Ilustrasi ruang tamu. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

5 Inspirasi Desain Ruang Tamu untuk Rumah Subsidi, Rapi & Estetis

11 June 2024   |   16:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rumah subsidi menjadi incaran banyak orang lantaran menawarkan harga yang relatif terjangkau. Namun, rumah subsidi biasanya punya luas tanah dan bangunan yang lebih terbatas dibandingkan hunian komersial. Sebab, ada aturan dari pemerintah, yakni 60-200 meter persegi luas tanah dan 21-36 meter persegi luas bangunan. 

Selain itu, rumah subsidi juga biasanya memiliki desain yang standar dan cenderung monoton. Berbeda dengan rumah komersial yang kini banyak dibangun mengikuti perkembangan tren desain arsitektur. Kendati demikian, bukan berarti rumah subsidi tidak bisa didesain menjadi hunian yang nyaman dan estetis. 

Saat ini, banyak rumah subsidi yang berhasil disulap oleh para pemiliknya menjadi hunian yang nyaman, tampak luas, dan estetis. Desain-desain yang ada tentunya mengikuti kebutuhan dan karakter dari pemilik rumah. Dengan konsep interior yang tepat, rumah subsidi yang semula dibangun dengan desain standar, mewujud menjadi hunian yang indah.

Baca juga: 4 Ide Desain Rumah Tanpa Pagar yang Estetis, Dihiasi Tanaman dan Kolam Ikan

Salah satu ruangan utama yang kerap direnovasi terlebih dahulu yakni ruang tamu. Selain menjadi ruang keluarga, ruang tamu juga menjadi tempat sentral pada rumah subsidi, meskipun luasnya juga terbatas seperti ruang-ruang lainnya. Meski tidak terlalu luas, ruang tamu pada rumah subsidi bisa didesain menjadi tempat multifungsi yang nyaman sekaligus estetis.

Jika Genhype mencari referensi desain ruang tamu untuk rumah subsidi, berikut adalah beberapa inspirasinya seperti yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id
 

1. Nuansa earth tone


Jika suka dengan warna-warna earth tone yang memberikan rasa tenang dan kesan yang hangat, maka kalian bisa menerapkan desain ruang tamu satu ini. Pada dinding, berikan warna cat putih polos, sementara untuk furnitur dan perabotannya bisa memilih warna-warna earth tone, seperti cokelat, krem, putih, dan abu-abu. 

Agar memberikan kesan yang lebih santai, kalian bisa memilih furnitur yang kecil-kecil seperti dari single sofa, bangku sekaligus rak putih, serta sofa yang tidak terlalu besar. Selain itu, tambahkan juga karpet dengan motif dan warna senada, sehingga memberikan kesan nyaman pada ruang tamu. 
 

2. Nuansa Klasik Putih


Desain satu ini bisa kalian pilih jika ingin menciptakan kesan ruang tamu yang luas sekaligus bernuansa klasik pada rumah subsidi. Pada bagian atap, kalian bisa meninggikan plafon dan memberikan dimensi pada bagian tengahnya. Begitupun pada dinding berikan pola persegi panjang untuk memberikan dimensi, sehingga ruangan tampak luas.

Untuk menciptakan nuansa klasik putih, pilih sofa dengan warna yang lembut seperti krem. Agar ruang tamu tampak luas, usahakan jangan menambahkan dekorasi atau perabotan yang berlebihan seperti contoh satu ini. Selain tampak luas, desain ruang tamu ini pun menciptakan kesan hangat dan nyaman pada rumah. 
 

3. Nuansa putih dan kuning


Jika tidak ingin terlalu klasik, kalian bisa memilih desain ruang tamu satu ini. Sentuhan perpaduan warna putih dan kuning pada ruangan ini menciptakan suasana yang lembut sekaligus ceria. Meskipun mengambil warna kuning yang cerah, desain interiornya secara keseluruhan tetap tampak minimalis dan tidak berlebihan. 
 

4. Nuansa hijau yang lembut


Nuansa hijau seperti ini bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin menciptakan ruang tamu yang cerah, estetis, sekaligus lembut. Pada bagian dinding, pilih warna hijau yang lebih muda, lalu padukan dengan lantai vinyl berwarna lembut seperti krem.

Lalu untuk furnitur dan perabotan seperti sofa, rak televisi, dan meja, pilih dengan warna yang cenderung netral seperti putih, abu-abu, krem, dan coklat. Dengan demikian, ruang tamu kalian bisa tetap tampak luas dan bernuansa lembut, meskipun menggunakan warna hijau yang cerah. 
 

5. Nuansa krem dan putih


Desain satu ini bisa menjadi pilihan jika kalian ingin memanfaatkan ruang tamu sebagai ruang berkumpul. Hal itu tercermin dengan kehadiran beberapa sofa panjang yang disusun berhadap-hadapan, sehingga memaksimalkan pemanfaatan ruang. 

Namun, agar tidak tampak berantakan, pilih warna-warna yang lembut seperti krem dan putih pada keseluruhan desain interior ruang tamu. Selain itu, jangan terlalu banyak menambahkan elemen dekorasi, agar ruangan tetap terlihat rapi dan nyaman. 

Baca juga: 5 Perbedaan Gaya Desain Interior Rustic vs Farmhouse

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Film Bioskop Cocok Ditonton saat Libur Panjang Iduladha

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Kegiatan Produktif Selama Liburan Semester

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: