Penumpang kereta api di Stasiun Gambir (Sumber gambar: PT KAI)

Tiket KA Tinggal Sedikit, Traveler Diimbau Pakai Fitur Connecting Jika Tidak Kebagian

13 June 2024   |   13:32 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Iduladha tinggal 4 hari lagi. Sampai saat ini, sisa tiket kereta api jarak jauh yang masih tersedia tinggal 31 persen dari total yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia sebagai operator moda transportasi berbasis rel tersebut. Genhype yang tidak kebagian tiket dianjurkan menggunakan fitur connecting

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa Genhype yang tidak kebagian tiket di rute tertentu dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI.

"Fitur tersebut akan membantu memberikan pilihan perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," ujarnya dalam siaran pers pada Kamis, 13 Juni 2024. 

Baca Juga: Jadwal Lengkap Puasa Sunnah Iduladha dan Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Pantauan manajemen pada Kamis, 13 Juni 2024 menunjukkan total tiket kereta api yang terjual pada periode libur panjang akhir pekan Hari Raya Iduladha yakni sejak Jumat, 14 sampai Selasa, 18 Juni 2024 mencapai 530.979 tiket atau rata-rata 106.196 tiket per hari.

Jumlah tersebut telah mencapai 69 persen dari total keseluruhan tiket kereta api yang dijual. Dia mengingatkan, angka penjualan tiket tersebut masih akan terus bergerak seiring mendekati masa libur panjang akhir pekan. 

Dia menambahkan, manajemen juga berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode libur panjang akhir pekan Hari Raya Iduladha dan belum memiliki tiket dapat segera melakukan pembelian melalui berbagai saluran. 

Pada saat ini, tiket moda transportasi kereta api dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, atau channel lainnya yang bekerja sama dengan perusahaan.
 
Di sisi lain, manajemen juga akan mengoperasikan 24 KA tambahan ke berbagai relasi di Pulau Jawa. Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta - Surabaya PP, Jakarta - Solo PP, Jakarta - Malang PP, Yogyakarta - Banyuwangi PP, Blitar - Bandung PP, dan relasi lainnya guna mengantisipasi lonjakan pelanggan pada libur Hari Raya Iduladha. 

Kemudian, manajemen juga mengimbau masyarakat untuk waspada saat akan melewati pelintasan sebidang. Bukan tanpa alasan, frekuensi rangkaian kereta api yang akan melintas akan mengalami peningkatan saat periode libur panjang akhir pekan ini. 

“KAI mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat akan melintasi pelintasan sebidang jalan raya dengan jalur kereta api. Pastikan jalur yang akan dilalui sudah aman, tengok kanan-kiri, serta patuhi rambu-rambu yang ada,” ujarnya.

Baca Juga: Hore, Usulan Indonesia Agar Idulfitri & Iduladha Masuk Agenda UNESCO Sah Diakui Dunia

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Perbedaan Quick Commerce dan E-commerce, Mana Paling Efektif?

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Podcast Horor Indonesia di Spotify, Berani Dengar Malam Hari?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: