Para pemain pertunjukan panggung musikal Keluarga Cemara (Sumber gambar: Siaran Pers)

Begini Cerita Awal Mula Keluarga Cemara Dijadikan Pertunjukan Drama Musikal

18 June 2024   |   20:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pertunjukan panggung musikal Keluarga Cemara akan hadir di Ciputra Artpreneur, Jakarta pada 21 Juni sampai dengan 14 uli 2024. Karya yang bercerita tentang kehidupan keluarga Abah itu merupakan karya panggung musikal pertama dari Visinema Studio.

Anggia Kharisma, Chief Content Officer Visinema Studios dan Produser Eksekutif Musikal Keluarga Cemara, mengatakan bahwa awal mula perusahaan memutuskan untuk membuat pertunjukan panggung musikal adalah rasa percaya bahwa alih wahana menjadi sesuatu yang menyenangkan.

“Karena pada akhirnya [Pertunjukan panggung musikal] punya dan memberikan pengalaman baru bagi para penikmatnya,” katanya kepada Hypeabis.id di Jakarta, Selasa, 18 Juni 2024.

Baca juga: Original Cast Recording Harta Berharga dari Musikal Keluarga Cemara Dirilis

Selain itu, cerita Keluarga Cemara adalah intellectual property (IP) yang dibuat oleh almarhum Arswendo Atmowiloto dan menjadi konten yang personal bagi diri pribadi. Tidak hanya itu, karya ini juga sudah melekat dan menjadi tontonan yang dinikmati oleh keluarga Indonesia pada zamannya.

“Jadi, sebegitu penting. Ketika kami ingin memberikan pengalaman kepada penontonnya, musikal Keluarga Cemara hadir.  ide tersebut muncul dari Cristian Immanuel yang juga adalah produser dari musikal Keluarga Cemara,” ujarnya.

Dia menambahkan, IP Keluarga Cemara juga menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai pertunjukan musikal pertama dari perusahaan lantaran riset pasar yang dilakukan manajemen menunjukkan bahwa cerita ini bisa mendatangkan keuntungan.

Terkait besarannya, Anggia enggan menyebutkan hasil pasti tentang riset pasar yang dilakukan oleh manajemen karena bersifat rahasia. Dia juga percaya bahwa cerita Keluarga Cemara telah mengakar di banyak keluarga Indonesia dan itu penting bagi bisnis.

“Secara profitable, seperti yang aku bicarakan bisnis tetap bisnis, ya pasti menguntungkan karena kita tahu, secara bisnis ada ukurannya. Di sini, aku bisa bilang bahwa animo masyarakat Indonesia yang bisa mendukung kesuksesan,” katanya.

Sejak 2018
Sementara itu, Cristian menambahkan, Keluarga Cemara menjadi pilihan sebagai cerita yang diangkat sebagai panggung musikal berawal dari mimpi diri yang telah menyaksikan karya tersebut sejak kecil, dari novel, sinetron, dan diangkat menjadi film. “Saya percaya pada saat itu, [Keluarga Cemara] cerita paling indah buat keluarga,” ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa pembicaraan tentang rencana pembuatan panggung musikal  ini sudah menjadi pembicaraan dari proses pembuatan film Keluarga Cemara sampai rilis. Saat pandemi Covid-19 melanda dan membuat semua pihak berhenti berkegiatan, dia mengaku membuat proposal tentang panggung musikal Keluarga Cemara.

Proposal itu pun mendapatkan persetujuan dari produser eksekutif. Setelah itu, manajemen mencari berbagai kebutuhan untuk memproduksinya, seperti sutradara, penulis naskah, dan sebagainya. Setelah 3 tahun, pertunjukan panggung musikal Keluarga Cemara akhirnya dapat dipentaskan.

Untuk diketahui, sejumlah pemain dalam pertunjukan panggung musikal ini adalah dari  Teater Musikal Nusantara. Mereka  Simhala Avadana, Galabby Thahira, Aisyah Fadhila, Fazka, Taufan Purbo, Andrea Miranda, Amira Karin, Quinn Salman, Sita Nursanti, Christoffer Nelwan, dan puluhan seniman teater lainnya.

Kemudian, hampir setengah dari kuota tiket pertunjukan panggung Musikal Keluarga Cemara akan dijual dengan tarif di bawah Rp500.000. Dengan begitu, karya ini diklaim dapat menjadi pertunjukan panggung yang inklusif bagi berbagai kalangan di dalam negeri.

Baca juga: Musikal Keluarga Cemara Siap Hadirkan Pertunjukan Penuh Emosional

Adapun, perinciannya adalah tiket pertunjukan weekdays kategori Bronze Rp 149.900, Silver Rp 249.900, Gold Rp 349.900, Platinum Rp 549.900, VIP Rp 749.900 dan VVIP Rp 1.149.900. Sementara  tiket pertunjukan untuk weekends, kategori Bronze Rp 174.900, Silver Rp 299.900, Gold Rp 399.900, Platinum Rp 599.900, VIP Rp 799.900 dan VVIP Rp 1.299.900.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Spot Sunrise Paling Instagrammable di Gunung Bromo

BERIKUTNYA

Frida Forever: Menyaksikan Perjalanan Hidup Frida Kahlo yang Ikonik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: