Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Sumber gambar: akun X resmi Recep Tayyip Erdogan)

Ucapan Selamat Iduladha 2024 Pemimpin Dunia yang Menyentuh, Erdogan hingga Justin Trudeau

17 June 2024   |   07:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah disambut dengan penuh suka cita oleh seluruh umat Muslim, tak terkecuali para pemimpin negara. Sederet pemimpin dunia memberikan ucapan atas Hari Raya Iduladha yang mulai dirayakan di sejumlah negara pada 16 Juni 2024. Ucapan selamat dirangkaikan dengan harapan agar perdamaian dapat terwujud di berbagai negara yang tengah dilanda konflik.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui akun X resminya menuliskan ucapan selamat menyambut Hari Raya Iduladha untuk rakyat Turki, dan seluruh umat Muslim di dunia. "Saya dengan sepenuh hati mengucapkan selamat kepada bangsa kita dan dunia Islam pada Iduladha," tulisnya lewat akun X @RTErdogan. 

Baca juga: Sajian Lezat Iduladha, Menu Spesial untuk Rayakan Hari Raya Kurban

Dalam unggahannya itu, Erdogan juga menuliskan harapannya agar momentum Iduladha membawa kedamaian dan kesejahteraan bagi masyarakat dunia, khususnya bagi rakyat Palestina dan Sudah yang kini tengah dilanda konflik. 

"Saya berharap Iduladha membawa kedamaian di hati kita, kesejahteraan di negara kita, dan kedamaian di hati kita, khususnya Palestina dan Sudan. Selamat berlibur," tulis Erdogan.
 


Pesan perdamaian juga disampaikan oleh Presiden Uni Emirat Arab, Mohamed Bin Zayed, dalam perayaan Hari Raya Iduladha tahun ini. Dalam unggahan di akun X resminya, Zayed menuliskan ucapan selamat merayakan Iduladha kepada seluruh rakyat Uni Emirat Arab (UEA), dan masyarakat Muslim secara global.

"Saya mengucapkan selamat Iduladha kepada saudara-saudaraku, para penguasa UEA, warga negara dan penduduk UEA, serta umat Islam di seluruh dunia. Semoga Tuhan memberikan kedamaian kepada semua dan mempertemukan kita dalam semangat keharmonisan dan persatuan," tulisnya melalui akun X @MohamedBinZayed.

Selain itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga mengucapkan selamat Iduladha via akun resminya di X. Dia mengungkapkan rasa solidaritasnya bagi kaum Muslim di seluruh dunia, terutama bagi mereka yang tidak dapat merayakan Iduladha dengan orang-orang tercinta akibat konflik yang sedang melanda.

"Pada #IdulAdha ini, saya ingin menyampaikan solidaritas saya kepada semua Muslim yang akibat konflik, kekerasan dan perpecahan, tidak dapat merayakannya dengan orang-orang yang mereka cintai," kata Guterres melalui akun @antonioigutteres di media sosial X.

Sekjen PBB juga berharap agar perayaan Iduladha mengilhami rasa solidaritas guna mewujudkan perdamaian dunia. "Semoga nilai-nilai solidaritas dan empati yang diilhami dari kesempatan ini menuntun kita untuk mewujudkan kasih sayang dan damai bagi semua," tulisnya.
 


Sementara itu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dalam keterangan resminya mengucapkan selamat Iduladha kepada seluruh masyarakat dunia yang merayakan. "Atas nama Pemerintah Kanada, saya menyampaikan ucapan selamat kepada semua orang yang merayakan Iduladha. Idul Adha adalah salah satu tanggal paling suci dalam Islam, memperingati pengorbanan dan pengabdian Nabi Ibrahim," tulisnya.

Dalam pernyataannya, Trudeau juga menyebut bahwa di perayaan Iduladha tahun ini juga diselimuti suasana suram lantaran krisis kemanusiaan di Gaza yang terus berlanjut. Menurutnya, penderitaan rakyat di Gaza termasuk di Rafah sangatlah dahsyat, sehingga dia mendorong adanya gencatan senjata segera di Gaza dan perdamaian jangka panjang di wilayah tersebut.

Di samping itu, dia juga menyinggung soal meningkatnya Islamofobia dan rasisme anti-Arab di kalangan rakyat Kanada. Trudeau pun menegaskan pihaknya menentang segala bentuk kebencian, melalui Strategi Anti-Rasisme Kanada 2024-2028. Dengan Anggaran yang ada, tulisnya, pihaknya juga akan meningkatkan pendanaan untuk Program Infrastruktur Keamanan yang melindungi masyarakat dari risiko kejahatan yang bermotif kebencian.

"Komunitas Muslim telah membantu membangun Kanada yang kuat dan beragam yang kami kenal dan cintai, dan kami akan selalu mendukung mereka," tulisnya.

Tak ketinggalan, Penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum juga menuliskan ucapan selamat Iduladha kepada masyarakat UEA dan seluruh Arab, serta umat Muslim di seluruh dunia. Dia berharap perayaan Iduladha dapat mendekatkan umat Islam pada kebaikan, keberkahan dan ketaatan kepada Allah.

"Selamat Iduladha bagi seluruh umat Islam. Semoga kesempatan Iduladha ini diberkati dengan kesehatan dan kedamaian selalu. Kami memohon kepada Tuhan agar kita semua diselimuti kebaikan, berkah, dan diterima ketaatan kita kepada-Nya," tulisnya.
 


Ada pula Presiden Nigeria Bola Tinubu yang menuliskan ucapan selamat Iduladha kepada seluruh umat Islam dunia. Melalui akun X resminya, Tinubu menuliskan Iduladha merupakan lambang pengorbanan, iman, dan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Oleh karena itu, pada perayaan ini, dia mengajak kepada seluruh warga Nigeria untuk memaknai esensi dari Iduladha yakni pengorbanan yang menurutnya menjadi unsur penting dalam pembangunan bangsa. Dia menilai dibutuhkan tujuan, kemauan, dan tindakan kolektif untuk menghasilkan perubahan besar.

"Saya mengucapkan selamat Iduladha kepada umat Islam dan berdoa agar Allah menerima doa dan ketaatan mereka. Saya menyerukan kepada semua warga negara untuk berdoa bagi bangsa kita demi perdamaian dan stabilitas yang berkelanjutan, sambil bekerja sesuai tujuan dalam mendorong persatuan, perdamaian, dan kemajuan," tulisnya melalui akun X @officialABAT.

Sementara itu, Presiden India Droupadi Murmu juga menyampaikan ucapan selamat pada perayaan Iduladha kepada semua warna negara India, terutama bagi masyarakat Muslim. Menurutnya, Iduladha merupakan simbol pengorbanan yang sarat akan pesan cinta, persaudaraan, dan keharmonisan sosial.

Baca juga: Arab Saudi Rayakan Iduladha Minggu, Simak Penjelasan MUI

Oleh karena itu, pada momen Iduladha tahun ini, dia menyerukan kepada seluruh masyarakat India untuk bekerja sama demi pembangunan dan kesejahteraan bangsa. "Perayaan [Iduladha] ini menginspirasi kita untuk melakukan pengabdian tanpa pamrih kepada kemanusiaan. Pada kesempatan ini, mari kita berjanji untuk bekerja sama demi pembangunan dan kesejahteraan bangsa," katanya dilansir dari IndiaTV.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Simak Arti Kata Iduladha dan Sejarah Ibadah Kurban

BERIKUTNYA

Ide Desain Kartu Ucapan Selamat Iduladha 2024 di Canva Plus Cara Buatnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: