Sapi menjadi salah satu hewan kurban pada perayaan Iduladha. (Sumber gambar: Taliwang Mengaji/Unsplash)

Deretan Hewan Kurban Berbobot Jumbo: Ada Sapi Douglas Prabowo dan Sapi Golden Irfan Hakim

17 June 2024   |   12:53 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan Iduladha identik dengan ibadah kurban, yakni menyembelih hewan ternak seperti sapi, kambing, dan unta untuk dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Berkurban memiliki makna bersyukur, serta taat dan ikhlas menjalankan perintah Allah, semata-mata untuk mengharapkan rida-Nya.
 
Di Indonesia, tradisi menyembelih hewan kurban selalu menarik perhatian, terutama ketika hewan-hewan kurban berukuran raksasa turut meramaikan perayaan Iduladha. Hewan-hewan berukuran besar ini biasanya dibeli oleh sejumlah tokoh publik hingga presiden, yang didapatkan dari sejumlah peternak di berbagai daerah.
Selain ukurannya yang besar, hewan-hewan kurban ini juga menarik perhatian lantaran memiliki jenis yang berbeda-beda dan dibanderol dengan harga fantastis. Meski demikian, beberapa sapi jumbo ini juga belum terkonfirmasi apakah dikurbankan oleh pemiliknya. Namun, kemunculannya tetap menarik perhatian lantaran terbilang tak biasa dibandingkan dengan hewan pada umumnya.
 
Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah deretan hewan kurban berukuran raksasa di Indonesia pada perayaan Iduladha 1445 Hijriah Tahun 2024.
 

1. Sapi Douglas (1,2 ton)

Sapi kurban milik Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi sorotan karena ukurannya yang besar dan harganya yang fantastis. Menurut informasi dari unggahan di akun Instagram Jagad Tani, Prabowo membeli sapi berjenis douglas angus item berukuran 1,2 ton pada Iduladha 2024.
 
Sapi berusia enam tahun itu disebut dibeli oleh Prabowo dari Lestari Farm seharga Rp500 juta. Sapi tersebut menarik perhatian Menhan ketika dipamerkan dalam acara Kontes & Expo Sapi yang diselenggaraka oleh Asosiasi Peternak & Penggemuk Sapi Indonesia (APPSI) di Kemayoran, Jakarta beberapa waktu lalu. 
 
Sapi jenis Angus atau Aberdeen Angus ini merupakan hewan yang berasal dari dataran tinggi Skotlandia. Ciri khas dari sapi ini adalah bulunya yang keriting berwarna hitam, serta tidak memiliki tanduk dan punuk. Selain itu, daging sapi ini juga memiliki tekstur yang padat dan empuk, karena tidak diperuntukkan sebagai sapi perah.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JagadTani (@jagadtani)

 

2. Sapi Joker (1,3 ton)

Hewan kurban berikutnya yang punya bobot fantastis ialah sapi joker yang dibeli oleh peternakan Tim 76 Harimau Sumatera milik Hidayat Batubara di ajang Kontes & Expo Sapi APPSI di Kemayoran, Jakarta. Sapi ini memiliki bobot seberat 1,3 ton yang dibanderol dengan harga Rp666 juta. Harganya melebihi sapi douglas karena memiliki bobot yang lebih berat.


3. Sapi Rossi (1,3 ton)

Rossi, sapi dengan ras simmental tengah menjadi perhatian lantaran memiliki bobot hingga 1,37 ton alias hampir 1,4 ton. Lantaran bobotnya inilah, Rossi menjuarai kontes sapi Kelas Mega Bintang yang diselenggarakan oleh APPSI tahun ini. Sapi berusia 4 tahun ini diketahui milik peternakan Sumber Ternak Farm yang berlokasi di Bojong Kulur, Bogor, Jawa Barat. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JagadTani (@jagadtani)

 

4. Sapi Hantu Laut (1,2 ton)

Sapi berwarna coklat kemerahan bernama Hantu Laut dari Peternakan Kandang Pedalaman Harimau Sumatera juga menarik perhatian lantaran berbobot besar. Sapi Hantu Laut memenangkan juara pertama dalam kategori Sapi Kelas Poel 3 pada kejuaraan APPSI Jakarta 2024.
 
Sapi ini memiliki berat 1.224 kilogram atau lebih dari 1,2 ton. Meski belum diketahui harga pastinya, Hantu Laut diperkirakan memiliki nilai jual sekitar Rp300 juta.


5. Sapi Kimojo (1,1 ton)

Sapi Kimojo dari Peternakan 76 Harimau Sumatera juga masuk dalam daftar sapi kurban raksasa tahun ini. Kimojo yang memiliki berat 1.186 kg atau hampir 1,2 ton memenangkan juara pertama dalam kategori Sapi Kelas Ekstrem pada kontes APPSI Jakarta 2024. Harga Kimojo diperkirakan mencapai Rp200 juta lebih, dan mungkin akan dilepas untuk kurban tahun depan mengingat bobotnya masih bisa bertambah.


6. Sapi Alien (1 ton)

Pada perayaan Iduladha 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli sapi kurban yang diberi nama Alien. Sapi yang dibeli dari Kelompok Cinta Peternak Farm di Subang Jawa Barat itu menarik perhatian lantaran memiliki bobot yang terbilang besar yakni 1 ton 80 kilogram. Sebelum dikurbankan, sapi berjenis simental ini pun telah lolos uji pemeriksaan fisik dan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis setempat.
 
Selain itu, Presiden Jokowi juga diketahui menyerahkan sapi kurban berjenis simental berbobot 1.250 kilogram alias 1,2 ton ke Masjid Raya Baiturrahman Semarang Jawa Tengah. Termasuk, memberikan sapi kurban seberat 1 ton 80 kilogram jenis Crossing Brahman Limousin di Masjid Agung Al Karomah Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.
 
Tak hanya tiga sapi, Presiden Jokowi telah menyiapkan sapi kurban seberat 800 kilogram hingga 1 ton untuk diberikan ke setiap provinsi, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagaimana diberitakan di situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Pemberian tersebut dalam rangka perayaan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by IRFAN HAKIM (@irfanhakim75)

 

7. Sapi Golden (1 ton)

Sapi Golden milik artis sekaligus presenter Irfan Hakim juga berbobot besar yakni 1 ton lebih. Sapi tersebut beli Irfan Hakim sebagai hewan kurban untuk ibunya. Harga sapi Golden pun ditaksir mencapai Rp200 juta. 
Tak hanya itu, Irfan Hakim juga membeli empat sapi kurban lain untuk Iduladha tahun ini yang diberi nama Condrosimo, Janoko, Nicki, dan Bomber. Tiap sapi pun memiliki jenis yang berbeda. Condrosimo adalah sapi jenis frisian holstein campuran ongol lokal dengan bobot lebih dari 1 ton, Janoko merupakan sapi jenis simental campuran limousin, Nicki adalah sapi jenis belgian blue, dan Bomber adalah sapi jenis Bali dengan bobot sekitar 600 kilogram. Sapi-sapi tersebut dibeli sang artis dari peternak lokal.
 
Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

6 Pameran Seni Untuk Mengisi Libur Iduladha: Galeri Nasional hingga Pos Bloc

BERIKUTNYA

Serba-serbi Le Mans 2024: Balapan 24 Jam Nonstop yang Diikuti Sean Gelael

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: