Ilustrasi anak bertanya boleh tidak makan dan minum sebelum salat Iduladha (Sumber gambar : Pexels/Timur Weber)

Bolehkah Makan dan Minum Sebelum Salat Iduladha?

09 July 2022   |   12:34 WIB

Sebagian Muslim di Indonesia merayakan Hari Raya Iduladha pada Sabtu (9/7/2022) dan Minggu (10/7/2022), yang ditandai dengan puncak ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi, pada hari itu, umat Islam memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim untuk berkurban demi menjalankan perintah dan ibadah kepada Allah SWT.

Pengorbanan Nabi Ibrahim AS ini lantas ditandai dengan ibadah berkurban bagi umat muslim yang mampu, sehat, dan berakal. Sementara itu, pada Hari Raya Iduladha, ada  beberapa anjuran yang perlu dijalankan umat muslim. 

Paling utama yakni salat Iduladha sebanyak dua rakaat. Namun banyak masyarakat yang bertanya mengenai boleh tidaknya makan dan minum sebeum melaksanakan salat Iduladha.

Baca juga: Cek Informasi Salat Iduladha di Jakarta International Stadium

Mengutip situs Kementerian Agama, memang ada perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai anjuran boleh tidaknya makan dan minum pada hari raya kurban teresbut. Beberapa mengatakan puasa tersebut hanya berlaku pada orang yang akan berkurban.
 

Hidangan saat Hari Raya Iduladha (Sumber gambar : Pexels/Timur Weber)

Hidangan saat Hari Raya Iduladha (Sumber gambar : Pexels/Timur Weber)

Namun demikian, menurut ulama Syafiiyah, seseorang dianjurkan tidak makan atau minum sebelum melaksanakan salat Iduladha, baik dia mau berkurban atau tidak.

Pernyataan ini diperkuat dengan hadist yang diriwayatkan Tarmidzi. Dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak keluar menuju lapangan di hari Idulfitri hingga beliau makan dulu. Dan beliau tidak makan di hari Iduladha hingga beliau selesai melaksanakan salat id.

Teks hadist ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak makan di hari Iduladha hingga beliau salat. Oleh karena itu, ulama Syafiiyah mengaitkan anjuran tidak makan di hari Iduladha dengan pelaksanaan salat Iduladha, bukan dengan kurban. 

Bagaimana Genhype, kamu jadi tidak bingung lagi kan soal boleh tidaknya makan dan minum sebelum salat Iduladha?

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Cek Informasi Salat Iduladha di Jakarta International Stadium

BERIKUTNYA

5 Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tidak Bau dan Tahan Lama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: