Sapi memiliki kulit yang hampir menutupi seluruh tubuhnya. (Sumber gambar : Freepik/Wirestock)

3 Cara Mudah Bersihkan Bulu di Kulit Sapi dan Kambing

30 June 2023   |   19:08 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kulit sapi menjadi bagian hewan kurban yang digemari masyarakat. Selain dijadikan bedug masjid, kulit ini bisa dibuat kuliner yang sedap seperti krecek hingga tumisan sedap. Namun untuk mengolahnya, butuh usaha lebih karena harus membersihkan bulu yang melekat pada hewan tersebut. 

Untuk mencabut satu per satu tentu akan menghabiskan waktu yang lama mengingat bulu hewan ternak terbilang rapat dan pendek. Belum lagi bulu tersebut memenuhi kulit yang melapisi hampir seluruh tubuh hewan baik itu sapi maupun kambing. 

Baca juga: 6 Kiat Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama di Freezer untuk Stok Lauk

Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk membersihkan bulu pada kulit hewan yang bisa kamu lakukan. Tanpa mencabut satu per satu, beberapa metode membuat kamu cukup mengerok bulu pada kulit hewan. Seperti apa? Berikut cara membersihkan kulit hewan kurban yang bisa kamu coba di rumah.


1. Pakai Air Panas  

Langkah pertama yakni panaskan air, tetapi jangan sampai mendidih. Potong kulit menjadi beberapa bagian. Apabila sudah dirasa panas, masukkan kulit sapi atau bagian kaki sapi maupun kambing. Diamkan selama lima menit sampai kulit terlihat menyusut.

Setelah lima menit, angkat kulit dan letakkan di atas talenan. Kerok bulu dengan pisau. Rebus kembali kulit dengan sisa bulu yang masih menempel menggunakan air rebusan sebelumnya.

Angkat kembali kulit sapi dan kerok menggunakan sendok hingga semua bulu tercabut. Pakai pisau tajam untuk menghilangkan bulu halus yang masih menempel. Setelah itu, cuci bersih kulit seraya menggosoknya agar bersih total.


2. Rebus dan Bakar

Cara berikutnya tidak jauh berbeda. Rebus air sampai mendidih. Saat merebus air, jangan lupa masukkan vanili dan garam 1 sdm untuk menghilangi bau menyengat hewan. 

Setelah mendidih, tunggu suhu agak rendah. Masukkan kuli sapi selama 10 detik, cek apakah sudah bisa dikerok. Kerok searah dengan bulu agar mudah lepas. 

Unuk bulu halus yang masih menempel, bakar kulit di atas kompor atau tempat panggangan sate. Gunakan alat pemanggangan untuk menjepit agar kulit tidak mudah menggulung. 

Jika dirasa bulu halus sudah terbakar dan menghilang, amngkat kulit dari panggangan. Dinginkan di suhu ruang, kemudian siram degan air panas. Untuk melepaskan bagian hitam kulit, rendam kulit di dalam air selam 15 menit-3 jam.


3. Gunakan Kapur Sirih

Bahan alami ini dipercaya dapat merontokkan bulu pada kulit sapi atau kambing. Caranya, didihkan air, masukkan kapur sirih lalu aduk rata. 

Siapkan kulit yang ingin diolah. Letakkan kulit di atas talenan. Siram perlahan kulit dengan air panas yang telah tercampur kapur sirih. Kerok menggunakan pisau hingga semua bulu hilang dari kulit. Berikutnya, bekas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa kapur sirih sebelum diolah menjadi masakan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tip Memakai Rok Midi Bergaya Vintage Supaya Tampil Modis dan Kaki Terlihat Jenjang

BERIKUTNYA

Solois Muda Aruma Gandeng Raim Laode Merilis Single Ekspektasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: