Ada banyak ide desain kartu ucapan selamat Iduladha 2024 di Canva. (Sumber gambar: Rdne/Pexels)

Ide Desain Kartu Ucapan Selamat Iduladha 2024 di Canva Plus Cara Buatnya

17 June 2024   |   07:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Iduladha merupakan salah satu hari raya penting bagi umat Islam. Pada hari raya ini, umat Islam bersyukur kepada Allah SWT dengan berkurban atau melaksanakan ibadah haji jika mampu. Iduladha pun selalu disambut penuh suka cita, dengan berkumpul bersama keluarga dan bersilaturahmi dengan orang-orang terdekat.

Sama seperti hari-hari raya lainnya, umat Islam biasanya akan saling mengirimkan ucapan saat Iduladha kepada keluarga, saudara, kerabat, ataupun teman dekat. Selain memberikan selamat, ucapan Iduladha juga bisa menjadi bentuk perhatian sesama umat, sekaligus mengirimkan doa untuk kebaikan bersama.

Baca juga: Daftar Destinasi Wisata di Jakarta untuk Mengisi Libur Iduladha 2024

Tak melulu hanya dalam bentuk tulisan, kalian bisa membuat ungkapan selamat dengan membuat kartu ucapan Iduladha. Dengan desain visual yang ciamik, tentunya ucapan selamat Iduladha akan lebih unik dan bermakna. Kartu ucapannya pun bisa kalian kirimkan untuk orang-orang terdekat, ataupun diunggah di media sosial.

Membuat kartu ucapan Iduladha tidak sulit. Kalian bisa membuatnya lewat aplikasi desain gratis Canva sesuai dengan konsep yang kalian inginkan. Jika ingin lebih praktis, kalian juga bisa membuat kartu ucapan Iduladha 2024 mengikuti sejumlah contoh desain yang telah ada. Berikut adalah beberapa diantaranya.


1. Nuansa Krem Oranye

 

Sumber gambar: Canva

Sumber gambar: Canva

Desain kartu ucapan ini mengusung nuansa krem oranye dengan beberapa ornamen bernuansa Islami, seperti ka'bah, mosaik, kubah masjid hingga hewan unta. Tampilannya dengan warna-warna cerah menciptakan kesan ceria dan penuh suka cita.


2. Nuansa Malam

 

Sumber gambar: Canva

Sumber gambar: Canva

Jika ingin nuansa kartu ucapan Iduladha yang lebih gelap bisa memilih desain ini yang mengusung warna biru dan hitam. Desainnya juga diisi dengan beberapa ornamen Islami seperti kubah-kubah masjid dan seorang Muslim yang tengah melakukan perjalanan bersama seekor unta.


3. Desain Simpel & Estetis

 

Sumber gambar: Canva

Sumber gambar: Canva

Kartu ucapan Iduladha ini bisa menjadi pilihan desain yang simpel sekaligus estetis. Desainnya terdiri dari beberapa ornamen bernuansa islami dengan bentuk tiga dimensi. Selain warnanya yang cerah, desain ini juga tampak rapi dan bersih sekaligus estetis.


4. Desain Ilustratif Simpel

 

Sumber gambar: Canva

Sumber gambar: Canva

Desain satu ini bisa menjadi pilihan jika kalian ingin kartu ucapan Iduladha ilustratif yang simpel namun tetap menarik. Meski sederhana, desain kartu ini tampak estetis dengan pemilihan warna-warna cerah seperti ungu, oranye, dan hijau.

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa memilih desain kartu ucapan Iduladha 2024 di Canva melalui link berikut ini.


Cara Membuat Kartu Ucapan Iduladha 2024 di Canva

Berikut ini adalah cara membuat kartu ucapan Iduladha 2024 yang mudah lewat platform Canva.


1. Masuk ke Canva

Buka aplikasi Canva melalui situsnya atau mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store maupun App Store. Daftar dan masuk menggunakan akun Canva. Kemudian pilih opsi pencarian dan ketikkan “Kartu Ucapan Iduladha 2024" untuk mendapatkan berbagai template kartu ucapan yang tersedia. Atau, kalian bisa klik link berikut ini.


2. Mulai desain

Pilih salah satu template yang kalian inginkan lalu klik. Dari pilihan template yang sudah kalian klik, mulailah mendesain kartu tersebut dengan elemen yang diinginkan. Kalian bisa memanfaatkan berbagai elemen desain yang tersedia di Canva seperti gambar, ikon, logo, bingkai serta elemen lainnya.


3. Tambahkan gambar

Agar desain lebih menarik, kalian juga bisa menambahkan gambar yang bisa dipilih langsung dari koleksi Canva ataupun foto pribadi. Jika ingin menambahkan foto pribadi, maka unggah foto tersebut dan desain kartu sesuai selera.


4. Edit background Iduladha

Background menjadi salah satu elemen yang juga bisa diubah sesuai selera. Agar kartu ucapan lebih menarik, rapikan gambar atau foto yang telah diunggah lalu tambahkan filter dan edit teks ucapan Iduladha. Pastikan untuk mengedit seluruh elemen desain hingga ideal dengan hasil yang memuaskan.


5. Simpan dan bagikan

Jika desain kartu sudah selesai, kalian bisa menyimpan hasilnya dengan klik "Share" yang tersedia di pojok kanan atas, lalu klik "Unduh". Atau, kalian juga bisa langsung membagikan kartu ucapan Iduladha ke media sosial yang diinginkan pada opsi “Bagikan”. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Ucapan Selamat Iduladha 2024 Pemimpin Dunia yang Menyentuh, Erdogan hingga Justin Trudeau

BERIKUTNYA

Begini Tata Laksana Penyembelihan Hewan Kurban sesuai Prosedur Kesehatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: