Gamis (Sumber Foto: Freepik)

5 Rekomendasi Gamis Cantik dan Modis untuk Hari Raya Iduladha

16 June 2024   |   12:11 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang Hari Raya Iduladha, beberapa orang mulai menyiapkan pakaian terbaiknya untuk dikenakan beribadah dan bersilaturahmi dengan tetangga dan kerabat dekat. Tak terkecuali para wanita yang menggemari gamis dengan beragam potongan dan motif menarik. 

Gamis sendiri biasanya dibuat longgar dan panjang menutupi seluruh tubuh, mulai dari leher sampai mata kaki. Pakaian ini bisa terlihat modis tanpa mengenyampingkan fungsinya untuk menutup aurat sesuai syariat Islam. Kamu bisa memilih gamis dengan beragam warna dan motif sesuai selera, lalu memadukannya dengan hijab berwarna senada.

Baca juga: Tip Memilih Kain dan Warna Gamis yang Cocok dengan Skin Tone

Selain itu, yang tak kalah penting, pilihlah bahan gamis dan hijab yang seperti katun atau jersey, sehingga nyaman dipakai seharian, terutama saat Lebaran dan acara keluarga. Nah Genhype, berikut adalah beberapa rekomendasi gamis untuk Hari Raya Idulaldha.
 

1. Gamis Polos

 

Gamis Polos (Sumber Foto: Freepik)

Gamis Polos (Sumber Foto: Freepik)

Gamis polos dengan potongan a-line atau lurus yang sederhana akan terlihat simpel namun tetap elegan, cocok dikenakan saat hari raya Iduladha. Kamu bisa memilih warna putih atau warna favorit lainnya. Gamis polos juga mudah dipadukan dengan hijab berwarna dan bermotif, sehingga memungkinkanmu untuk menciptakan variasi gaya yang berbeda. Desain gamis polos terbilang timeless atau tidak akan ketinggalan zaman, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
 

2. Gamis Ruffle

 

Gamis Ruffle (Sumber Foto: Freepik)

Gamis Ruffle (Sumber Foto: Freepik)

Gamis ruffle memiliki hiasan berupa ruffle. Adapun ruffle sendiri adalah lapisan-lapisan kain yang dilipat atau dijahit secara bergelombang, sehingga menambahkan dimensi dan tekstur pada pakaiam. Hiasan ruffle dapat ditemukan di bagian kerah, lengan, atau bagian bawah gamis uamg akan memberikan sentuhan feminin dan elegan pada busana tersebut.

Gamis ruffle bisa dipadukan dengan hijab polos segi empat, hijab bergo, atau pashmina. Hindari cara pemakaian hijab yang rumit dan penambahan aksesori yang ramai, karena akan membuat penampilan terlihat heboh. Biarkan ruffle pada gamis menjadi poin utama dari penampilanmu. Selain itu, sebaiknya pemilihan hijab mengikuti warna dan desain yang senada dengan gamis ruffle, supaya lebih serasi.
 

3. Kaftan

 

Kaftan. (Sumber foto: Pexels/Tima Miroshnichenko)

Kaftan. (Sumber foto: Pexels/Tima Miroshnichenko)

Kaftan adalah busana tradisional negara-negara Timur Tengah dan wilayah Afrika Utara. Pakaian ini memiliki ciri khas longgar dan berkibar, biasanya tanpa kerah dan memiliki lengan lebar atau tanpa lengan. Gamis kaftan sering kali memiliki bahan yang licin dan hiasan bordir yang indah pada bagian depan, belakang, dan lengannya.

Kamu bisa memilih warna-warna earth tone yang lembut untuk kaftan, seperti cokelat, sage, biru muda, dan lainnya. Apabila lengannya terlalu pendek, bisa menambahkan manset supaya tertutup. Lengkapi penampilanmu dengan hijab pashmina, segi empat, atau turban dengan warna senada.
 

4. Abaya

 

Abaya (Sumber Foto: Freepik)

Abaya (Sumber Foto: Freepik)


Abaya juga merupakan busana tradisional yang populer di negara-negara Timur Tengah. Pakaian ini berupa gamis panjang dan longgar yang identik dengan warna hitam. Abaya umumnya terbuat dari bahan ringan dan longgar seperti katun atau chiffon. Biasanya memang dirancang untuk menutupi seluruh tubuh kecuali wajah, tangan, dan kaki.

Memiliki potongan lurus tanpa kerah dengan lengan panjang sampai menutupi pergelangan tangan. Beberapa model abaya modern bisa memiliki detail hiasan seperti bordir yang membuatnya terlihat lebih elegan. Abaya biasanya dikenakan dengan hijab atau khimar untuk menutupi rambut.
 

5. Gamis Berkerah

 

Gamis Berkerah (Sumber Foto: Freepik)

Gamis Berkerah (Sumber Foto: Freepik)

Gamis ada juga yang memiliki kerah dan dilengkapi kancing seperti kemeja. Namun, tetap mempertahankan identitasnya sebagai pakaian longgar dan panjang untuk menutupi aurat wanita. Kamu bisa memilih gamis dengan tipe kerah macam-macam, misalnya kerah berbentuk V, bulat, atau kerah Mandarin seperti yang digunakan di gaun Cheongsam. Gamis berkerah cocok dipadukan dengan turban atau hijab segi empat clean cut yang dililit di leher.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Arab Saudi Rayakan Iduladha Hari Ini, Simak Penjelasan MUI

BERIKUTNYA

Sejarah Perbankan: Dari Kantor Cabang ke Genggaman Ponsel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: