Bakso menjadi salah satu makanan yang bisa dihidangkan saat lebaran Iduladha (Sumber gambar: pexels/ Quang Nguyen Vinh)

Sajian Lezat Iduladha, Menu Spesial untuk Rayakan Hari Raya Kurban

16 June 2024   |   21:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu bagian yang paling ditunggu-tunggu saat hari raya Iduladha adalah makanan. Meskipun identik dengan daging sapi dan kambing, sejumlah menu makanan ini dapat dihadirkan oleh kalian di atas meja untuk dinikmati sebelum memakan olahan daging.

Sama seperti Idulfitri, lebaran Iduladha juga menjadi hari spesial bagi umat Islam di Indonesia atau negara-negara lain. Di dalam negeri, salah satu yang tidak pernah absen saat perayaan iduladha adalah makanan.

Baca juga: 5 Olahan Daging Kambing untuk Sajian Hari Raya Iduladha

Banyak orang menyuguhkan berbagai menu makanan di atas meja dalam rangka merayakan hari raya yang kerap disebut juga dengan lebaran kurban ini. Selain mengenyangkan, menu makanan itu juga akan memeriahkan dan membuat suasana hari raya Iduladha menjadi lebih seru.

Menu makanan biasanya dimasak pada malam hari atau waktu subuh sebelum melaksanakan salat Iduladha yang akan berlangsung pada pagi hari. Makanan yang baru matang akan terasa segar dan membuat kalian tidak akan berhenti untuk menikmatinya.

Tidak hanya itu, makanan yang nikmat juga dapat membuat kalian bersemangat dan bertenaga untuk melakukan aktivitas pada hari tersebut, seperti bersilaturahmi ke keluarga, ikut menjadi bagian sebagai panitia kurban, berwisata, dan sebagainya.

Berikut daftar menu makanan yang bisa diolah pada hari raya Iduladha.


Lontong atau ketupat sayur

Menu makanan pertama adalah lontong atau ketupat sayur. Makanan ini bisa menjadi salah satu pilihan yang disuguhkan di atas meja untuk merayakan hari raya Iduladha. Lontong atau ketupat sayur adalah makanan yang memang biasa ditemukan setiap pagi. Namun, tetap saja, menu yang satu ini tidak boleh dilewatkan ketika hari raya Iduladha. Lontong atau ketupat yang disiram dengan sayur berkuah yang dicampur dengan santan menjadi sangat nikmat.


Opor ayam

Opor ayam adalah menu makanan lain yang juga dapat disuguhkan oleh Genhype pada lebaran Iduladha. Sama dengan Idulfitri, makanan ini juga begitu spesial ketika dimakan pada hari raya kurban sebelum mengolah daging dan menikmatinya.

Ayam yang diolah dengan santan dan bumbu-bumbu lainnya menjadi nikmati ketika disantap dengan lontong atau ketupat. Jangan lupa juga, sambal, kerupuk, dan bawang goreng agar makanan yang satu ini terasa sangat nikmat.


Sambal goreng kentang ati ampela

Berbicara makanan untuk merayakan lebaran, sambal goreng kentang ati ampela juga tidak boleh dilewatkan oleh kalian. Sama dengan Idulfitri, lebaran Iduladha juga menjadi waktu yang tepat untuk menikmati sambal goreng kentang ati ampela.

Rasanya yang pedas dan disantap dengan lontong atau ketupat akan membuat lidah kalian bergoyang dan seolah enggan berhenti. Kalian juga bisa menikmati menu ini dengan dicampur opor ayam.


Bakso

Siapa yang tidak kenal bakso? Ya, makanan yang satu ini begitu akrab di telinga masyarakat Indonesia. meskipun banyak dan mudah ditemukan di mana saja, tetap saja makanan yang satu ini akan menambah keseruan saat disuguhkan pada lebaran Iduladha.

Makanan yang ringan dan menyegarkan ini juga dapat dinikmati dengan lontong atau ketupat yang wajib ada saat lebaran kurban. Selain mudah dibuat, bakso juga cenderung lebih murah dan dapat dinikmati beramai-ramai.

Baca juga: Unik, Cek 3 Menu Iduladha Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Indonesia dan Beberapa Negara Rayakan Iduladha Bersama pada 17 Juni 2024

BERIKUTNYA

Mengenal Proyek Sweater Rework, Sulap Sweater Lama jadi Seperti Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: