Ilustrasi kambing (Sumber gambar: Unplash/Terry Zhong)

5 Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau Perengus

18 June 2024   |   13:43 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan Iduladha identik dengan menikmati olahan daging kurban. Namun, mengolah daging kurban, terutama kambing, rupanya bukan hal yang mudah. Daging kambing sering kali memiliki tekstur yang alot serta berbau perengus, sehingga kurang disukai sebagian orang.

Kendati demikian, bukan berarti bau perengus pada kambing sama sekali tidak bisa dihilangkan. Perlu trik-trik khusus untuk membuat olahan daging kambing terhindar dari bau perengus.

Baca juga: 3 Masakan Timur Tengah Berbahan Kambing untuk Hidangan Iduladha

Ada sejumlah tip yang bisa dengan mudah dilakukan di rumah untuk menghilangkan bau khas kambing tersebut. Berikut adalah cara cepat menghilangkan bau perengus pada daging kambing:


1. Jangan Cuci Daging Kambing

Sebagian orang beranggapan daging kambing perlu dibersihkan. Akan tetapi, mencuci daging kambing justru bisa membuat bau perengus lebih kuat. Daging kambing cukup dibersihkan dengan tisu, lap, atau serbet bersih. Setelah itu, daging kambing bisa langsung dimasukkan ke dalam air rebusan bumbu rempah.


2. Balur dengan Garam

Sebelum memasak daging, cobalah untuk memarinasi dengan garam. Cukup baluri daging dengan garam secara merata, kemudian diamkan selama kurang lebih 60 menit. Biarkan garam meresap ke dalam daging sehingga bau perengus hilang. Selain itu, cara ini juga efektif untuk memberikan rasa yang lebih lezat pada daging, sebelum nantinya diolah dengan bumbu lain sesuai selera.


3. Buang Lemak

Bau perengus umumnya timbul karena ada senyawa phytol dari rumput yang dimakan kambing. Senyawa ini paling banyak berada di bagian lemak. Untuk itu, membuang sebagian lemak pada daging kambing bisa mengurangi bau perengus.

Irislah beberapa lemak berwarna putih yang menempel pada daging. Namun, tak ada salahnya juga untuk menyisakan lemak sedikit. Hal ini agar daging kambing tetap memiliki cita rasa gurih dan lezat.


4. Beri Perasan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang punya beragam manfaat. Selain dapat membunuh bakteri pada daging kambing, jeruk nipis juga bisa membantu menghilangkan bau perengus. Hal ini bisa jadi salah satu opsi, terlebih jeruk nipis adalah bahan yang mudah didapat dan murah.

Caranya cukup sederhana, peraslah beberapa buah jeruk nipis. Air perasan tersebut dioleskan ke daging. Jangan lupa untuk sedikit memijat agar meresap ke dalam. Lalu, diamkan sekitar 30 menit dan olahan daging kambing akan terbebas dari bau amis.


5. Dibalur Nanas Parut

Nanas dapat menjadi salah satu solusi menghilangkan bau perengus pada daging kambing. Sebab, nanas adalah buah yang punya kandungan bromelain yang cukup tinggi.

Baca juga: Berapa Kadar Kolesterol Daging Sapi & Kambing? Ini Batasan Konsumsinya

Kandungan tersebut dapat menguraikan serat daging, sehingga berpotensi menghilangkan bau perengus juga. Caranya cukup mudah, tinggal parut satu buah nanas, lalu balurkan ke seluruh permukaan daging. Remas daging agar parutan nanas meresap, lalu diamkan selama sekitar 30 menit atau sesuai kebutuhan. Namun jangan didiamkan terlalu lama, karena tekstur daging malah bisa menjadi terlalu lembek.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cerita di Balik 18 Juni Ditetapkan Sebagai Hari Internasional Memerangi Ujaran Kebencian

BERIKUTNYA

Eksplorasi Diri Susi Necklin dalam Karya Berjudul Bergerak di Pameran Artchipelago

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: