumah subsidi yang bisa menjadi inspirasi. Desain-desain yang ada bisa menjadi pilihan untuk membuat teras yang rapi, menarik sekaligus estetis. Berikut adalah beberapa diantaranya seperti yang telah dihimpun oleh Hypeabis.id
 

1. Desain minimalis putih & krem


Desain teras satu ini bisa menjadi pilihan jika kalian ingin punya spot depan rumah yang simpel dan estetis. Teras ini tampak minimalis dengan hanya menghadirkan satu tempat duduk panjang yang menempel pada pagar, lalu sisa lahannya dibiarkan kosong. 

Penggunaan keramik dengan motif juga menjadikan teras ini menarik, sehingga terlalu monoton lantaran dindingnya sudah menggunakan warna cat putih.

Pada bagian dinding, didesain dengan tiga bentuk jendela dan rak pada bagian bawahnya, sehingga memberikan dimensi serta dekorasi sendiri pada tembok teras. Tak lupa, nuansa krem juga hadir dengan ornamen kayu pada bagian bawah tempat duduk. 
 

2. Desain letter L

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh @chindy_91


Desain teras ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika luas lahan depan rumah terbatas. Kalian bisa membuat tempat duduk panjang berbentuk letter L untuk memanfaatkan ruang.

Pada bagian bawahnya, gunakan rumput estetis agar memberikan kesan sejuk serta tambahan beberapa tanaman hijau. Sebagai pemanis, hadirkan meja kecil dengan vas bunga di atasnya. Meskipun minimalis, desain teras ini tetap fungsional untuk bersantai atau ruang penerima tamu. 
 

3. Desain teras outdoor


Desain teras minimalis juga bisa diterapkan dengan konsep luar ruang atau outdoor seperti ini. Hadirkan tempat duduk berbentuk letter L dengan satu meja kotak dengan warna senada.

Pada bagian bawahnya agar tampak rapi, beri dekorasi bebatuan plus hadirkan juga beberapa tanaman dan pepohonan untuk menunjang suasana. Teras ini menjadi spot yang asyik untuk bersantai pada pagi, sore maupun malam hari. 
 

4. Desain teras untuk ruang tamu


Selama ini, ruang tamu hadir di dalam rumah sebagai salah satu bagian inti dari hunian. Namun, ruang tamu juga bisa dihadirkan di teras seperti ini, yang berada di depan rumah.

Lahan kosong depan rumah ditutup membentuk ruangan, lalu hadirkan beberapa elemen dekoratif ruang tamu seperti sofa, meja, pot tanaman, dan karpet. Kehadiran jendela besar pada desain teras ini memberikan tambahan pencahayaan sehingga ruang tamu tampak luas. 
 

5. Desain Minimalis Putih


Desain satu ini bisa menjadi pilihan jika kalian ingin menghadirkan teras rumah bernuansa putih. Selain membuat teras tampak lebih luas, desain satu ini juga membuat teras tampak rapi dan bersih. Sebagai variasi warna, padukan nuansa putih pada teras dengan warna-warna earth tone lainnya misalnya hijau dari tanaman ataupun coklat dari meja dan karpet. 
 

6. Desain teras lesehan


Teras rumah tak melulu harus dilengkapi dengan tempat duduk. Kalian bisa membuatnya dengan konsep lesehan seperti desain teras satu ini. Agar tidak monoton, pilih keramik dengan motif dan warna yang cerah seperti ini, tapi tetap harmonis dengan keseluruhan desain ruangnya.

Tambahkan meja berukuran sedang, dengan beberapa bantal duduk. Selain untuk bersantai dan berkumpul, teras seperti ini juga bisa berfungsi sebagai tempat makan keluarga. 

Baca juga: 6 Inspirasi Desain Dapur Mungil untuk Rumah Subsidi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

7 Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Sederhana, Tampilan Jadi Indah dan Bikin Betah

BERIKUTNYA

Rekomendasi Film Bergenre Sci-Fi Produksi Sineas Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: