Sutradara Joko Anwar (Sumber gambar: JIBI/Hypeabis.id/Abdurachman)

Alasan Joko Anwar Eksplorasi Genre Sci-fi Supernatural di Nightmares & Daydreams

13 June 2024   |   21:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Beralih sejenak dari dunia horor, sutradara Joko Anwar kali ini mencoba mengeksplorasi genre sci-fi supernatural dalam series terbarunya, Nightmares & Daydreams. Series ini akan ditayangkan di platform Netflix mulai Jumat (14/6/2024).

Sci-fi adalah genre film yang mencoba menawarkan bentuk fiksi spekulatif, terutama membahas pengaruh sains dan teknologi yang diimajinasikan terhadap kehidupan masyarakat. Adapun supernatural adalah genre film yang mengambil tema makhluk gaib, fantasi, dan kerap kali tidak bisa dijelaskan dengan hukum alam.

Gabungan dua genre ini kemudian menjadi mata pisau baru Joko Anwar dalam mengemas tujuh cerita berbeda dalam series ini. Setiap episode dalam series ini tidak berhubungan, tetapi masih memiliki benang merah yang sama.

Baca Juga: Simak Sinopsis 7 Episode Serial Nightmares and Daydreams, Tayang 14 Juni 2024 di Netflix
 

Sutradara Joko Anwar (tengah) dan para aktor Nightmares and Daydreams (Sumber gambar: JIBI/Hypeabis.id/Abdurachman)

Sutradara Joko Anwar (tengah) dan para aktor Nightmares and Daydreams (Sumber gambar: JIBI/Hypeabis.id/Abdurachman)


Sutradara Joko Anwar mengatakan series ini akan menceritakan tentang orang-orang biasa yang mengalami kejadian-kejadian misterius. Sekilas, mungkin premisnya masih terdengar seperti horor, tetapi sebenarnya berbeda.

Pada genre horor, penjelasan tentang kejadian misterius itu bertumpu pada superstition atau takhyul. Namun, pada genre sci-fi supernatural, penjelasan kejadian tersebut akan lebih scientific.

Joko menyebut meski genre ini terdengar cukup baru, sebenarnya cerita di series ini masih akan tetap dekat dengan kehidupan banyak orang. Sebab, sadar tidak sadar, ada banyak kejadian yang muncul dan itu dekat dengan tema ini.

“Ini akan familiar banget, tentang kita, misteri yang kita hadapi sehari-hari sebagai orang Indonesia. Di sini, akan ada opsi untuk melihat oh ternyata itu tuh (fenomena aneh, RED) sebenarnya apa sih,” ujar Joko Anwar di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Melalui series ini, Joko Anwar ingin menawarkan sebuah realitas baru untuk melihat fenomena-fenomena yang terjadi. Sebab, baginya, selalu ada celah untuk melihat sebuah kejadian dari kaca mata yang lain, termasuk secara scientific.

Joko mengatakan series ini mestinya ditonton secara berurutan. Sebab, nanti akan ada benang merah yang terjadi dari setiap cerita berbeda yang ada dalam tujuh episode.

“Mereka-mereka ini yang muncul di episode ternyata disatukan, untuk sebuah kepentingan besar. Untuk menyelamatkan dunia,” imbuhnya.

Segendang sepenarian, produser Tia Hasibuan juga menyebut meski memakai genre sci-fi supernatura, cerita-cerita yang dibawakan sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia.

“Agak sureal memang, tetapi ini bukan sci-fi yang biasa kita tonton. Saya pribadi jujur waktu nonton hasil jadinya, banyak adegan bikin nangis dan terharu melihat karakter di dalamnya. Menurut saya, ini akan jadi sajian series yang komplet,” jelasnya.
 

Series Nightmares & Daydreams akan berjumlah tujuh episode. Mulai tayang pada 14 Juni 2024, series ini akan melibatkan total lebih dari 60-an pemeran. Para bintang yang turut bermain di serial ini di antaranya adalah Ario Bayu, Nirina Zubir, Yoga Pratama, Marissa Anita, Sita Nursanti Dewi, Lukman Sardi, Sal Priadi, Ayu Laksmi, dan Asmara Abigail.

Dalam serial ini, latar waktu terjadi pada 1985 hingga 2024. setiap cerita dalam episode itu akan berakar pada isu-isu sosial dalam negeri. Mulai dari kemiskinan, hubungan keluarga, hingga konflik antara pemerintah dan warga.

Baca Juga: Netflix Rilis Trailer Serial Nightmares and Daydreams, Mendebarkan & Penuh Teka-Teki

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Tanpa Santan, Cek Rekomendasi Resep Daging Kurban untuk Sajian Iduladha

BERIKUTNYA

New BMW 330i Touring M Sport Meluncur di Indonesia, Cek Spesifikasi & Harganya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: