Warga melihat koleksi satwa di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Senin (1/1/2024). (Sumber foto: Hypeabis.id/Fanny Kusumawardhani)

Daftar Destinasi Wisata di Jakarta untuk Mengisi Libur Iduladha 2024

16 June 2024   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu cara yang dapat menjadi pilihan Genhype untuk merayakan libur Iduladha adalah dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang ada di dalam negeri. Bagi kamu yang tinggal di daerah Jabodetabek, beberapa tempat bisa menjadi pilihan yang tidak kalah seru.

Libur Iduladha pada tahun ini cukup panjang, yakni dari Sabtu sampai Selasa jika kalian ikut cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah, yakni pada 18 Juni 2024. Namun, Genhype yang tidak mengikutinya hanya akan memiliki waktu libur sampai Senin, 17 Juni 2024.

Baca juga: 5 Rekomendasi Gamis Cantik dan Modis untuk Hari Raya Iduladha

Meskipun begitu, kalian tidak perlu khawatir lantaran ada banyak tempat yang bisa dijadikan liburan di sekitar. Genhype yang tinggal di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dapat menikmati beragam destinasi liburan di Jakarta.

Selain murah, kalian tidak perlu melakukan perjalanan jauh yang menghabiskan banyak waktu. Dengan begitu, waktu libur yang tersisa pada esok hari saja, yakni Senin, 17 Juni 2024 masih bisa dimanfaatkan untuk berwisata.

Pada Senin, 17 Juni 2024, sejumlah destinasi wisata di sekitar Jakarta tercatat buka untuk memberikan pelayanan kepada kalian yang hendak berlibur setelah merayakan salat Iduladha.


Dufan dan Ancol

Dunia Fantasi atau Dufan yang terletak di Jakarta Utara dapat menjadi pilihan untuk mengisi libur lebaran Iduladha pada Senin, 17 Juni 2024. Meskipun tanggal merah, tempat ini tetap terbuka dan dapat menjadi destinasi liburan bersama anak-anak.

Sebelum menikmati wahana yang ada di Dufan, kalian juga dapat mengikut salat berjamaan Iduladha di tempat ini yang akan berlangsung pada pukul 07.00 WIB di Pantai Ancol. Genhype tidak perlu bayar ketika masuk ke tempat pelaksanaan salat.

Tempat wisata ini sangat mudah diakses dengan transportasi umum, selain kendaraan pribadi. Di Dunia Fantasi terdapat berbagai wahana bermain yang dapat dinikmati anak-anak, sehingga menambah keseruan berlibur di taman hiburan ini. Saat berlibur di Dufan, kalian harus memastikan untuk menaiki wahana sesuai dengan tinggi badan dan usia anak demi keamanan.


Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah juga dapat menjadi destinasi liburan Iduladha 2024. Terletak di Jakarta Timur, Genhype dapat menuju ke tempat ini dengan berbagai macam transportasi. Selain kendaraan pribadi, transportasi umum juga telah tersedia seperti Transjakarta.

Di Taman Mini Indonesia Indah, ada berbagai macam wahana yang bisa dinaiki dan menambah keseruan liburan Iduladha. Salah satu di antaranya adalah kereta gantung yang akan membuat kalian dapat melihat tempat ini dari atas.

Tidak hanya itu, Genhype juga dapat menikmati tarif diskon ketika hendak menikmati wahana kereta gantung. Kemudian, kalian bisa mengunjungi Museum Indonesia yang bercerita tentang kejayaan Indonesia dari waktu ke waktu.


Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan merupakan destinasi liburan Iduladha yang juga tidak boleh dilewatkan oleh Genhype dan bisa dikunjungi pada Senin, 17 Juni 2024. Di tempat ini, ada berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan.

Selain menikmati beragam jenis hewan, kalian juga bisa bersepeda atau kegiatan lain yang tidak kalah seru ketika berada di Taman Margasatwa Ragunan. Terletak di Jakarta Pusat, destinasi wisata ini juga mudah dikunjungi oleh kalian dengan menggunakan transportasi umum. Salah satu di antaranya adalah Transjakarta.


Monumen Nasional

Monumen Nasional atau yang kerap disingkat Monas juga dapat menjadi destinasi wisata untuk mengisi libur panjang sekolah. Selain murah meriah dan mudah diakses, tempat ini juga memiliki berbagai informasi yang dapat menambah pengetahuan anak-anak.

Kalian dapat mengajak buah hati naik ke atas Monas untuk menyaksikan Jakarta dari ketinggian dan menikmati lanskap kota. Salah satu di antara fasilitasnya terdapat Ruang Kemerdekaan yang berada di bagian dalam cawan monumen yang berbentuk amphitheater.

Ruangan ini menyimpan simbol kenegaraan dan kemerdekaan Indonesia. Salah satu di antaranya adalah naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang disimpan dalam kotak kaca dalam pintu gerbang yang berlapiskan emas.

Tidak jauh dari Monas, kalian juga dapat meneruskan berkunjung ke kawasan Kota Tua Jakarta. Di sana, terdapat sejumlah museum yang dapat menjadi wisata edukasi bagi pengunjung seperti Museum Wayang dan Museum Keramik.

Lalu, kalian juga dapat menikmati pemainan di area alun-alunnya dengan bersepeda warna-warni serta mengabadikan momen liburan dalam foto dan video, dengan latar bangunan-bangunan tua bersejarah yang masih berdiri kokoh di sekitar kawasan tersebut.

Baca juga: Unik, Cek 3 Menu Iduladha Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Perjalanan Karier Legenda Sepak Bola Inggris Kevin Campbell yang Tutup Usia

BERIKUTNYA

Strategi Rio Saputra Kembangkan Pisang Madu Pasti Dari Gerobakan Hingga Miliki 30 Gerai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: